Pelatihan pemilihan teks elektronik (e-teks) bagi peningkatan profesionalisme guru dalam pengembangan literasi siswa

Authors

  • Siti Maryam FKIP Universitas Suryakancana
  • Elis Homsini Maolida

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v6i1.14453

Keywords:

e-teks pengayaan, literasi, berbasis teks, referensi, panduan pendidik

Abstract

Di era digital ini e-teks semakin berlimpah. Pada sisi lain, kemampuan literasi masih sangat rendah, khususnya literasi membaca dan menulis. Padahal potensi akses internet sangat tinggi. Kajian ini dilatarbelakangi pentingnya optimalisasi potensi sumber daya yang dimiliki sekolah bagi peningkatan literasi. Adapun tujuan penelitian ini mengetahui keberterimaan dan keberhasilan pelatihan pemilihan e-teks pengayaan oleh para peserta. Metode pelatihan dilakukan secara daring, mulai dari pemberian materi, pembimbingan, penyebaran angket, dan penugasan. Evaluasi keberterimaan dilakukan melalui angket sedangkan hasil kemampuan peserta dievaluasi dengan tugas. Hasil pelatihan diketahui melalui pengumpulan angket dan tugas. Dari angket diketahui para peserta memberikan respons positif dan menerima dengan baik, yakni 82,5 %. Berdasarkan tugas yang masuk dapat disimpulkan bahwa hampir semua peserta dapat mengakses e-teks pengayaan pengetahuan, kepribadian, keterampilan, referensi, dan panduan pendidik dengan sangat baik, yakni 80 %. Keterampilan dan   keberterimaan ini merupakan modal bagi   para peserta untuk sungguh-sungguh dapat memilih teks yang tepat sesuai dengan kebutuhan siswa.

References

Ahmadi, M., Ismail, H., & Abdullah, M. (2013). Goals of reciprocal teaching strategy instruction. The International Journal of Language Learning and Applied Linguistics World, 2(1), 18–27. www.languagelearningworld.org

Ananda, A. (2018). Analisis Materi Tata Bahasa Pada Buku Sekolah Elektronik (Bse) Jenjang Sekolah Menengah Pertama. Diksi, 25(2), 163–177. https://doi.org/10.21831/diksi.v25i2.18862

Andayani, U. (2014). Manajemen Sumber-Sumber Informasi Elektronik. Al Maktabah, 13(1), 8–19.

Arlyanti, I., & Apriliya, S. (2018). Pemilihan Bahan Ajar Cerita Anak berdasarkan Karakteristik Siswa SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 221–231.

Ekawati, A. D. (2021). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah bagi Kepala Sekolah dan Guru Sekolah Luar Biasa. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(2), 203–206.

Hidayah, A. (2017). Jurnal Penelitian dan Penalaran ( THE INFORMATION LITERACY ) TIPE THE BIG6. Pena, 4, 623–635.

Huda, M., Kustanti, E. W., & Rufiah, A. (2019). Peningkatan Pemilihan Materi Ajar Melalui Telaah Buku Teks. Warta LPM, 22(2), 110–119.

Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer. PENDIPA Journal of Science Education, 3(3), 167–173. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.167-173

Maryam, S, & Adawiyah, A. (2019). Implementasi Peta Hidup bagi Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks. 3, 167–172. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Maryam, Siti. (2012). Strengthening the Character: Uphold Ethics in Indonesian Language Study Pass by Supplementary Books. EDUCARE: International Journal for Educational Studies, 5(1), 39–50.

Maryam, Siti, Daud, P., & Suwandi, A. (2013). Litrasi Sastra Pada Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastera Indonesia. Atikan: Jurnal Kajian Pendidikan, 3(2), 211–224. http://www.mindamas-journals.com/index.php/atikan/article/view/169

Mustofa, M. (2012). Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 4(1), 76–88. https://doi.org/10.21831/jep.v4i1.619

Pranowo, P. (2020). Sumbangan Bahasa Indonesia Terhadap Pengendalian Covid-19. Semantik, 9(2), 59–76. https://doi.org/10.22460/semantik.v9i2.p59-76

Pujiastuti, Pratiwi, D. (2010). Analisis dan Studi Komparatif Muatan Science Process Skills antara Buku Sekolah Elektronik Sains dengan Buku Sains Non-BSE. PENDIDIKAN PRASEKOLAH DAN SEKOLAH DASAR%0AFAKULTAS ILMU PENDIDIKAN%0AUNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Pusat Kurikulum dan Perbukuan, K. P. dan K. (2017). Penjelasan Butir Instrumen Penilaian Buku Nonteks Pelajaran. https://elearning.undiksha.ac.id/mod/resource/view.php?id=38729

Puspito, D. W. (2017). Implementasi Literasi Digital Dalam Gerakan Literasi Sekolah. Konferensi Bahasa Dan Sastra (International Conference on Language, Literature, and Teaching) II, 304–399. http://indonesia.unnes.ac.id/wp-content/uploads/2017/10/C-D-PROSIDING-KBS_2-UNNES-2-320-415.pdf

Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 93. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8109

Rosita. (2015). Pengembangan Buku Ajar Keterampilan Membaca Berdasarkan Strategi Panduan Antisipasi untuk SMA/SMK Kelas XI. Skripsi, 151, 340.

Sari, E. S., Suryaman, M., & Lestyarini, B. (2013). Model Multiliterasi dalam Perkuliahan Bahasa dan Sastra Indonesia. Litera, 12(2), 246–255.

Schleicher, A. (2019). PISA 2018 Insight and Interpretation. In OECD Publishing. https://www.oecd.org/pisa/PISA 2018 Insights and Interpretations FINAL PDF.pdf

Suhara, A. M., Firmansyah, D., & Permana, I. (2020). Pelatihan pembelajaran E-learning socrative pada guru bahasa Indonesia Kabupaten Subang. Abdimas Siliwangi, 03(02), 415–424.

Supriyanto, A. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Penulisan Karya Ilmiah Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Pedagogi, 1(1), 1–7. http://journal2.um.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/1944

Suryaman, M. (2015). Analisis Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Literasi Membaca Melalui Studi Internasional (Pirls) 2011. Litera, 14(1). https://doi.org/10.21831/ltr.v14i1.4416

Suryaman, M. (2018). Pengalaman Membaca Karya Sastra Dalam Perspektif Pembelajaran. Litera, 17(1). https://doi.org/10.21831/ltr.v17i1.19063

Sutrianto, S., Rahmawan, N., Hadi, S., & Fitriono, H. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Menengah Atas. In http://repositori.kemdikbud.go.id/55/1/Panduan-Gerakan-Literasi-Sekolah-di-SMA.pdf. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. literasi.sekolah@kemdikbud.go.id

Trimansyah, B. (2020). Panduan Penulisan Buku Cerita Anak. In Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra RI.

Yahya, I. M. (2019). Literasi Media Digital Sebagai Strategi Peningkatan Kompetensi Digital Pada Siswa Sma Negeri 1 Mayong. Skripsi Universitas Negeri Semarang, 1, 1–66. https://lib.unnes.ac.id/33441/1/1102414047_Optimized.pdf

Downloads

Published

2023-02-27