Perencanaan pelatihan permainan tradisional berbasis pendidikan karakter bagi tutor pendidikan kesetaraan di PKBM Se-Bandung Raya

Authors

  • Nike Kamarubiani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Cucu Sukmana Indonesia University Of Education http://orcid.org/0000-0003-3888-0835
  • Jajat Sudrajat Ardiwinata Indonesia University Of Education
  • Iip Saripah Indonesia University Of Education

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v6i2.17587

Keywords:

Pendidikan Karakter, Permainan tradisional, PKBM

Abstract

Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan gambaran tentang perencanaan pelatihan permainan tradisional yang berbasis pendidikan karakter dan manfaat permainan tradisional bagi perkembangan karakter peserta. Artikel ini didasarkan pada kajian pustaka yang menjelaskan tentang perkembangan karakter peserta melalui permainan tradisional. Tokoh penting dalam masyarakat masa depan. Kepribadian adalah sifat atau karakteristik seseorang yang membedakannya dengan orang lain. Karena peserta adalah dunia permainan, maka sangat efektif bagi peserta kesetaraan untuk mengembangkan kepribadiannya melalui bermain. Permainan yang baik untuk mendidik peserta berbakat dan berbudi luhur adalah permainan tradisional. Permainan tradisional adalah permainan yang sudah ada sejak lama dan mengandung nilai-nilai budaya atau sangat erat hubungannya dengan budaya. Di Indonesia banyak terdapat permainan tradisional seperti Kiso, Sunda, Benten, Kontrak, Gobag Sodonya, Concrak. Permainan tradisional juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dapat diterapkan pada pembelajaran setara PKBM sebagai berikut: Permainan concrack Oleh karena itu nilai concrack ada sembilan. Nilai belajar matematika. Jujur, disiplin, pekerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, mandiri, komunikatif, bertanggung jawab, berorientasi pada kinerja

References

Afrianus, R., Noo, N., Sutomo, T., & Hurint, D. (2014). Traditional game of wara gheri for children ’ S character building media in ende. Isla3, 399–403.

Demir, Ü. (2022). An Examination of the Impact of Game-Based Geometric Shapes Education Software Usage on the Education of Students With Intellectual Disabilities. ECNU Review of Education, 5(4), 761–783. https://doi.org/10.1177/2096531120940721

Elihami. (2020). DEVELOPING THE NONFORMAL EDUCATION OF LEARNING IN MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF ENREKANG 1 Program Studi Pendidikan Nonformal Universitas Muhammadiyah Enrekang  Corresponding email : elihamid72@gmail.com ARTICLE INFO Article History PENDAHULUAN Indonesia is. EdukasiNonformal, 1(2), 32–40.

Gustiana, A. D., Agustin, M., & Djoehaeni, H. (2017). Traditional game application in developing the value of child character. Proceeding of the 2nd INCOTEPD, 2017(58), 102–107.

Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575

Iqbal, M., & Rahman, S. (2021). Arsyad Al-Banjari’s Dialectical Model for Integrating Indonesian Traditional Uses into Islamic Law: Arguments on Manyanggar, Mambuang Pasilih and Lahang. Argumentation, 35(1), 73–99. https://doi.org/10.1007/s10503-020-09526-y

Junaidi, F. (2020). Strategi Pembinaan Penilik Terhadap Pendidik Paud Melalui Pembimbingan Responsif Di Paud Dewi Sartika Kecamatan Muara Bangkahulu. Al Fitrah Journal Of Early Childhood Islamic Education, 4(1), 39–50.

Kamid, K., Sofnidar, S., Septi, S. E., & Citra, Y. D. (2021). The contribution of the traditional game of congklak to mathematics learning: How is the relationship and influence of interest, cooperative character and student responses. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 11(2), 280. https://doi.org/10.25273/pe.v11i2.9995

Kusumawati, O. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4, 124–142.

Lovreglio, R., Daphney-Chloe, N., Rahouti, A., Paes, D., Feng, Z., & Shipman, A. (2022). Prototyping and testing a virtual reality counterterrorism serious game for active shooting. International Journal of Disaster Risk Reduction, 82(December 2021), 103283. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2022.103283

Majid, A. (2016). Perencanaan Pembelajaran (Mukhlis (ed.); 11th ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Mashuri, H. (2022). Traditional games to reinforce the character of students in terms of educational qualifications: a meta-analysis. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 7(4), 15–26. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v7i4.14942

Masyhuri, S. F., & Suherman, W. S. (2020). The Traditional Game Learning Model for the Elementary School Student Character Building. 21(Icsshpe 2019), 9–13. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200214.003

Nasution, S., Afrianto, H., NURFADILLAH SALAM, S. & J., Nim, N., Sadjati, I. M., Agent, S. G., Sifat, T., Dan, F., Studi, P., Pangan, T., Pertanian, F. T., Katolik, U., Mandala, W., & Aceh, D. (2017). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Pendidikam, 3(1), 1–62. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Pakpahan, T. E., Wicaksono, M., & Hrp, Q. H. (2021). Peran Balai Penyuluhan Pertanian Sebagai Pusat Data Informasi Pertanian Dalam Mendukung Program Kostratani. Jurnal Agribisnis Terpadu, 14(1), 46. https://doi.org/10.33512/jat.v14i1.11458

Sholihah, N. R., Sapriya, Supriatna, N., & Komalasari, K. (2020). Traditional game-based learning: As a local wisdom learning model in elementary school. Multicultural Education, 6(5), 182–186. https://doi.org/10.5281/zenodo.4362259

Suhra, S., Djubaedi, D., & Mail, A. A. B. H. (2020). the Contribution of Bugis’ Traditional Games in Strengthening Students’ Character Education At Madrasa. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 233–244. https://doi.org/10.15575/jpi.v6i2.9753

Suryana, S. (2019). Model Pemberdayaan Pendidikan Non Formal (Pnf) Dalam Kajian Kebijakan Pendidikan. Edukasi, 13(2), 1–12.

Wahyuni, S., & Supriyono. (2019). Excellent Service Dimension from the Early Childhood Education Institute. Journal of Nonformal Education, 5(2), 97–108. https://doi.org/10.15294/jne.v5i2.20347

Wang, Q. (2021). Higher education institutions and entrepreneurship in underserved communities. Higher Education, 81(6), 1273–1291. https://doi.org/10.1007/s10734-020-00611-5

Westin, T., Wiklund, M., Mozelius, P., & Norberg, L. (2015). Regression From Game-Oriented to Traditional School. Journal of Educational Technology Systems, 43(4), 349–370. https://doi.org/10.1177/0047239515588162

Downloads

Published

2023-10-21

Issue

Section

Articles