Implementasi kegiatan bazar umkm sebagai upaya dalam memperkuat ketahanan pangan di Kelurahan Amborawang Darat

Authors

  • Hibrizi Barts Balikpapan University

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v6i2.17246

Keywords:

ketahanan pangan, bazar UMKM, Amborawang Darat

Abstract

Faktor penyebab krisis pangan di Kelurahan Amborawang Darat antara lain, banyak tenaga kerja produktif yang memilih bekerja di perkantoran, kurangnya pengetahuan masyarakat dalam pengelolaan UMKM sehingga tidak dapat dimaksimalkan potensinya, dan rusaknya lahan pertanian akibat adanya kegiatan pertambangan di sekitar area lahan. Berdasar kondisi di lapangan serta melihat kondisi UMKM di Kelurahan Amborawang Darat, maka peneliti melakukan kegiatan bazar sebagai strategi dalam memperkuat ketahanan pangan. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui proses pengamatan, wawancara dengan para pelaku UMKM yang terlibat dalam pelaksanaan bazar UMKM, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan peneliti yaitu pendekatan partisipatif karena langsung terlibat dalam kegiatan bazar UMKM. Pelaksanaan bazar UMKM membawa berbagai dampak positif bagi masyarakat di Kelurahan Amborawang Darat antara lain; 1) peningkatan penjualan produk melalui stand bazar UMKM, 2) lebih dikenalnya produk UMKM di Kelurahan Amborawang Darat, 3) masyarakat dapat melakukan promosi sehingga pangsa pasar menjadi lebih luas.

References

Charistia, A. Y., & Yenny. (2020). Promosi jasa berbasis daring oleh elsphotography sub melalui instagram. Soetomo Communication and Humanities, 1(1), 32–45. https://doi.org/10.25139/sch.v1i1.2856

Christina, P., Mulyono, G., & Tanaya, F. (2019). Perancangan Booth Flatpack untuk Bazar Makanan dan Minuman di Mall Surabaya. Jurnal Intra, 7(2), 703–705.

Faatihah, A., Sukayat, Y., Setiawan, I., & Judawinata, M. G. (2021). Pandemi covid-19: keterpurukan dan kebangkitan pertanian strategi mempertahankan ketersediaan pangan pokok rumah tangga petani padi pada masa pandemi covid-19 (Studi Kasus: Desa Pelem, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah) PANDEMIC. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(1), 309–319.

Karimah, A., & Nawawi, Z. M. (2022). Peran Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan terhadap Pelaku UMKM Dalam Upaya Memperluas Pasar Produk UMKM. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 291–297. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v2i3.1372

Kurniawati, W., Erviana, L., & Desstya, A. (2020). Solusi Ketahanan Pangan Rumah Tangga Perkotaan Saat Pandemi Covid-19. July, 95–100.

Mayangsari, A., & Sulistyaningsih. (2022). Sosialisasi pemakaian mesin transplanter dalam penanaman padi menuju ketahanan pangan di Desa Wringin Anom, Kabupaten Situbondo. Jurnal Pengabdian Bersama Masyarakat Indonesia, 1(3), 53–59. https://doi.org/https://doi.org/10.59031/jpbmi.v1i1.42

Nurmawati, A., Zakaria, K. A., & Puspita, D. (2020). Survival UMKM Dalam Pengembangan Ekonomi Desa Pasca Pandemi Covid-19 di Desa Ngeni Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar. Jurnal At-Tamwil, 4(2), 120–140. https://doi.org/https://doi.org/10.33367/10.33367/at.v4i2.1469 Survival

Purnomo, G. H., P, B. P. P., & Rahmadianto, S. A. (2021). Rebranding Umkm Macnfish.Id Untuk Meningkatkan Brand Awareness Untuk Konsumen Usia 17-38 Tahun Di Kota Surabaya. Sainsbertek Jurnal Ilmiah Sains & Teknologi, 2(1), 73–85. https://doi.org/10.33479/sb.v2i1.130

Rimadhani, A., & Abduh, M. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Performa Akademik Siswa Berlatar Belakang Status Sosial Ekonomi Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6203–6210. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3200

Sarkawi, O., & Akbari, D. M. (2022). Implementasi Model-Model Pembelajaran Oleh Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Sma Se-Kota Langsa. Jurnal Olahraga Rekreasi Samudra (JORS) : Jurnal Ilmu Olahraga, 5(2), 39–44. https://ejurnalunsam.id/index.php/jors

Wahsun. (2023). Implementasi Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hard Skills Dan Soft Skill Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 1349–1358. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.10973

Yuningsih, N., Asral, & Harisandi, P. (2023). Pemberdayaan dan pemasaran produk umkm kab.bekasi melalui bazar umkm. Jurnal Pengabdian Bersama M, 1(3), 16–21. https://doi.org/https://doi.org/10.59031/jpbmi.v1i1.39

Downloads

Published

2023-10-21

Issue

Section

Articles