Pelatihan penyusunan rencana pembelajaran daring dengan problem based learning, HOTS, dan kemampuan literasi

Authors

  • Muhammad Afrilianto IKIP Siliwangi
  • Tina Rosyana IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v5i3.11036

Keywords:

Online Learning, Problem Based Learning, HOTS, Literacy Ability

Abstract

Pada kegiatan pembelajaran daring perlu memperhatikan unsur-unsur pembelajaran terbaru sebagai esensi dari pembelajaran inovatif. Pembelajaran inovatif merupakan suatu proses belajar mengajar yang merealisasikam unsur pembelajaran abad 21 salah satunya dengan problem based learning dan berliterasi. Tujuan pengabdian ini ialah memberikan pelatihan dan bimbingan dalam penyusunan rencana pembelajaran daring dengan problem based learning, HOTS, dan kemampuan literasi bagi guru-guru di wilayah Kabupaten Pangandaran baik guru SD, SMP, maupun SMA sederajat. Jumlah peserta sebanyak 100 guru. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan 3 tahap, yaitu tahap perencanaan/identifikasi, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Bapak dan ibu guru dibantu secara langsung dalam penyusunan RPP memuat indikator pencapaian kompetensi (IPK), tujuan pembelajaran, pemilihan strategi/metode/pendekatan, langkah pembelajaran, media/sumber belajar, dan penilaian. Hal tersebut disesuaikan dengan karakteristik Problem Based Learning, HOTS, dan kemampuan literasi. Melalui kegiatan pengabdian ini, diharapkan instansi sekolah dapat mengimplementasikan strategi Problem Based Learning pada pembelajaran daring sebagai tuntutan kompetensi Abad 21 dengan unsur peningkatan kemampuan literasi dan Higher order Thinking Skills (HOTS).

References

DAFTAR PUSTAKA

Ajinegara, M. W., Nuriadin, I. (2022). Meta-Analysis Study of Problem-Based Learning Models on Student’s Mathematic Ability at Junior High School ang High School Levels, Journal of Medives, 6(1), 203-210).

Arsanti, M., Zulaeha, I., Subiyantoro. (2021). Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 4(1), 319-324.

Aryana, S., Subyantoro., Pristiwati, R. (2022). Tuntutan Kompetensi Guru Profesional Bahasa Indonesia dalam Menghadapi Abad 21. Semantik, 11(1), 71-86.

As’ari, A. R., Ali, M. H., Basri, H., Kurniati, D., & Maharani, S. (2019). Mengembangkan HOTS (High Order Thinking Skills) Matematika. Malang, 2019.

GTK DIKDAS. (2021). Modul Belajar Mandiri Calon Guru PPPK. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Habibi., & Prahmana, R. C. I. (2022). Kemampuan Literasi Matematika, Soal Model PISA, dan Konteks Motif Batik Tulis Jahe Selawe, Jurnal VARIDIKA, 33(2), 116-128.

Irianto, P. O., & Febrianti, L. Y. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi bagi Generasi Muda dalam Menghadapi MEA. Proceedings Education and Language International Conference, 1(1), 640-647.

Isrokatun, I., Yulianti, U., & Nurfitriyana, Y. (2022). Analisis Profesionalisme Guru dalam pelaksanaan Pembelajaran daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 454-462.

Juandi, D., Kusumah, Y., Tamur, M., Perbowo, K., Siagian, M., Sulastri, R., & Negara, H. R. P. (2021). The Effectiveness of Dynamic Geometry Software Applications in Learning Mathematics: A Meta-Analysis Study. International Association of Online Engineering, p.18-37.

Leikin, R., Zazkis, R., & Meller, M. (2018). Research Mathematicians as Teacher Educators: Focusing on Mathematics for Secondary Mathematics Teacher. Journal of Mathematics Teacher Education, 21(5), 451-473.

Nurmansyah, U. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika melalui Pendekatan Saintifik TPACK. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(2), 195-211.

Nurrahmawati, A., & Pramitasari, R. (2021). Menjadi Guru Profesional dan Inovatif dalam Menghadapi Pandemi. Yogyakarta: UAD Press.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.

Purwasih, R., Anita, I. W., & Afrilianto, A. (2020). Pemanfaatan Limbah kain Perca untuk Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika bagi Guru SD. Jurnal SOLMA, 9(1), 167-175.

Puspitasari, N. (2018). Kemampuan Mengajukan Masalah Direlasikan dengan Kemampuan Berpikir Logis Matematik. Musharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 121-132.

Ria, Y., Risalah, D., & Sandie. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Teorema Phytagoras Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Monterado. Journal Innovation Research and Knowledge, 1(5), 767-772.

Rohmah, N., Widodo, S., Katminingsih, Y. (2022). Meta Analisi: Model Pembelajaran PBL terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa, Jurnal Cendekia, 6(1), 945-953).

Rosnaeni (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4334-4339.

Rosyana, T., Afrilianto, M., & Senjayawati, E. (2018). The Strategy of Formulate-Share-Listen-Create to Improve Vocational High School Students’ Mathematical Problem Posing Ability and Mathematical Disposition on Probability Concept. Infinity Journal, 7(1).

Siswandari, H., Setyani, Y. L., Nurdianti, D., Asikin, M., & Satrio, A. (2021). Telaah Model Problem Based Learning Bernuansa STEM terhadap Kemampuan Literasi Matematika manuju PISA 2022, SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, p.586-611.

Suryana., Rosmaya, E., Sudarsono, N., & Sundawan, M. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Limit Fungsi Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(2), 152-161.

Widayanti, R., & Nur’aini, k. D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa, Mathema Journal, 2(1), 12-23.

Yuliyani, D. R., & Setyaningsih, N. (2022). Kemampuan Literasi Matematik dalam Menyelesaikan Soal Berbasis PISA Konten Change and Relationship Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1836-1849.

Downloads

Published

2022-10-31