Pelatihan pembuatan media ajar berbasis video menggunakan aplikasi edpuzzle di Kecamatan Pasirkuda Kabupaten Cianjur

Authors

  • Intan Satriani IKIP Siliwangi
  • Ula Nisa El Fauziah IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v5i3.11385

Keywords:

Aplikasi, Teknologi, Edpuzzle, Video based

Abstract

Di era industri 5,0, penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran merupakan sebuah kebutuhan. Bagi siswa, penggunaan teknologi sudah merupakan sebuah gaya hidup (lifestyle) karena karakteristik mereka sebagai digital natives 5.0 (tumbuh dan dewasa di era digital). Oleh karena itu, guru dituntut untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengintegrasikan penggunaan aplikasi teknologi dalam mengajar, salah satunya mengajar bahasa. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan aplikasi  Edpuzzle yang dapat digunakan dalam mengajar yang berbasis video di Kecamatan Pasirkuda, Cianjur, Jawa Barat. Ada tiga tahapan dalam program pengabdian ini. Tahap pertama, sesi pelatihan Introduction to application. Tahap kedua, sesi pelatihan penggunaan aplikasi Edpuzzle. Tahapan ini diakhiri dengan sesi pembuatan media Edpuzzle.

References

Amaliah. (2020). Implementation of Edpuzzle to improve students’ analytical thinking skill in narrative text. Jurnal Prosodi, 14 (1), 35-44.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Thematic analysis in psychology: Qualitative research in psychology, 3(2), 77-101.

Cope, B., & Kalantzis, M. (2000). Assessing Multiliteracies and New Basics. Retrieved on March 20, 2014, from www.jcu.edu.

Dudeney, G. and Hockly, N. (2007). How to Teach English with Technology. Essex: Pearson Education Limited.

Hidayat, L. E., & Praseno, M. D. (2021). Improving students’ writing participation and achievement in an Edpuzzle-Assisted Flipped Classroom. Educalf Journal, 4 (1), 1-8.

Suherdi, D. (2012). Towards 21st Century English Teacher Education: An Indonesian Perspective. Bandung: CELTICS Press.

Wright, A. (2001). Art and Crafts with Children: Resource Books for Teachers. Oxford: Oxford University Press.

Downloads

Published

2022-10-31