Peningkatan sumber daya manusia melalui gerakan nasional revolusi mental pada Kebun Jasmine Integrated Farming

Authors

  • Henly Yulina Universitas Bale Bandung
  • Wiara Sanchia Grafita Ryana Devi Universitas Bale Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v6i1.14400

Keywords:

Kompetensi SDM, Integritas, Etos Kerja, Gotong Royong, Jasmine Integrated Farming

Abstract

Pengembangan SDM mencakup berbagai sector salah satunya adalah terkait dengan kegiatan cinta lingkungan yang juga kemandirian ekonomi yang sejalan denga terkait Gerakan nasional revolusi mental yang digaungkan juga memiliki sasaran dalam berbagai kegiatan di masyarakat. Adapun Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana PerananPengembangan sumber daya manusia dalam Gerakan cinta lingkungan serta kemandirian ekonomi pada pengetahuan terkait konsep peningkatan sumber daya manusia, integritas, etos kerja dan gotong royong pada Jasmine Integrated Farming metode yang digunakan yakni cross sectional method. Spesifikasi terkait pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan deskriptif analisis kuantitatif, dengan teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling diperoleh 35 responden anggota pada Jasmine Integrated Farming Kota Bandung. Hasil pengabdian kepada masyarakat menunjukkan terkait konsep peningkatan SDM serta integritas anggota berada pada kategori sangat baik, pada etos kerja berada pada kriteria baik dan pada konsep gotong royong yang terdapat pada anggota Jasmine Integrated Farming berada pada kriteria sangat baik.

References

Agus Suryo Sulaiman. (2010). The Quantum Success. PT Elex Media Komputindo.

Emilda, Ihsanti. (2014). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Dan Penerapan SistemAkuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah (Studi Empiris Pada Skpd Kab. Lima Puluh Kota). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Darodjat, T. A. (2015). Pentingnya Budaya Kerja Tinggi dan Kuat Absolute. Bandung: PT Refika Aditama.

Nurani. (2021). Development Of Millennials Human Resources in Bandung Through Creative Digital Copyrights in An Effort to Deal with The Challenges of Society 5.0. Review of International Geographical Education Online. 11 (5). 3254-3264.

Wati, Kadek Desiana. (2014). Pengaruh Kompetensi Sdm, Penerapan Sap, Dan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha. 2 (1).

Sajogyo dan Pudjiwati. (2005). Sosiologi Pedesaan. Jogjakarta: Gadjah Mada

University Press.

Sedarmayanti. (2011). Tata Kerja dan Produktivitas Kerja. Cetakan ke-3. Bandung : Mandar Maju.

Badan Standarisasi Nasional. (1994). Metode Pengambilan dan Pengukuran Contoh Timbunan dan Komposisi Sampah Perkotaan. Standar Nasional Indonesia No. 19-3964-1994a.

Sudrajat, Ajat. (2014). Nilai-Nilai Budaya Gotong Royong Etnik Betawi Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Disertasi, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia.

Wisesa, Anggara, (2011), Integritas Moral dalam Konteks Pengambilan Keputusan Etis. Kelompok Keahlian Manajemen Manusia dan Kewirausahaan Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung. 10 (1).

Downloads

Published

2023-02-27