PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN INCOME TAMBAHAN GURU-GURU DI KECAMATAN LEMBANG KABUPATEN BANDUNG BARAT

Authors

  • Nandang Rukanda Program Studi S2 Pendidikan Masyarakat, Pascasarjana IKIP Siliwangi
  • Asep Kustiana Program Studi S2 Pendidikan Masyarakat, Pascasarjana IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v5i2.11322

Abstract

Tujuan Pengabdian dosen kepada masyarakat ini adalah (1) Untuk memetakan keberadaan para guru di Kabupaten Bandung Barat terutama terkait dengan kehidupan ekonomi dan kemandiriannya, (2) Untuk mengetahui kegiatan lain yang dapat menunjang para guru sehingga mendapatkan income tambahan. (3) Untuk meningkatkan kesejahteraan profesi guru dengan mendapatkan income tambahan dari aktivitas lain yang menunjang. Kajian teori yang dipakai adalah teori pemberdayaan masyarakat, konsep pelatihan, kewirausahaan dan bisnis online.. Lokasi Pengabdian dilaksanakan di SDN Kayu Ambon Kecamatan Lembang dengan objek sasaran adalah para pendidik di Lembaga Pendidikan formal dan non formal.Metode Pengabdian dengan melakukan tindakan secara langsung berupa pelatihan pelatihan kewirausahaan sebagai upaya meningkatkan income tambahan guru-guru. Adapun langkah-langkah yang ditempuh dalam pengabdian ini adalah (1) Mengidentifikasi Masalah (2) Studi Literature (3) Menyusun Desain Pengabdian (4) Membuat pedoman observasi dan wawancara (5) Melakukan Analisa dan (6) Menulis Laporan Hasil Pengabdian.Hasil dari pengabdian pada masyarakat ini adalah masyarakat merespon positif terhadap kegiatan pengabdian dosen ini yang ditunjukan dengan keterlibatan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Mereka menunjukkan ekspresinya baik dari aspek kognisi dengan aktif bertanya, aspek afeksi melalui antusiasnya sikap, maupun psikomotor menunjukkan peningkatan kemampuan keterampilan. Mereka berharap dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang didapatkan untuk memulai merintis usaha secara online.

References

Hasan, E. S. (2007). Strategi menciptakan manusia yang bersumber daya unggul. Bandung: UPI.

Koentjaraningrat. (2009). Manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta.

Longenecker, Justin G & dkk., (2001). Kewirausahaan manajemen usaha kecil buku I. Jakarta: Salemba Empat.

Mas’ud Machfoedz. (2004). Kewirausahaan, suatu pendekatan kontemporer. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Mubarak, Z. (2010). Evaluasi pemberdayaan masyarakat ditinjau dari proses pengembangan kapasitas pada program PNPM mandiri perkotaan di Desa Sastrodirjan Kabupaten Pekalongan. Tesis. Program Studi Magister Teknik Pemberdayaan Wilayah Dan Kota. Undip. Semarang.

Rhenald, K. (2010). Modul kewirausahaan. Jakarta Selatan: PT Mizan Publika

Sudjana, N. (1987). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Santoso S. Hamijoyo (1982), pengertian falsafah dan azas pendidikan non formal,. Bandung.

Soetomo. (2006). Strategi-strategi pembangunan masyarakat. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Sudjana, N. (1996), Strategi Belajar Mengajar dalam Pendidikan Non Formal, Bandung, Nusantara Press.

_______ (1996). Strategi pembelajaran dalam pendidikan luar sekolah. Bandung: Nusantara Press.

Suharto, E. (2005). Membangun masyarakat memberdayakan rakyat. Kajian strategi pembangunan kesejahteraan sosial dan pekerjaan sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Zimmerer & Scarborough. (2010). Kewirausahaan dan manajemen usaha kecil. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles