Menumbuhkan minat baca masyarakat Desa Tenggun Dajjah Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan Madura melalui perpustakaan desa

Himma Ellhaya(1*), Achmad Room Fitrianto(2)

(1) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Di era globalisasi ini, masyarakat mempunyai peran yang sangat penting dalam mencerdaskan serta memajukan negara. Dalam hal ini literasi sangatlah diperlukan karena membaca adalah kegiatan yang sangat bermanfaat dan sangat penting dalam kehidupan kita. Banyak orang yang sukses dan cerdas karena kecintaan mereka terhadap buku. Perpustakaan sebagai jantung dari pengetahuan memiliki peran yang sangat penting terhadap perkembangan pendidikan dan budaya membaca. Perpustakaan merupakan suatu ruangan atau bagian dari gedung yang berisi buku-buku koleksi yang diatur dan disususun sedemikian rupa sehingga mudah untuk dicari dan dipergunakan apabila sewaktu-waktu diperlukan oleh pembaca. Perpustakaan berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa. Perpustakaan yang terorganisir secara baik dan sistematis secara langsung ataupun tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di sekolah atau tempat perpustakaan tersebut berada. Mengingat pentingnya perpustakaan sebagai penunjang pendidikan masyarakat, maka MEES ( Mahasiswa Entrepreneurship Ekonomi Syariah ) berupaya untuk membangun dan mendirikan perpustakaan untuk masyarakat yang belum mempunyai fasilitas perpustakaan di daerahnya. Daerah yang dipilih untuk dibangun perpustakaan berlokasi di desa Tenggun Dajjah Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan.  

Keywords


Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Asnawi. (2015). Perpustakaan Desa Sebagai Sumber Layanan Informasi Utama, 22(3), https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/download/210/202 diakses pada tanggal 11 Januari pukul 08.00 WIB.

Acmad, R.F., Dkk. (2020). Membangun Kesadaran Masyarakat Pemeliharaan Bendungan Gondrok: Sebuah Aksi Partispatorif dalam Memelihara Irigasi Pertanian di Desa Bedohon, Jiwan, Madiun, Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 80.

Mubasyaroh. (2016). Pengaruh Perpustakaan bagi Peningkatan Mutu Pendidikan Perguruan Tinggi, Jurnal Libraria, 4(1), 81-83.

Acmad, R.F. (2017). Religious Activities and Empowerment: Sustainable Livelihood Framework Approach in Enhancing the Desa Desa Luworo Potencies, Journal IAIN Gorontalo, 17(1):226-247).

Darmono. (2015). Layanan Perpustakaan Desa Untuk Manumbuhkan Kegemaran Membaca Masyarakat. Malang: Universitas Negeri Malang.

Arif, M. (2016). Pengaruh Perpustakaan Gampong Terhadap Minat Baca Buku Agama Bagi Masyarakat Lambaro Kecamatan Kuta Malaka Aceh Besar’’. Skripsi--Ar Aniry Darussalam-Banda Aceh.

Rahmawati, Ratih; Blasius Sudarsono. (2012). Perpustakaan Untuk Rakyat: Dialog Anak dan Bapak Ratih Rahmawati, Blasius Sudarsono. Jakarta: Sagung Seto.

Undang-Undang Republik Indonesia pasal 3 Nomor 43 2007 Tentang Perpustakaan.

Samsuri, Adriani Dkk. (2021). Pendekatan Abcd Untuk Meningkatkan Literasi Di Madrasah, Buletin Abdi Masyarakat Vol. 1 No. 2.

Munawar (2007). Asset Based Communities Development (ABCD): Tipologi KKN Partisipatif UIN Sunan Kalijaga Studi Kasus Pelaksanaan KKN Ke-61 di Dusun Ngreco Surocolo, Selohardjo, Pundong, Bantul Tahun Akademik. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, Vol. VIII. No. 2.

Rahmawati (2021). Sistem Repositori di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.22460/as.v6i1.16256

Article Metrics

Abstract view : 144 times
PDF - 29 times

Refbacks



Publisher Address:

Jl. Terusan Jend. Sudirman, Baros, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat 40521

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarkat, IKIP Siliwangi
Gedung A Lantai 2 Ruang A24

Email: abdimassiliwangi@gmail.com
Click to access: Abdimas Siliwangi


E-ISSN : 2614-6339

P-ISSN : 2614-7629


View My Stats