Pendampingan penulisan penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru SMAN 2 Kota Padangsidimpuan

Authors

  • Ayunda Sabrina Sormin universitas muhammadiyah tapanuli selatan
  • Laila Tussifah Lubis Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
  • Heni Mulyani Pendidikan Kimia Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v6i1.14946

Keywords:

Artikelilmiah, Kelasintensifmenulis, Profesionalitasguru.

Abstract

Kemampuan menulis karya ilmiah seharusnya dimiliki oleh setiap guru. Apalagi dunia berada pada era 4.0, dimana pendidikan harus mampu menyesuaikan diri dengan pesatnya tekhnologi. Menulis karya ilmiah adalah salah satu hal yang mampu menjawab tantangan pendidikan kedepan. Karena dengan menulis  salah satu wujud pengembangan profesi guru. Artikel  ilmiah yang ditulis berdasarkan kegiatan pembelajaran, permasalahan-permasalahan yang ada serta harapan dan tujuan pembelajaran dimasa depan. Tentu saja dengan menulis berdasarkan pengalaman guru dalam mengajar, akan memperkaya keilmuan dan meningkatkan profesionalitas. Ditambah lagi artikel ilmiah yang ditulis dan dipublikasikan akan menambah angka kredit yang dapat digunakan untuk kenaikan pangkat bagi guru. Sayangnya , pada faktanya dilapangan sangat sedikit sekali guru yang mau dan mampu menulis artikel. Terutama di Kota Padangsidimpuan, peneliti mendapati banyak sekali guru-guru yang ingin berkonsultasi untuk menulis karya ilmiah. Namun pada akhirnya menghilang karena konsultasinya hanya sebatas pada kebutuhan kenaikan pangkat. PKM ini menjawab permasalahan bagi para guru yang kesulitan menulis artikel ilmiah tersebut, dengan pendampingan menulis artikel ilmiah dengan kelas intensif yaitu : (1) Motivasi menulis (2)  prosedur dan teknik  menyenangkan dalam menulis artikel ilmiah (3) publikasi karya ilmiah (4) praktek menulis artikel ilmiah. Target PKM ini adalah guru-guru SMA Negeri 2 Padangsidimpuan.

Author Biography

Ayunda Sabrina Sormin, universitas muhammadiyah tapanuli selatan

prodi pendidikan bahasa inggris

References

Juknis Pelaksanaan Angka Kredit Bagi Jabatan Guru, dikutip dari Kepmendikbud No.02/O/1995: 44- 45)

Oemar Hamalik. (2003). Manajemen Bahasa Pengorganisasian Karangan Pragmatik dalam Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa dan Praktisi Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.SK MENPAN No.26/MENPAN/1989 tentang angka kredit bagi jabatan guru.

Zuhairini, dkk. ( 2012). Filsafat Pendidikan Islam: Bumi Aksara.

Sormin, A. S. ( 2017). Pengantar Pendidikan: slaka waskita.

Sormin, A. S. (2018) Workshop GURAME “Guru asyik menyenangkan / Fun Teachers†at Darul Hasan padaNG Sidhuan School.

Suryana. (2005). Bahasa Indonesia Untuk Penulisan Karya Ilmiah. Makalah Disampaikan Dalam Kegiatan Pelatihan Penulisan Bahan Kuliah (Buku Pegangan Kuliah), Universitas Negeri Semarang, 18-19 Mei 2008.

Suyanto. (2007). Makalah disampaikan dalam seminar KTI untuk guru di JATENG (11 Januari 2009).

Suyanto. (2009). Teknik Penulisan Artikel Ilmiah.Makalah disampaikan dalam Lokakarya Penulisan Jurnal Penelitian Humaniora di PPS Universitas Negeri Semarang, Semarang, 23Oktober2009.

Tatang, M. Amirin. (2006). Menulis Karya Ilmiah (Artikel). Makalah Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-guru se-Indonesia. Yogyakarta, 2-3 November.

UU nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2023-02-27