Membangun sikap peduli kepada orangtua melalui audio visual pada anak tingkat SD di Lingkungan Cihanjawar Kolot Rt 01

Authors

  • Cut Eva STAI DR KHEZ MUTTAQIEN
  • Adriansah Adriansah STAI DR KHEZ MUTTAQIEN

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v6i2.17252

Abstract

Dibawah naungan masyarakat lingkungan cihanjawar kolot rt 01 yang berjumlah anak tingkat sd 12 orang, 1 pengajar dengan latar belakang alumni santri. Dikarnakan keterbatasan jumlah pengajar  dan beragamnya latar belakang dan bidang Pendidikan. Dalam Pendidikan moral meliputi pendekatan-pendekatan dan motode-metode yang mengajarkan peerta didik tentang pengetahuan, sikap, keyakinan, keterampilan/skill, dan tingkah laku moral yang dikatakan baik, benar, adil, peduli terhadap sesamadan lain sebagainya. Tujuan membangun sikap peduli kepada orangtua adalah untuk menghasilkan indivisu yang memiliki kepribadian yang mandiri yang mampu mengenal nilai-nilai moral dan memiliki komitmen sikap peduli terhadap prilaku yang konsisten dengan nilai-nilai moral tersebut inovasi dan kreativitas masih rendah yang berimplikasi pada proses penyelenggaraan Pendidikan dan pengajaran yang berlangsung, seperti kemampuan merancang rencana membangun siakp peduli kepada orangtua tingat sd dan penggunaan media audio visual.

References

Mustamin, Anggo. (2015). Pelibatan metakognisi dalam pemecahan masalah matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika.

Nelissen, J. M. . (1999). Thinking skills in realistic mathematics. Teaching and learning thinking skills. 1981, 189–213.

Zahra, dkk (2021). Pendampingan penggunaan media audio visual dan lesson plan dalam pembelajaran di lembaga Pendidikan al-ma’arif kuningan.

Yuliani, E. (2011). Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan menyimak dongeng pada siswa kelas I SDN 6 Jimbung Klaten tahun pelajaran 2010/2011.

Kurniawan, H. (2012). Pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran sejarah yang konstruktivistik studi kasus pada siswa kelas XI Ilmu Sosial 1 SMA Regina Pacis Surakarta. UNS (Sebelas Maret University).

Subianto, Y.A. (2008). Desain komunikasi visual sarana pembelajaran bahasa mandarin terhadap anak-anak (studi kasus di SD Marsudirini Surakarta).

Makiyah, U. (2011). Upaya peningkatan motivasi belajar siswa melalui penggunaan media audio visual pada mata pelajaran IPS Di Kelas V SDN Cempaka Putih 01. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Qudsyi, H. (2013) ‘Menanamkan moral pada anak melalui metode bercerita’, Psikologika:Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 18(1), pp. 25–37.

Ritonga, S. K. (2013). Penerapan pembelajaran tematik dengan bantuan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi rukun Islam pada mata pelajaran fikih di Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri Medan.’ Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

Muhlisin, A. (2013). Ekowisata sebagai penunjang pembelajaran kontekstual menumbuhkan sikap kepedulian lingkungan’, Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), pp. 1–12.

Ibda, F. (2012). Pendidikan moral anak melalui pengajaran bidang studi PPKn dan pendidikan agama, Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(2).

Downloads

Published

2023-10-21

Issue

Section

Articles