Meningkatkan kemampuan bahasa inggris tutor rintisan kampung Inggris Desa Galaherang Kecamatan Maleber Kabupaten Kuningan melalui pelatihan berbasis TOEFL
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v6i1.14528Keywords:
Pendidikan Bahasa InggrisAbstract
Dewasa ini, pandemi Covid-19 tengah dirasakan oleh seluruh negara, termasuk negara Indonesia. Tentunya, pandemi tersebut telah merubah tatanan kehidupan masyarakat, baik secara sosial, ekonomi, budaya, dan lainnya. Dalam hal ini, Universitas yang merupakan jenjang sekolah paling tinggi tentunya memiliki peranan penting dalam mengatasi masalah tersebut. Salah satu upaya dalam mengembalikan pertumbuhan ekonomi di masa pandemi ini ialah dengan cara menggali potensi suatu desa. Salah satu desa yang dianggap layak untuk digali potensi wisatanya adalah Desa Galaherang, Kecamatan Maleber, Kabupaten Kuningan. Rintisan Kampung Inggris merupakan salah satu kegiatan yang dicanangkan oleh karang taruna Desa Galaherang dalam meningkatkan pertumbukan perekonomian desa tersebut. Sejalan dengan kegiatan itu, maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris para tutor RKI melalui pelatihan Bahasa Inggris berbasis TOEFL. Akan tetapi dengan adanya pandemi CoVid 19, maka pelatihan pun tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka. Pelatihan TOEFL secara daring merupakan salah satu alternatif memecahkan masalah tersebut. Pelatihan tersebut dilaksanakan selama 6 hari, terbukti mampu meningkatkan keterampilan Berbahasa Inggris para peserta pelatihan sebanyak 12 orang, dimana 10 diantaranya (83%) mencapai skor minimal TOEFL.References
Husni, M. & Susilowati, E. 2011. Sistem E-Learning Dalam Pembelajaran IBT TOEFL (Internet Basetest Of English As A Foreign Language) Menggunakan Media Voip (Voice Over Internet Protocol). Jurnal Sosial Humaniora, 4 (2), 195-212
Phillips, D. 2001. Longman Complete Course for the TOEFL Test. New York: Longman.
Putra, D. W., Nugroho, A.P., & Erri Wahyu Puspitarini. 2016. Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Pasuruan: Pasuruan
Risyanti, R. & Roesmidi. 2006. Pemberdayaan Masyarakat. Alqaprint Jatinangor: Sumedang
Setyowati, L. 2019. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Universitas Satya Negara Indonesia melalui Pembelajaran IELTS dan TOEIC dengan Teknologi Aplikasi Android. E-Dimas Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(1), 126, DOI: 10.26877/e-dimas.v10i1.3560
Syafii, L. & Sugianto, A. 2017. Pelatihan Bahasa Inggris Berekuivalensi TOEFL Bagi Dosen Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Jurnal pengabdian kepada masyarakat ADIMAS, 1(1), 25-30
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).