Pelatihan e-modul matematika menggunakan aplikasi flip PDF corporate edition bagi guru SD Muhammadiyah Ambarawa

Authors

  • Ana Istiani UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PRINGSEWU
  • Siti Khoiriyah
  • Rahmatika Kayyis UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PRINGSEWU

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v6i2.17090

Keywords:

Pelatihan, e-modul, matematika, flip pdf

Abstract

Program Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi, pelatihan, kepada guru-guru di SD Muhammadiyah Ambarawa tentang penyusunan e-modul Matematika menggunakan Flip Pdf Coorporate Edition. Metode kegiatan PKM yang dilaksanakan terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Kegiatan pada tahap persiapan yaitu observasi sekolah, menganalisis permasalahan disekolah, merancang solusi terhadap permasalahan, merancang buku panduan penyusunan e-modul, dan mendata guru. Kegiatan pada tahap pelaksanaan yaitu memberi informasi dalam bentuk pelatihan tentang bagaimana penyusunan modul yang baik, dan merubah modul menjadi e- modul menggunakan aplikasi Flip PDF Corporate Edition. Kegiatan pada tahap evaluasi yaitu guru menyusun modul pembelajaran matematika dan merubahnya dalam bentuk e-modul. Hasil dari pengabdian ini adalah pelatihan ini selain mendapatkan respon yang baik juga dinilai dapat meningkatkan   pengetahuan   dan   kemampuan   guru   SD  Muhammadiyah Ambarawa dalam melaksanakan  proses  pembelajaran dalam menyusun e-modul dengan menggunakan flip pdf corporate edition. Implikasi  pengabdian  ini  dapat dijadikan  sebagai  sumber atau landasan bagi  dosen atau praktisi  pendidikan untuk   meningkatkan   kualitas   mutu guru dan mutu proses pembelajaran  dalam   menghadapi   pembelajaran di era serba digital.

Author Biographies

Ana Istiani, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PRINGSEWU

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PRINGSEWU

Rahmatika Kayyis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PRINGSEWU

Dosen dari jurusan pendidikan bahasa Inggris

References

Feriyanti, N., Hidayat, S., & Ismawati, L. (2019). Pengembangan E-Modul Matematika Untuk Siswa SD. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 1–12.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Turnip, R., Rufi’i, R., & Karyono, H. (2021). JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 9(2), 485–498.

Downloads

Published

2023-10-21

Issue

Section

Articles