Implementasi pelatihan pop up book sebagai alternatif media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan belajar pada kelompok bermain Nurul Huda Di Desa Badean Bangsalsari Jember

Authors

  • Titi Imaniar Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Jember
  • Rekno Puji Utami Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Jember
  • Lutfiani Nur Khoirina Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Jember
  • Azizah Novitaningrum Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Jember
  • Pina Azizah Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Jember
  • Fahtur Rahman Syah Pendidikan Sejarah, Universitas Jember
  • Khoirul Nizam Muhammad Pendidikan Sejarah, Universitas Jember
  • Frimha Purnamawati Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v6i2.17574

Keywords:

Kelompok Bermain, Media Pembelajaran, dan Komponen

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu pembinaan yang didapatkan oleh anak sejak lahir hingga berusia enam tahun. Kurangnya media pembelajaran membuat perkembangan belajar anak terhambat. Padahal sudah seharusnya Kelompok Bermain (KB) sebagai lembaga pendidikan menyediakan media pembelajaran yang layak dan bervariatif agar peserta didik dapat berkembang. Akan tetapi, masih terdapat beberapa hal yang menghambat lembaga pendidikan untuk dapat menyediakan media pembelajaran yang layak. Salah satu hambatan tersebut ialah kurangnya anggaran dana. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini dilaksanakan yaitu untuk memberikan pelatihan terhadap wali murid dan pendidik serta untuk mengetahui dampak dari implementasi pop-up book sebagai media pembelajaran bagi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Adapun sasaran penelitian ini, yaitu wali murid dan pendidik di KB Nurul Huda Desa Badean Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Adapun komponen-komponen yang dilaksanakan diantaranya yaitu materi pelatihan, pendekatan, metode, dan teknik pelatihan, pendanaan program pelatihan, dan hasil pelatihan. Pada penelitian ini, didapatkan hasil yaitu dampak positif berupa peningkatan pengetahuan, sikap, dan keterampilan pada peserta pelatihan.

References

Chabibbah, R. dan Kaulam, S. 2014. Perancangan Buku Pop Up Alfabet Untuk Siswa Taman Kanak-Kanak. Pendidikan Seni Rupa. 96–105.

Guslinda dan Kurnia, R. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: CV. Jakad Publishing.

Hasan, F. dan Imsiyah, N. 2018. Konsep Dasar Pelatihan. Jember: UPT Penerbitan Universitas Jember.

Hilmi, M.I., Kamil, M. dan Ardiwinata, J.S. 2019. Dampak Program Kursus Keterampilan Home Industry dalam Meningkatkan Kreativitas Perajin.

Indonesian Journal Of Adult and Community Aducation. 1(2): 1539–1542.

Hiryanto. 2017. Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi serta Implikasinya dalam Pemberdayaan Masyarakat. Dinamika Pendidikan. 2(2): 65–71.

Kamil, M. 2010. Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta.

Kartikasari, F., Yani, A. dan Azidin, Y. 2020. Pengaruh Pelatihan Pengkajian Komprehensif Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Perawat Mengkaji Kebutuhan Klien Di Puskesmas. Jurnal Keperawatan Suaka Insan (Jksi). 5(1): 79–89.

Simamora, H. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.

Suprijanto, H. 2007. Pendidikan Orang Dewasa: dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryana, D. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran). Padang: UNP Press.

Wiliandari, Y. 2018. Rancangan Pelatihan Dan Pengembangan SDM yang Efektif. Society. 5(2): 93–110.

Downloads

Published

2023-10-21

Issue

Section

Articles