Edukasi metode cuci tangan dan sikat gigi untuk mencegah diare dan karies pada anak usia pra-sekolah

Authors

  • Siti Mahyuni Universitas Pakuan
  • Mindiya Fatmi Universitas Pakuan
  • Wilda Nurhikmah Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v6i1.14425

Abstract

Prevalensi kejadian diare dan karies gigi di Indonesia masih cukup tinggi terutama pada anak-anak usia pra sekolah. Diare bisa berujung kepada dehidrasi dengan konsekuensi yang fatal dan berpotensi merenggut nyawa penderita jika terjadi pada anak-anak. Karies pada anak akan menimbulkan rasa sakit yang berdampak pada keengganan anak untuk mengunyah makanan sehingga terjadi malnutrisi dan malposisi gigi tetap. Untuk mencegah kejadian diare dan karies gigi pada anak usia pra sekolah, perlu dilakukan edukasi dengan metode yang tepat, efektif dan mudah  diingat oleh anak usia pra sekolah. Metode yang digunakan pada kegiatan edukasi  “Edukasi Kebersihan Tangan dan Sikat Gigi Untuk Mencegah Diare dan Karies Pada Anak Usia Pra-Sekolahâ€Â  adalah ceramah dipadukan dengan pemutaran video demonstrasi dengan musik dan lagu, serta demostrasi langsung menggunakan bantuan alat peraga. Edukasi disampaikan disesuaikan dengan bahasa dan sikap yang sesuai psikologi anak usia pra sekolah sehingga menarik, tidak membosankan, mudah diingat, dan dapat dipraktekan secara rutin setelah kegiatan berakhir. Dari kegiatan ini didapatkan data terdapat cukup tinggi angka  kekeliruan dalam teknik menggosok gigi dan mencuci tangan sebesar masing-masing 42% dan 73%. Setelah kegiatan edukasi selesai, tingkat kekeliruan teknik menggosok gigi dan mencuci tangan berkurang manjadi masing-masing 96% dan 36%. Data hasil kegiatan juga menginformasikan bahwa 83% responden mendapatkan pengetahun  baru dan 92% responden menginginkan pengulangan kegiatan edukasi secara berkala. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan edukasi dapat mengurangi kekeliruan cara menggosok gigi dan mencuci tangan sehingga diharapkan dapat menurunkan angka karies gigi dan kejadian diare pada anak usia pra sekolah.

References

Aiello, A. E., Coulborn, R. M., Perez, V., & Larson, E. L. (2008). Effect of Hand Hygiene on Infectious Disease Risk In the Community Setting: A Meta-Analysis. American Journal of Public Health, 98(8), 1372–138. https://doi.org/10.2105/AJPH.2007.124610

Lopolisa, A. T., & Pakasi, T.A. (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Insidens

Diare Balita di Jakarta Timur. Effectiveness of Health Education eJKI, 98(2), 101-106. http://journal.ui.ac.id/index.php/eJKI/article/view/4020

Alanazi, K.J., Subhan, S. A., Alshehri, H. M., Aljaload, M. M., Aljafary, M. H., Alazmi, M., M. & Fawazet, A. A. (2017). Influence of Tooth Brush Grips and Brushing Techniques on Plaque Removal Efficacy. J Dent Oral Health, 4: 104. http://dx.doi.org/10.17303/jdoh.2017.4.104

Angela, A. (2005). Pencegahan Primer Pada Anak yang Beresiko Karies Tinggi. Maj. Ked. Gigi. (Dent. J.), 38(3), 130-134. http://dx.doi.org/10.20473/j.djmkg.v38.i3.p130-134

Arias, A. V., Garcell, H. G., Ochoa, Y. R., Arias, K. F., Miranda, F. R. (2016) Assessment of Hand Hygiene Techniques Using the World Health Organization's Six Steps. Journal of Infection and Public Health, 9(3), 366-369. https://doi.org/10.1016/j.jiph.2015.11.006.

Dunlosky, J., Rawson, K. A., Marsh, E. J., Mitchell J., Nathan, M. J. & Willingham D. T. (2013). Improving Students’ Learning With Effective Learning Techniques: Promising Directions From Cognitive and Educational Psychology. Psychological Science in the Public Interest, 14(1), 4-58. https://doi.org/10.1177%2F1529100612453266

Dajaan, S. D., Addo, H. O., Ojo, L., Amegah, K. L., Loveland, F., Bechala, B. D., Benjamin, B. B. (2018). Hand washing knowledge and practices among public primary schools

in the Kintampo Municipality of Ghana Int J Community Med Public Health, 5(6):2205-2216. DOI: http://dx.doi.org/10.18203/2394-6040.ijcmph20182146

Hidayatulloh, T., Yetti, E. & Hapidin. (2020). Movement and Song Idiom Traditional to Enhance Early Mathematical Skills: Gelantram Audio-visual Learning Media. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(2), 215 - 230. https://doi.org/10.21009/JPUD.142.02

Karpicke, J. D. (2016). A Powerful Way to Improve Learning and Memory: Practicing Retrieval Enhances Long-Term, Meaningful Learning. Diakses dari laman American Psychological Association pada 5 September 2021. https://www.apa.org/science/about/psa/2016/06/learning-memory

Kemenkes, R. I. (2019). Laporan Nasional Riskesdas. 2018 (hal. 181-220). Lembaga Penerbit

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Jakarta.

https://www.litbang.kemkes.go.id/laporan-riset-kesehatan-dasar-riskesdas/

Nurlia, R. U. (2011). Faktor Penyebab Terjadinya Karies Gigi Pada Murid SDN 1Raha Kabupaten Muna. Shautut Tarbiyah IAIN Kendari, 17(2), 127-139. http://dx.doi.org/10.31332/str.v17i2.153

Regassa, G., Birke W., Deboch B., & Belachew T. (2008) Evironmental determinants of diarrhea among under five children in nekemte town, western ethiopia. Ethiop J Health Sci., 18(2), 39-45.

Rezkiki F., Rahmiwati, R. & Almarinda, A. (2020) Descriptive Study of Children's Knowledge about Hand Hygiene as a Prevention of the Spread of Covid-19. Padjadjaran Acute Care Nursing Journal, 1(3), 131-137.

Gusmão, E. S., Queiroz, R. D. C., Coelho, R. S , Cimões, R. & Santos, R.L. (2011). Association Between Malposition Teeth and Periodontal Disease. Dental Press J Orthod., 16(4):87-94.

Psoter, W. J., Reid, B.C. & Katz, R. V. (2005) Malnutrition and Dental Caries: A Review of the Literature. Caries Research 39(6): 440 - 447. doi:10.1159/000088178

Sharma, S., Yeluri, R., Jain, A. & Munshi, A. (2012. Effect of Toothbrush Grip on Plaque Removal During Manual Toothbrushing In Children. Journal of Oral Science, 54(2):183-190.

doi: 10.2334/josnusd.54.183

Sunder, P. (2018) The Effectiveness of Audio-Visual Aids in TeachingLearning Process. International Journal of Creative Research Thoughts (IJCRT), 6(1): 1509 – 1515.

Zhan, L., Guo, D., Chen, G. & Yang, J. (2018). Effects of Repetition Learning on Associative Recognition Over Time: Role of the Hippocampus and Prefrontal Cortex. Frontiers in human neuroscience, 12, 277-281. https://doi.org/10.3389/fnhum.2018.00277

Downloads

Published

2023-03-01