Penguatan moderasi beragama bagi generasi muda dalam kegiatan IPNU dan IPPNU
(1) IAIN Kudus
(2) IAIN Kudus
(*) Corresponding Author
Abstract
Penguatan moderasi beragama di sini bertujuan sebagai sarana internalisasi moderasi beragama bagi generasi muda melalui kegiatan IPNU dan IPPNU. Aktualisasi kegiatan penguatan moderasi beragama melalui kegiatan pelatihan dan Focus Group Discussion (FGD) moderasi beragama secara intensif kepada generasi muda IPNU IPPNU Desa Kajar, Dawe, Kudus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara (depth interview) dan angket sikap berupa pretest dan posttest. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa anggota IPNU IPPNU memiliki pemahaman komprehensif terkait moderasi beragama dan internalisasi penguatan moderasi beragama berlangsung secara sistematis dan kondusif menunjukkan adanya komitmen dalam menyebarkan nilai-nilai moderasi beragama sebagaimana yang tertuang dalam indikator moderasi beragama Kementerian Agama Republik Indonesia yaitu komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, dan akomodatif terhadap budaya lokal.
Kata Kunci : Moderasi Beragama, Generasi muda, dan Kegiatan IPNU IPPNU
Full Text:
PDFReferences
Abror, Mhd. “Moderasi Beragama dalam Bingkai Toleransi: Kajian Islam dan Keberagaman”. Jurnal Rusydiah 1, no. 2 (2020).
Afrizal Nur & Mukhlis Lubis. “Konsep Wasathiyah Dalam Al-Quran; (Studi Komparatif Antara Tafsir Al-Tahrir Wa At-Tanwir Dan Aisar At-Tafasir)”. Jurnal An-Nur 4, no. 2 (2016).
Ahmadi, Agus “Moderasi Beragama dalam Keragaman Indonesia”. Jurnal Diklat Keagamaan. 13 no. 2 (2019).
Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). 2016. Anak Muda Cerdas Mencegah Terorisme. Jakarta: Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme.
Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan. 2016-2022. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. KBBI Online V 0.4.1 (41).
Fahri , Mohamad, Ahamd Zainuri.” Moderasi Beragama di Indonesia”. Jurnal Intizar 25, no. 2 (2019).
https://www.bps.go.id/publication/2020/12/21/4a39564b84a1c4e7a615f28b/statistik-pemuda-indonesia-2020.html, diakses pada Juni 2022
J. Vincent II, W. Jack. 2009. “Community Development Practice”. in Rhonda. P. dan Pittman. R. H. (ed.) An Introduction to Community Development”. New York: Routledge.
Junaidi, Edi “Inilah Moderasi Beragama dalam Perspektif Moderasi Beragama”. Jurnal Multikultural dan Multireligius 18, no. 2 (2019).
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online V. 2016-2020.
Kementerian Agama RI. 2019. Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI.
Muhammad, Rifqi. “Internalisasi Moderasi Beragama dalam Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik”. Jurnal Al-Muttaqin 6, no. 1 (2021).
Naim, Ngainun. “Membangun Toleransi Dalam Masyarakat Majemuk Telaah Pemikiran Nurcholis Madjid”. Jurnal Multikulturan & multireligius 12, no. 2 (2013)
Qasim, Muhammad. 2020. Membangun Moderasi Beragama Umat Melalui Integrasi Keilmuan. Gowa: Alauddin University Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.22460/as.v6i1.14214
Article Metrics
Abstract view : 44 timesPDF - 16 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher Address:
Jl. Terusan Jend. Sudirman, Baros, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat 40521
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarkat, IKIP Siliwangi
Gedung A Lantai 2 Ruang A24
Email: abdimassiliwangi@gmail.com
Click to access: Abdimas Siliwangi
E-ISSN : 2614-6339
P-ISSN : 2614-7629