Upaya peningkatan motivasi siswa dalam melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi di Desa Langkaplancar Kabupaten Pangandaran
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v6i3.17503Keywords:
Seminar, Motivasi, PendidikanAbstract
Seiring perkembangan zaman, peran pendidikan di perguruan tinggi sangatlah penting untuk menyiapkan siswa menjadi pribadi yang memiliki kemampuan untuk bisa mengembangkan dirinya lebih maju lagi. Berdasarkan hasil dari survey lapangan data siswa yang melanjutkan pendididikan keperguruan tinggi di desa langkaplancar masih kurang, serta motivasi mereka untuk melajutkan ke jenjang perguruan tinggi masih rendah. Kenyataannya saat ini di Desa Langkaplancar banyak lulusan SMA/sederajat yang memutuskan untuk tidak meneruskan pendidikan ke Perguruan Tinggi, ada yang memilih untuk bekerja atau bahkan menganggur karena faktor ekonomi dan kurangnya motivasi melanjutkan. Salahsatu ikhtiar yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah diadakannya kegiatan Seminar Education Motivation Traning. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan motivasi siswa untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi atau ke perguruan tinggi dan untuk menumbuhkan kesadaran semua pihak khususnya orangtua dalam memberikan dukungan terhadap anak (siswa/siswi) agar melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi atau perguruan tinggi.
Kata Kunci : Seminar, Motivasi, Pendidikan
References
Adi,S., & Wahid, W., (2020) Pendidikan karakter diera milenial. Seleman : Surya media.
https://goodstats.id/article/menilik-indeks-pembangunan-manusia-indonesia-2022-kmwFF
Dani, Nur Saputra., ( 2021) Landasan Pendidikan. (Bandung : CV. Media sains Indonesia).
Muhsaleh, M., (2019) Kewirausahaan Pendidikan.Tangerang. CV Budi utama.
Novena Ade Fredyarini Soedjiwo (2019) Implementasi Mata Kuliah Par (Participatory Action Research) Di Tpq Al-Magfiroh Denpasar Bali
Nofrion, N., (2016) Komunikasi Pendidikan, (Jakarta : CV Kencana).
Rifda, R., (2020) Perkembangan Belajar. (Malang : Literasi Nusantara).
Rusydi Ananda, (2020). Variabel Belajar (Kompilasi Konsep), (Medan : CV. Pusdikra Mitra Jaya).
Saefuddin Azwar, 1990. Makalah Motivasi dalam Belajar, Yogyakarta.
Nurjan, Syarifan. Psikologi Belajar (Ponorogo : Penerbit Wade Group)
Suhar, S., (2018) Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. (Jakarta : Terbitan Kdt).
Syafril, S., & Zen, Z., (2017) Dasar Dasar Ilmu Pendidikan. (Depok : Kencana).
Winarno, W., (2009) Pendidikan Nasional Jakarta. Kompas media n(usantara.
Yusuf, H., (2004) Menyemai benih Pendididikan, (Rawamangun. CV Kencana).
Yusuf, H., (2004) Menyemai Benih Teknologi Pendidikan Kencana.
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).