Pengenalan digital marketing dalam upaya mendukung gerakan indonesia melayani pada BUMDES Desa Bojongsoang

Authors

  • Khilda Nistrina Universitas Bale Bandung
  • Rosmalina Rosmalina Universitas Bale Bandung
  • Sukirman Sukirman Universitas Bale Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v6i2.16821

Keywords:

BUMDes, Pengenalan Digital Marketing, e-commerce

Abstract

Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini dilaksanakan dalam rangka membantu program pemerintah dalam mendukung Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) Gerakan Indonesia Melayani, sehingga diperlukan pelaku bisnis yang berkualitas dengan memikirkan metode pemasaran yang tepat agar barang yang dijualnya laku dipasaran. Masalah utama yang dihadapi oleh BUMDes Desa Bojongsoang adalah kurangnya pengetahuan dalam memasarkan produknya secara online khususnya pada e-commerse. Minimnya pengetahuan BUMDes mengenai digital marketing menginspirasi tim pengabdian kepada masyarakat untuk mengenalkan dan memberikan pelatihan mengenai penggunaan social media. Sehingga diharapkan BUMDes akan termotivasi untuk menggunakan digital marketing sebagai sarana komunukasi dan peluang bisnis untuk usahanya, serta dapat secara langsung memanfaatkan media social tersebut. Berdasarkan masalah tersebut, maka solusi yang ditawarkan kepada BUMDes Desa Bojongsoang adalah dengan memberikan materi-marei yang berkaitan dengan digital marketing, metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab dan simulasi. Adapun tujuan dari PPM ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam memanfaatkan peluang pemasaran melalui media social.

References

Asis, P. H., Marjani, M., & Ma’ruf, A. A. (2020). Penggunaan Pemasaran Digital (Digital Marketing) Sebagai Pendukung Pengembangan Usaha Pada Kelompok Pengrajin Anoa Art. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 345–352. https://doi.org/10.31960/caradde.v2i2.344

Fadhillah, R. R., Indrayanto, A., Jati, D. P., Soedirman, U. J., Soedirman, U. J., Soedirman, U. J., & Pemasaran, B. (2022). Analisis strategi pemasaran bumdes kartika mandiri desa karangkemiri kecamatan pekuncen kabupaten banyumas. 628–642.

Kristiana, A., Syaifulloh, M., & Riono, S. B. (2021). Analisa Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Di Rsu Islami Mutiara Bunda. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 16(1), 104–114.

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Pramiana, O., & Gilang, M. R. (2021). Pendampingan Digital Marketing Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Puri Makmur Guna Optimalisasi Pemasaran. COMVICE: Journal Of Community Service, 6(1), 5–12. https://doi.org/10.26533/comvice.v6i1.858

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Sanjaya, P. K. A., Hartati, N. P. S., & Premayani, N. W. W. (2020). “Pemberdayaan Pengelola Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes ) Berdikari Melalui Implementasi Digital Marketing System.†Carrade : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 65–75. https://journal.ilininstitute.com/index.php/caradde%0Ahttps://doi.org/10.31960/caradde.v3i2.467

Septiningrum, L. D., Sadiyah, K., Hasan, J. M., Gustiasari, D. R., & Darsita, I. (2020). Pengenalan digital marketing dalam upaya meningkatkan penghasilan ibu rumah tangga (IRT) Majlis Taklim Al Auladiyah. Dedikasi Pkm, 1(3), 1. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i3.7401

Sucipto, H., & Lailani, L. (2021). Memajukan Produk BUMDes Di Era Pemasaran Digital BUMDes Loh Jinawi. SNEB: Seminar Nasional …, 1–10. http://ejournal.stiedewantara.ac.id/index.php/SNEB/article/view/791

Downloads

Published

2023-10-21

Issue

Section

Articles