Pemanfaatan teknologi informasi dalam rangka pengembangan sdm yang berkualitas dan mendukung gerakan indonesi melayani pada PAUD Mawarsari 6 Bojongsoang

Authors

  • Rosmalina Rosmalina Universitas Bale Bandung
  • Khilda Nistrina Universitas Bale Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v5i3.11553

Keywords:

Pelatihan, Teknologi Informasi, Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan

Abstract

Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini dilaksanakan dalam rangka membantu program pemerintah dalam mendukung Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) Gerakan Indonesia Melayani, sehingga diperlukan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualitas. Berdasarkan hal tersebut kami memberikan pelatihan mengenai pemanfaatan Teknologi Informasi untuk meningkatkan wawasan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan melalui media informasi, sehingga kemampuan dan keahliannya dapat ditingkatkan. Sehubungan dengan hal tersebut kami memberikan pelatihan kepada 10 orang tenaga pendidik dan tenaga kependidikan PAUD Mawarsari 6 Cikoneng Desa Bojongsoan Kabupaten Bandung. Pelatihan dilaksanakan pada hari Selasa Tanggal 21 Desember 2021 dengan pemberian materi tentang pengenalan Teknologi Informasi dan praktek penggunaan teknologi informasi. Berdasarkan hasil pelatihan dan pendampingan yang dilakukan, beberapa tenaga pendidik langsung menggunakan metode tersebut dalam proses belajar dan mengajar di kelas. Beberapa lainnya karena keterbatasan fasilitas sekolah masih menggunakan metode lama. Diharapkan ada program lanjutan yang dapat meningkatkan keterampilan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan khususnya di PAUD Mawarsari 6.

References

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hamzah, B. L. (2011). Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Irvani, A. R. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal PKM MIFTEK, 1(1), 35-41.

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa. Jakarta: Kencana.

Rusli, M. E. (2020). Pelatihan Microsoft Powerpoint Dasar Bagi Guru Guru Paud Kabupaten Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1), 12-15.

Rusman, d. (2013). Pembelajaran berbasis teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Sutisna, U. M. (2020). Pengembangan kompetensi profesional guru PAI melalui pemanfaatan teknologi informasi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 43-38.

Syahroni, M. D. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service learning 4(3), 170-178.

Zayyadi, M. L. (2017). Pemanfaatan teknologi komputer sebagai media pembelajaran pada guru matematika. jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo 1(2), 25-30.

Downloads

Published

2022-10-31