PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN INCOME TAMBAHAN GURU-GURU DI KECAMATAN LEMBANG KABUPATEN BANDUNG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v5i2.11322Abstract
Tujuan Pengabdian dosen kepada masyarakat ini adalah (1) Untuk memetakan keberadaan para guru di Kabupaten Bandung Barat terutama terkait dengan kehidupan ekonomi dan kemandiriannya, (2) Untuk mengetahui kegiatan lain yang dapat menunjang para guru sehingga mendapatkan income tambahan. (3) Untuk meningkatkan kesejahteraan profesi guru dengan mendapatkan income tambahan dari aktivitas lain yang menunjang. Kajian teori yang dipakai adalah teori pemberdayaan masyarakat, konsep pelatihan, kewirausahaan dan bisnis online.. Lokasi Pengabdian dilaksanakan di SDN Kayu Ambon Kecamatan Lembang dengan objek sasaran adalah para pendidik di Lembaga Pendidikan formal dan non formal.Metode Pengabdian dengan melakukan tindakan secara langsung berupa pelatihan pelatihan kewirausahaan sebagai upaya meningkatkan income tambahan guru-guru. Adapun langkah-langkah yang ditempuh dalam pengabdian ini adalah (1) Mengidentifikasi Masalah (2) Studi Literature (3) Menyusun Desain Pengabdian (4) Membuat pedoman observasi dan wawancara (5) Melakukan Analisa dan (6) Menulis Laporan Hasil Pengabdian.Hasil dari pengabdian pada masyarakat ini adalah masyarakat merespon positif terhadap kegiatan pengabdian dosen ini yang ditunjukan dengan keterlibatan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Mereka menunjukkan ekspresinya baik dari aspek kognisi dengan aktif bertanya, aspek afeksi melalui antusiasnya sikap, maupun psikomotor menunjukkan peningkatan kemampuan keterampilan. Mereka berharap dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang didapatkan untuk memulai merintis usaha secara online.
References
Hasan, E. S. (2007). Strategi menciptakan manusia yang bersumber daya unggul. Bandung: UPI.
Koentjaraningrat. (2009). Manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta.
Longenecker, Justin G & dkk., (2001). Kewirausahaan manajemen usaha kecil buku I. Jakarta: Salemba Empat.
Mas’ud Machfoedz. (2004). Kewirausahaan, suatu pendekatan kontemporer. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Mubarak, Z. (2010). Evaluasi pemberdayaan masyarakat ditinjau dari proses pengembangan kapasitas pada program PNPM mandiri perkotaan di Desa Sastrodirjan Kabupaten Pekalongan. Tesis. Program Studi Magister Teknik Pemberdayaan Wilayah Dan Kota. Undip. Semarang.
Rhenald, K. (2010). Modul kewirausahaan. Jakarta Selatan: PT Mizan Publika
Sudjana, N. (1987). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Santoso S. Hamijoyo (1982), pengertian falsafah dan azas pendidikan non formal,. Bandung.
Soetomo. (2006). Strategi-strategi pembangunan masyarakat. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.
Sudjana, N. (1996), Strategi Belajar Mengajar dalam Pendidikan Non Formal, Bandung, Nusantara Press.
_______ (1996). Strategi pembelajaran dalam pendidikan luar sekolah. Bandung: Nusantara Press.
Suharto, E. (2005). Membangun masyarakat memberdayakan rakyat. Kajian strategi pembangunan kesejahteraan sosial dan pekerjaan sosial. Bandung: PT Refika Aditama.
Zimmerer & Scarborough. (2010). Kewirausahaan dan manajemen usaha kecil. Jakarta: Salemba Empat.
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).