Membangun sikap peduli kepada orangtua melalui audio visual pada anak tingkat SD di Lingkungan Cihanjawar Kolot Rt 01
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v6i2.17252Abstract
Dibawah naungan masyarakat lingkungan cihanjawar kolot rt 01 yang berjumlah anak tingkat sd 12 orang, 1 pengajar dengan latar belakang alumni santri. Dikarnakan keterbatasan jumlah pengajar dan beragamnya latar belakang dan bidang Pendidikan. Dalam Pendidikan moral meliputi pendekatan-pendekatan dan motode-metode yang mengajarkan peerta didik tentang pengetahuan, sikap, keyakinan, keterampilan/skill, dan tingkah laku moral yang dikatakan baik, benar, adil, peduli terhadap sesamadan lain sebagainya. Tujuan membangun sikap peduli kepada orangtua adalah untuk menghasilkan indivisu yang memiliki kepribadian yang mandiri yang mampu mengenal nilai-nilai moral dan memiliki komitmen sikap peduli terhadap prilaku yang konsisten dengan nilai-nilai moral tersebut inovasi dan kreativitas masih rendah yang berimplikasi pada proses penyelenggaraan Pendidikan dan pengajaran yang berlangsung, seperti kemampuan merancang rencana membangun siakp peduli kepada orangtua tingat sd dan penggunaan media audio visual.
References
Mustamin, Anggo. (2015). Pelibatan metakognisi dalam pemecahan masalah matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika.
Nelissen, J. M. . (1999). Thinking skills in realistic mathematics. Teaching and learning thinking skills. 1981, 189–213.
Zahra, dkk (2021). Pendampingan penggunaan media audio visual dan lesson plan dalam pembelajaran di lembaga Pendidikan al-ma’arif kuningan.
Yuliani, E. (2011). Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan menyimak dongeng pada siswa kelas I SDN 6 Jimbung Klaten tahun pelajaran 2010/2011.
Kurniawan, H. (2012). Pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran sejarah yang konstruktivistik studi kasus pada siswa kelas XI Ilmu Sosial 1 SMA Regina Pacis Surakarta. UNS (Sebelas Maret University).
Subianto, Y.A. (2008). Desain komunikasi visual sarana pembelajaran bahasa mandarin terhadap anak-anak (studi kasus di SD Marsudirini Surakarta).
Makiyah, U. (2011). Upaya peningkatan motivasi belajar siswa melalui penggunaan media audio visual pada mata pelajaran IPS Di Kelas V SDN Cempaka Putih 01. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
Qudsyi, H. (2013) ‘Menanamkan moral pada anak melalui metode bercerita’, Psikologika:Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 18(1), pp. 25–37.
Ritonga, S. K. (2013). Penerapan pembelajaran tematik dengan bantuan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi rukun Islam pada mata pelajaran fikih di Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri Medan.’ Pascasarjana UIN Sumatera Utara.
Muhlisin, A. (2013). Ekowisata sebagai penunjang pembelajaran kontekstual menumbuhkan sikap kepedulian lingkungan’, Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), pp. 1–12.
Ibda, F. (2012). Pendidikan moral anak melalui pengajaran bidang studi PPKn dan pendidikan agama, Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).