Upaya menurunkan penggunaan gadget melalui media promosi kesehatan pada siswa SDN 43 Sungai Sapih Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v6i2.16407Abstract
Penggunaan gadget seperti handphone atau smartphone yang tidak bijak pada anak-anak akan berpengaruh buruk kepada perkembangan fisik dan perilakunya. Untuk itu penyuluhan kepada anak-anak pengguna gadget perlu di tanamkan sejak dini agar mereka dapat mengatur waktu antara bermain, belajar dan mengetahui dampak negatif penggunaan gadget jika pemakaian gadget yang tidak bijak, dengan demikian diharapkan gadget hanya dimanfaatkan kepada hal-hal yang positif bagi anak. Kegiatan diawali dengan persiapan untuk bekerja sama dengan mitra, kemudain mempersiapkan materi penyuluhan sesuai dengan permasalahan mitra. Kegiatan penyuluhan promosi kesehatan tentang “Upaya Menurunkan Penggunaan Gadget Melalui Media Promosi Kesehatan Pada Siswa SD Negeri 43 Sungai Sapih, Kota Padang†diawali dengan pre-test kemudian materi penyuluhan dan ditutup dengan post-test. Peserta promosi kesehatan adalah siswa kelas 4, 5 dan 6 dan dilakukan di aula SD Negeri 43 Sungai Sapih. Pelaksanaan kegiatan ini, penyampaian materi menggunakan PPT yang berisi gambar dan juga memberikan materi informatif yang singkat dan menarik melalui brosur. Hasil evaluasi kegiatan untuk menilai keberhasilan dan manfaat kegiatan ini terhadap pengetahuan mengenai dampak penggunaan gadget dilakukan pengukuran atau observasi dengan pre-test dan post-test. Hasilnya terdapat peningkatan pengetahuan peserta pengabdian terhadap gadget dan dampaknya.
References
Abdulatif, S., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1490–1493.
Anggraeni, S. (2019). Pengaruh Pengetahuan Tentang Dampak Gadget Pada Kesehatan Terhadap Perilaku Penggunaan Gadget Pada Siswa SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Faletehan Health Journal, 6(2), 64–68. https://doi.org/10.33746/fhj.v6i2.68
Bramantha, H. (2020). Pemanfaatan Media Promosi Kesehatan Dalam Pemberdayaan Program Diet Gadget Bagi Siswa Sekolah Dasar. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4(2), 295. https://doi.org/10.36841/integritas.v4i2.784
Hermaningsih, H., Kuswardanhi, N., & Hayati, K. (2016). Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. IbM Kelompok Usaha Bersama Aneka Cemilan “Dua Putera,†(1), 1–45.
Hidayati, R. (2020). Peran Orang Tua : Komunikasi Tatap Muka Dalam Mengawal Dampak Gadget Pada Masa Golden Age. SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 1–10. https://doi.org/10.35308/source.v5i2.1396
Hudaya, A. (2018). Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik. Research and Development Journal of Education, 4(2), 86–97. https://doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380
Lestari, I., Riana, A. W., & Taftazani, B. M. (2015). Pengaruh Gadget Pada Interaksi Sosial Dalam Keluarga. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 204–209. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13280
Puji Asmaul Chusna. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, vol 17(no 2), 318.
Sa’diyah, H. (2020). Program “Pembatasan Penggunaan Smartphone Pada Anak†Di Rw 18 Leles, Condongcatur, Yogyakarta. Jurnal PIKOM (Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan), 21(2), 117. https://doi.org/10.31346/jpikom.v21i2.2441
Siska Dhewi, A. Z. A. A. (2019). Upaya Peningkatan Pengetahuan Tentang Dampak Gadget Bagi Kesehatan Melalui Promosi Kesehatan Dengan Media Alat Permainan Edukatif. Prosiding Hasil-Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2020, 343–353.
Subarkah, M. A. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 125–139. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1374
Sunita, I., & Mayasari, E. (2018). Pengawasan Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak. Jurnal Endurance, 3(3), 510. https://doi.org/10.22216/jen.v3i3.2485
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).