Pendampingan penulisan penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru SMAN 2 Kota Padangsidimpuan
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v6i1.14946Keywords:
Artikelilmiah, Kelasintensifmenulis, Profesionalitasguru.Abstract
Kemampuan menulis karya ilmiah seharusnya dimiliki oleh setiap guru. Apalagi dunia berada pada era 4.0, dimana pendidikan harus mampu menyesuaikan diri dengan pesatnya tekhnologi. Menulis karya ilmiah adalah salah satu hal yang mampu menjawab tantangan pendidikan kedepan. Karena dengan menulis salah satu wujud pengembangan profesi guru. Artikel ilmiah yang ditulis berdasarkan kegiatan pembelajaran, permasalahan-permasalahan yang ada serta harapan dan tujuan pembelajaran dimasa depan. Tentu saja dengan menulis berdasarkan pengalaman guru dalam mengajar, akan memperkaya keilmuan dan meningkatkan profesionalitas. Ditambah lagi artikel ilmiah yang ditulis dan dipublikasikan akan menambah angka kredit yang dapat digunakan untuk kenaikan pangkat bagi guru. Sayangnya , pada faktanya dilapangan sangat sedikit sekali guru yang mau dan mampu menulis artikel. Terutama di Kota Padangsidimpuan, peneliti mendapati banyak sekali guru-guru yang ingin berkonsultasi untuk menulis karya ilmiah. Namun pada akhirnya menghilang karena konsultasinya hanya sebatas pada kebutuhan kenaikan pangkat. PKM ini menjawab permasalahan bagi para guru yang kesulitan menulis artikel ilmiah tersebut, dengan pendampingan menulis artikel ilmiah dengan kelas intensif yaitu : (1) Motivasi menulis (2) prosedur dan teknik menyenangkan dalam menulis artikel ilmiah (3) publikasi karya ilmiah (4) praktek menulis artikel ilmiah. Target PKM ini adalah guru-guru SMA Negeri 2 Padangsidimpuan.References
Juknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru, dikutip dari Kepmendikbud No.02/O/1995: 44- 45)
Oemar Hamalik. (2003). Manajemen Bahasa Pengorganisasian Karangan Pragmatik dalam Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa dan Praktisi Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.SK MENPAN No.26/MENPAN/1989 tentang angka kredit bagi jabatan guru.
Zuhairini, dkk. ( 2012). Filsafat Pendidikan Islam: Bumi Aksara.
Sormin, A. S. ( 2017). Pengantar Pendidikan: slaka waskita.
Sormin, A. S. (2018) Workshop GURAME “Guru asyik menyenangkan / Fun Teachers†at Darul Hasan padaNG Sidhuan School.
Suryana. (2005). Bahasa Indonesia Untuk Penulisan Karya Ilmiah. Makalah Disampaikan Dalam Kegiatan Pelatihan Penulisan Bahan Kuliah (Buku Pegangan Kuliah), Universitas Negeri Semarang, 18-19 Mei 2008.
Suyanto. (2007). Makalah disampaikan dalam seminar KTI untuk guru di JATENG (11 Januari 2009).
Suyanto. (2009). Teknik Penulisan Artikel Ilmiah.Makalah disampaikan dalam Lokakarya Penulisan Jurnal Penelitian Humaniora di PPS Universitas Negeri Semarang, Semarang, 23Oktober2009.
Tatang, M. Amirin. (2006). Menulis Karya Ilmiah (Artikel). Makalah Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-guru se-Indonesia. Yogyakarta, 2-3 November.
UU nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).