PENANAMAN NILAI-NILAI REVOLUSI MENTAL DALAM KESEHARIAN MASYARAKAT DESA TANJUNGWANGI KECAMATAN PACET KABUPATEN BANDUNG

Yusuf Muharam(1*), Wulan Nurul Kamilah(2)

(1) Universitas Bale Bandung
(2) Universitas Bale Bandung
(*) Corresponding Author

Abstract


Revolusi mental adalah gerakan nasional untuk mengubah cara berpikir, cara kerja, cara bersikap, nilai-nilai, dan perilaku bangsa Indonesia untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, berdikari, berkepribadian, dan bermartabat sebagai Gerakan Hidup Baru bangsa Indonesia bertumpu pada tiga nilai-nilai dasar: Integritas (jujur, dipercaya, berkarakter, tanggung jawab), Etos kerja (daya saing, optimis, inovatif, dan produktif), dan Gotong Royong (kerjasama, solidaritas, komunal, berorientasi pada kemaslahatan). Revolusi teknologi, informasi, dan komunikasi telah menjadikan dunia ini tanpa batas, globalisasi, keterbukaan, dan kebebasan yang tidak terkendali telah menyebabkan terjadinya dekadensi moral, sesuatu yang dulu dianggap tabu kini menjadi hal yang biasa, narkoba, miras, pergaulan bebas kini menjadi hal yang selalu menghiasi media dan menjadi hal  yang biasa  bagi  masyarakat  sehingga  diperlukan  suatu  gerakan  nasional  untuk membawa bangsa Indonesia menuju bangsa yang maju, modern, bermartabat, dan sejahtera. Dengan Gerakan ini masyarakat diharapkan dapat berperilaku lebih baik, memiliki pola pikir yang sesuai dengan tema Gerakan Nasional Revolusi Mental: Indonesia melayani, Indonesia bersih dan Indonesia tertib, Indonesia bersatu dan Indonesia mandiri. Selanjutnya GNRM dapat dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar dengan cara mempraktekkan dalam kehidupan sehari hari. Dengan demikian penanaman nilai-nilai GNRM dapat terwujud sesuai harapan yaitu menuju bangsa yang besar, tangguh dan mandiri dan merdeka.


Keywords


Revolusi Mental, Kuliah Kerja Nyata, GNRM

References


Anonymous. (2016). Menuju Desa Sehat, Bersih, Tanpa Kumuh; Laporan Pelaksanaan Kegiatan KKN Tematik Revolusi Mental Universitas Udayana. Kuta: Universitas Udayana.

Anonymous. (2017). Himpunan Peraturan Gerakan Nasional Revolusi Mental. Jakarta: Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan kebudayaan Republik Indonesia.

Budimanta, A., Yunaz, H., & Widjoyo, P. (2016). Panduan Umum Gerakan Nasional Revolusi Mental. Jakarta: Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Supanda, A. (2016). KKN Tematik-RM. Jakarta: Kasubdit Minat, Bakat, dan Organisasi Kemahasiswaan, DIrektur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Wirutomo, P., Yasmine, D., Surayudo, R., & Suandi, H. (2016). Pelatih Fasilitator Pembentukan Gugus Tugas Revolusi Mental. Jakarta: Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/as.v5i3.11549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher Address:

Jl. Terusan Jend. Sudirman, Baros, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat 40521

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarkat, IKIP Siliwangi
Gedung A Lantai 2 Ruang A24

Email: abdimassiliwangi@gmail.com
Click to access: Abdimas Siliwangi


E-ISSN : 2614-6339

P-ISSN : 2614-7629


View My Stats