PELATIHAN “ ANDRAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE†BAGI TUTOR KESETARAAN PAKET C DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PERSONAL PROSES PEMBELAJARAN PADA PESERTA DIDIK DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) GEMA KELURAHAN CIKALANG KECAMATAN TAWANG KOTA TASIKMALAYA
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v1i2p89-95.1169Kata Kunci:
Pelatihanâ€Andragogical Content Knowledgeâ€, Tutor Kesetaraan Paket CAbstrak
Tujuan umum dalam rencana pelaksanaan pengabdian pada masyarakat ini adalah meningkatkan mutu tutor paket kesetaraan C dalam proses pembelajaran pada peserta didik di PKBM Gema Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya melalui Pelatihan Tutor paket Kesetaran C berbasis Andragogi (“Andragogical Content Knowledgeâ€). Berdasarkan penemuan dilapangan dan hasil wawancara dengan tutor kesetaraan paket C di kelurahan Cikalang  kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya pada umumnya mengharapkan pelatihan selama tiga bulan dalam penerapan metode “Andragogical content knowledge Pembelajaran (Pengetahuan) yang berlandaskan konsep andragogi (“Andragogical Content Knowledgeâ€) sangat penting  memberi peluang munculnya potensi-potensi yang ada dalam diri peserta belajar. Keterlibatan fisik, mental, dan emosi memunculkan rasa ikhlas dalam memperoleh pengetahuan, menyerap informasi secara efektip dan efisien. Maka metode yang tepat dalam kegiatan ini adalah pelatihan mengenai konsep “Andragogical content knowledgeâ€(pengetahuan/pembelajaran berbasis andragogi) yang akan dilakukan oleh Tutor Paket Kesetaraan serta praktik penerapan pada pembelajaran.
Referensi
Hiryanto. (2011). Kemitraan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam upaya mencapai mutu Penyelenggaraan Program Pendidikan non Formal.
Kamil, Mustofa, (2001), Model Pembelajaran Magang Bagi Peningkatan Kemandirian, Bandung, PPS, UPI.
Knowles, M., (1950). Informal Adult Education: A Guide For Administrator, Leaderand Teachers. New York. Association Press.
Marzuki saleh,(2012). Pendidikan Non Formal (Dimensi dalam keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi . Bandung: Rosda
Undang –Undang
UU Pasal 26 Ayat (2) No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).