Meningkatkan kemampuan bahasa inggris tutor rintisan kampung Inggris Desa Galaherang Kecamatan Maleber Kabupaten Kuningan melalui pelatihan berbasis TOEFL

Authors

  • Vina Agustiana Universitas Kuningan http://orcid.org/0000-0002-9121-9627
  • Wulan Rahmatunisa Universitas Kuningan
  • Nida Amalia Asikin Universitas Kuningan
  • M. Aprianto Budie Nugroho Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v6i1.14528

Keywords:

Pendidikan Bahasa Inggris

Abstract

Dewasa ini, pandemi Covid-19 tengah dirasakan oleh seluruh negara, termasuk negara Indonesia. Tentunya, pandemi tersebut telah merubah tatanan kehidupan masyarakat, baik secara sosial, ekonomi, budaya, dan lainnya. Dalam hal ini, Universitas yang merupakan jenjang sekolah paling tinggi tentunya memiliki peranan penting dalam mengatasi masalah tersebut. Salah satu upaya dalam mengembalikan pertumbuhan ekonomi di masa pandemi ini ialah dengan cara menggali potensi suatu desa. Salah satu desa yang dianggap layak untuk digali potensi wisatanya adalah Desa Galaherang, Kecamatan Maleber, Kabupaten Kuningan. Rintisan Kampung Inggris merupakan salah satu kegiatan yang dicanangkan oleh karang taruna Desa Galaherang dalam meningkatkan pertumbukan perekonomian desa tersebut. Sejalan dengan kegiatan itu, maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris para tutor RKI melalui pelatihan Bahasa Inggris berbasis TOEFL. Akan tetapi dengan adanya pandemi CoVid 19, maka pelatihan pun tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka. Pelatihan TOEFL secara daring merupakan salah satu alternatif memecahkan masalah tersebut. Pelatihan tersebut dilaksanakan selama 6 hari, terbukti mampu meningkatkan keterampilan Berbahasa Inggris para peserta pelatihan sebanyak 12 orang, dimana 10 diantaranya (83%) mencapai skor minimal TOEFL.

References

Husni, M. & Susilowati, E. 2011. Sistem E-Learning Dalam Pembelajaran IBT TOEFL (Internet Basetest Of English As A Foreign Language) Menggunakan Media Voip (Voice Over Internet Protocol). Jurnal Sosial Humaniora, 4 (2), 195-212

Phillips, D. 2001. Longman Complete Course for the TOEFL Test. New York: Longman.

Putra, D. W., Nugroho, A.P., & Erri Wahyu Puspitarini. 2016. Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Pasuruan: Pasuruan

Risyanti, R. & Roesmidi. 2006. Pemberdayaan Masyarakat. Alqaprint Jatinangor: Sumedang

Setyowati, L. 2019. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Universitas Satya Negara Indonesia melalui Pembelajaran IELTS dan TOEIC dengan Teknologi Aplikasi Android. E-Dimas Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(1), 126, DOI: 10.26877/e-dimas.v10i1.3560

Syafii, L. & Sugianto, A. 2017. Pelatihan Bahasa Inggris Berekuivalensi TOEFL Bagi Dosen Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Jurnal pengabdian kepada masyarakat ADIMAS, 1(1), 25-30

Downloads

Published

2023-02-27