Pengenalan digital marketing dalam upaya mendukung gerakan indonesia melayani pada BUMDES Desa Bojongsoang
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v6i2.16821Keywords:
BUMDes, Pengenalan Digital Marketing, e-commerceAbstract
Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini dilaksanakan dalam rangka membantu program pemerintah dalam mendukung Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) Gerakan Indonesia Melayani, sehingga diperlukan pelaku bisnis yang berkualitas dengan memikirkan metode pemasaran yang tepat agar barang yang dijualnya laku dipasaran. Masalah utama yang dihadapi oleh BUMDes Desa Bojongsoang adalah kurangnya pengetahuan dalam memasarkan produknya secara online khususnya pada e-commerse. Minimnya pengetahuan BUMDes mengenai digital marketing menginspirasi tim pengabdian kepada masyarakat untuk mengenalkan dan memberikan pelatihan mengenai penggunaan social media. Sehingga diharapkan BUMDes akan termotivasi untuk menggunakan digital marketing sebagai sarana komunukasi dan peluang bisnis untuk usahanya, serta dapat secara langsung memanfaatkan media social tersebut. Berdasarkan masalah tersebut, maka solusi yang ditawarkan kepada BUMDes Desa Bojongsoang adalah dengan memberikan materi-marei yang berkaitan dengan digital marketing, metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab dan simulasi. Adapun tujuan dari PPM ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam memanfaatkan peluang pemasaran melalui media social.
References
Asis, P. H., Marjani, M., & Ma’ruf, A. A. (2020). Penggunaan Pemasaran Digital (Digital Marketing) Sebagai Pendukung Pengembangan Usaha Pada Kelompok Pengrajin Anoa Art. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 345–352. https://doi.org/10.31960/caradde.v2i2.344
Fadhillah, R. R., Indrayanto, A., Jati, D. P., Soedirman, U. J., Soedirman, U. J., Soedirman, U. J., & Pemasaran, B. (2022). Analisis strategi pemasaran bumdes kartika mandiri desa karangkemiri kecamatan pekuncen kabupaten banyumas. 628–642.
Kristiana, A., Syaifulloh, M., & Riono, S. B. (2021). Analisa Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Di Rsu Islami Mutiara Bunda. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 16(1), 104–114.
Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
Pramiana, O., & Gilang, M. R. (2021). Pendampingan Digital Marketing Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Puri Makmur Guna Optimalisasi Pemasaran. COMVICE: Journal Of Community Service, 6(1), 5–12. https://doi.org/10.26533/comvice.v6i1.858
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01
Sanjaya, P. K. A., Hartati, N. P. S., & Premayani, N. W. W. (2020). “Pemberdayaan Pengelola Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes ) Berdikari Melalui Implementasi Digital Marketing System.†Carrade : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 65–75. https://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde%0Ahttps://doi.org/10.31960/caradde.v3i2.467
Septiningrum, L. D., Sadiyah, K., Hasan, J. M., Gustiasari, D. R., & Darsita, I. (2020). Pengenalan digital marketing dalam upaya meningkatkan penghasilan ibu rumah tangga (IRT) Majlis Taklim Al Auladiyah. Dedikasi Pkm, 1(3), 1. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i3.7401
Sucipto, H., & Lailani, L. (2021). Memajukan Produk BUMDes Di Era Pemasaran Digital BUMDes Loh Jinawi. SNEB: Seminar Nasional …, 1–10. http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/SNEB/article/view/791
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).