Pelatihan pembuatan e-module menggunakan aplikasi Canva

Authors

  • Lilis Suryani IKIP Siliwangi
  • Dewi Listia Apriliyanti IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v6i1.12460

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penggunaan aplikasi Canva dalam membuat e-module. Canva merupakan salah satu aplikasi untuk membuat bahan presentasi lebih menarik dengan visual interaktif. Canva juga tidak hanya digunakan dalam menjelaskan materi akan tetapi juga pembuatan konten e-module. Pengabdian ini berfokus pada pelatihan e-module untuk guru-guru sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN). Pengabdian ini meliputi empat tahap yaitu: analisa kebutuhan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahapan ini guru-guru akan di pandu dalam menggunakan aplikasi Canva dalam pembelajaran khususnya dalam pembuatan e-module. E-module ini diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi lebih mudah dan fleksible karena bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Berdasarkan pelatihan yang dilaksanakan, pelatihan tersebut mendapat respon yang positif. Penggunaan canva dalam pembuatan e-module ini dapat membantu guru mendesain e-module yang interaktif yang bisa digunakan dalam pembelajaran hybrid learning. Selain itu, siswa juga akan terbantu dalam memahami materi ketika bahan ajar yang digunakan menarik. Adapun tantangan dalam pelatihan ini adalah keterbatasan waktu yang dimiliki karena dalam pemilihan desain untuk sampul membutuhkan waktu yang lebih dan koneksi internet menjadi tantangan tersendiri. 

References

Bhuana, G. P., & Apriliyanti, D. L. (2021). Teachers’ Encounter of Online Learning: Challenges and Support System. Journal of English Education and Teaching, 110-122.

Boyarsky, K. (2020, June 12). What Is Hybrid Learning? Here's Everything You Need to Know. Retrieved from Owl Labs: https://resources.owllabs.com/blog/hybrid-learning

DITJEND PMPTK. (2008). Penulisan Modul. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Genially. (2021). Why Genially. Retrieved from Genial.ly: https://genial.ly/why-genially/

Kulsum, K. U. (2021, September 27). Pembelajaran Tatap Muka TerbatasL Urgensi dan Penerapannya. Retrieved from Kompaspedia: https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/pembelajaran-tatap-muka-terbatas-urgensi-dan-penerapannya

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(3).

Öngöz, S., & Baki, A. (2011). Examination of the Impact of Using an Interactive Electronic Textbook on the Affective Learning of Prospective Mathematics Teachers. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT).

Permatasari, S. V. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Genially Pada Materi Gelombang Bunyi dan Cahaya Berbasis Model VAK Learning. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 11(2), 96-103.

Putra, Y. (2017). Theoretical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti, 9 (18).

Saputro, A. (2009). Pengembangan Modul Elektronik Untuk Mata Kuliah Dasar-Dasar Fotografi. Jakarta.

Schwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. New York: Crown Business.

Suryani, L., Apriliyanti, D. L., & Rohmat, F. N. (2021). Developing Teaching Guidelines and Learning Module of Speaking for General Communication: Students’ Perception and Needs. Acuity: Journal of English Language Pedagogy, Literature and Culture, 6(2), 84-95. https://doi.org/10.35974/acuity.v6i2.2440.

Verdiana, B. M. (2020). Virus Corona COVID-19 Kian Mendunia, Kapan Akan Memuncak? Retrieved from Liputan 6: https://www.liputan6.com/global/read/4206054/headline-virus-corona-covid-19-kian-mendunia-kapan-akan-memuncak

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.

Downloads

Published

2023-02-24