Revitalisasi nilai strategis revolusi mental melalui KKN tematik pada masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Neneng Maelasari Universitas Bale Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v6i2.16820

Keywords:

Revitalisasi, Nilai Strategis Revolusi Mental, dan Pandemi Covid-19

Abstract

Permasalahan yang dialami masyarakat saat ini pada umumnya adalah krisis identitas, integritas, kurang semangat dalam bekerja, dan melemahnya jiwa gotong royong. Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan kesadaran masyarakat  dalam menerapkan protokol kesehatan pada masa pandemi covid-19 dan untuk   merevitalisasi nilai-nilai strategis revolusi mental yang sudah terkikis, khususnya di Desa Sukasari Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung. Revolusi mental merupakan gerakan nasional untuk mengubah cara pandang, pola pikir, sikap, nilai-nilai, dan perilaku bangsa Indonesia untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian. Revolusi mental bertumpu pada tiga nilai strategis, yakni nilai-nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong. Kegiatan merevitalisasi nilai strategis ini dilaksanakan melalui kegiatan kuliah kerja nyata mahasiswa Universitas Bale Bandung dengan tema “KKN Tematik Pandemi Covid-19â€. Kegiatan KKN merupakan salah satu implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Program KKN sangat penting bagi masyarakat karena memberi kontribusi pada masyarakat berupa pemikiran dan tenaga untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengembangkan berbagai kegiatan di masyarakat.  Hasil pengabdian ini adalah dapat meminimalisasi masyarakat dalam mengimplementasikan nilai-nilai strategis revolusi mental. Dalam pelaksanaan pengabdian pada masyarakat tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan mengimplementasikan revitalisasi nilai-nilai strategis revolusi mental melalui kuliah kerja nyata tematik, dapat mengubah perilaku dan mindset masyarakat Desa Sukasari Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung ke arah yang lebih baik.

References

Aryani, N. (2021). Laporan kuliah kerja nyata tematik pandemi covid-19. Bandung: Unibba.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Supriatna, E. (2015). Implementasi nilai-nilai profetik dalam pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pendidikan moral pergaulan remaja. Prosiding Seminar Internasional Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya. Malang: UMM.

Setiawan, E. (2021). Gerakan nasional revolusi mental. Jakarta: Menko PMK RI.

Shuida, Nyoman. (2011). Revitalisasi gerakan nasional revolusi mental. Jakarta: Menko PMK Ri.

Unibba. (2021). Panduan pelaksanaan kuliah kerja nyata (KKN) daring Universitas Bale Bandung “KKN Tematik Pandemi Covid-19 2021â€. Bandung: Unibba.

Permenko PMK RI. (2021). Pedoman umum gerakan nasional revolusi mental no. 6 tahun 2021. Jakarta: Menko PMK RI.

Aliyyah, R.R. dkk. (2021). KKN: Pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan pendampingan pendidikan. [Online]. Diakses dari https://journal.ummat.ac.id.

Umar, A dkk. (2021). Peranan KKN sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat di tengah pandemi vovid-19. [Online]. Diakses dari https://stp.mataram.e-journal.id

Menko PMK. (2015). Gerakan nasional revolusi mental menuju masyarakat madani. [Online]. Diakses dari https://baperlitbang.kendakab. go.id

Menko PMK. (2021). Implementasi gerakan nasional revolusi mental. [Online]. Diakses dari http://pbi.teknokrat.ac.id

Downloads

Published

2023-10-21

Issue

Section

Articles