Upaya peningkatan motivasi siswa dalam melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi di Desa Langkaplancar Kabupaten Pangandaran

Authors

  • Jenal Abidin STITNU Al-Farabi Pangandaran

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v6i3.17503

Keywords:

Seminar, Motivasi, Pendidikan

Abstract

Seiring perkembangan zaman, peran pendidikan di perguruan tinggi sangatlah penting untuk menyiapkan siswa menjadi pribadi yang memiliki kemampuan untuk bisa mengembangkan dirinya lebih maju lagi. Berdasarkan hasil dari survey lapangan data siswa yang melanjutkan pendididikan keperguruan tinggi di desa langkaplancar masih kurang, serta motivasi mereka untuk melajutkan ke jenjang perguruan tinggi masih rendah. Kenyataannya saat ini di Desa Langkaplancar banyak lulusan SMA/sederajat yang memutuskan untuk tidak meneruskan pendidikan ke Perguruan Tinggi, ada yang memilih untuk bekerja atau bahkan menganggur karena faktor ekonomi dan kurangnya motivasi melanjutkan. Salahsatu ikhtiar yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah diadakannya kegiatan Seminar Education Motivation Traning. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan motivasi siswa untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi atau ke perguruan tinggi dan untuk menumbuhkan kesadaran semua pihak khususnya orangtua dalam memberikan dukungan terhadap anak (siswa/siswi) agar melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi atau perguruan tinggi.

Kata Kunci : Seminar, Motivasi, Pendidikan

Author Biography

Jenal Abidin, STITNU Al-Farabi Pangandaran

Mohon arahan dan bimbingannya Penulis masih sedang belaar menulis. Terimakasih.

References

Adi,S., & Wahid, W., (2020) Pendidikan karakter diera milenial. Seleman : Surya media.

https://pangandaran.indonesiasatu.co.id/stitnu-al-farabi-gelar-educational-motivation-training-di-gedung-serbaguna-desa-langkaplancar

https://goodstats.id/article/menilik-indeks-pembangunan-manusia-indonesia-2022-kmwFF

https://mataram.antaranews.com/berita/239743/indeks-pembangunan-manusia-indonesia-duduki-peringkat-130-dunia#:~:text=Jakarta%20(ANTARA)%20%2D%20Badan%20Kependudukan,dari%20199%20negara%20di%20dunia.

https://www.bps.go.id/pressrelease/2022/11/15/1931/indeks-pembangunan-manusia--ipm--indonesia-tahun-2022-mencapai-72-91--meningkat-0-62-poin--0-86-persen--dibandingkan-tahun-sebelumnya--72-29-.html#:~:text=Youtube-,Indeks%20Pembangunan%20Manusia%20(IPM)%20Indonesia%20tahun%202022%20mencapai%2072%2C,tahun%20sebelumnya%20(72%2C29)

https://www.cnbcindonesia.com/research/20230314113834-128-421482/soal-pembangunan-manusia-ri-kudu-belajar-dari-negara-ini

https://goodstats.id/article/menilik-indeks-pembangunan-manusia-indonesia-2022-kmwFF#:~:text=Pulih%20semakin%20kuat%20pasca%20pandemi,86%20persen%20dibandingkan%20tahun%20sebelumnya.

Dani, Nur Saputra., ( 2021) Landasan Pendidikan. (Bandung : CV. Media sains Indonesia).

Muhsaleh, M., (2019) Kewirausahaan Pendidikan.Tangerang. CV Budi utama.

Novena Ade Fredyarini Soedjiwo (2019) Implementasi Mata Kuliah Par (Participatory Action Research) Di Tpq Al-Magfiroh Denpasar Bali

Nofrion, N., (2016) Komunikasi Pendidikan, (Jakarta : CV Kencana).

Rifda, R., (2020) Perkembangan Belajar. (Malang : Literasi Nusantara).

Rusydi Ananda, (2020). Variabel Belajar (Kompilasi Konsep), (Medan : CV. Pusdikra Mitra Jaya).

Saefuddin Azwar, 1990. Makalah Motivasi dalam Belajar, Yogyakarta.

Nurjan, Syarifan. Psikologi Belajar (Ponorogo : Penerbit Wade Group)

Suhar, S., (2018) Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. (Jakarta : Terbitan Kdt).

Syafril, S., & Zen, Z., (2017) Dasar Dasar Ilmu Pendidikan. (Depok : Kencana).

Winarno, W., (2009) Pendidikan Nasional Jakarta. Kompas media n(usantara.

Yusuf, H., (2004) Menyemai benih Pendididikan, (Rawamangun. CV Kencana).

Yusuf, H., (2004) Menyemai Benih Teknologi Pendidikan Kencana.

Downloads

Published

2023-11-09