Terampil berbahasa Inggris melalui learning apps dalam mendukung sektor pariwisata dan UMKM

Authors

  • Irma Savitri Sadikin Universitas Esa Unggul
  • Lutfiyah Lutfiyah Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v6i2.17859

Abstract

Industri pariwisata di Indonesia semakin berkembang dengan pesat. Sektor pariwisata yang saat ini mengusung next normal di wilayah Indonesia semakin menggeliat. Salah satunya adalah sektor industri pariwisata yang berlokasi di Desa Kadugenep, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Potensi desa wisata dengan keindahan alam dan wilayahnya yang strategis mendorong masyarakat setempat terutama para pemuda karang taruna untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi dalam behasa Inggris untuk membangun dan mendorong  sektor industri pariwisata dan UMKM semakin lebih unggul dan maju di era industri 4.0. Peserta yang mengikuti pelatihan yaitu para pemuda karang taruna desa Kadugenep yang berjumlah 20 orang. Sebagian besar telah bekerja di Kawasan wisata daerah setempat dan juga sebagai pelaku ekonomi kreatif. Pembekalan dan pelatihan melalui beberapa aplikasi pembelajaran menjadi salah satu alternatif pembelajaran mendiri yang mampu membantu para pemuda karang taruna di desa Kadugenep belajar dan berlatih menggunakan bahasa Inggris dalam bidang pariwisata seperti greeting dan introduction, travel, shopping, dining and vacation, tourism and recreation, dan topik materi pengayaan bidang pariwisata lainnya. Metode yang digunakan selama dua sesi pelatihan adalah ceramah, tanya jawab, bermain peran, dan presentasi. Hasilnya menunjukan bahwa para peserta mampu mengikuti dan memahami materi dengan cukup baik. Sebagian besar peserta mulai percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris dan mampu memanfaatkan aplikasi sebagai media belajar dan berlatih bahasa Inggris secara mandiri yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun.

 

References

Adolphs, S., Clark, L., Dörnyei, Z., Glover, T., Henry, A., Muir, C., ... & Valstar, M. (2018). Digital innovations in L2 motivation: Harnessing the power of the Ideal L2 Self. System, 78, 173-185.

Astawa, I. N., Mantra, I. B. N., & Widiastuti, I. A. M. S. (2019, February). Communicative English Language Test: A Prospective Measuring Device For Tourism Practitioners’ Employability. In The 9th International Conference Rural Research & Planning Group.

Beaven, A. (2021). Learning without a teacher. Innovative language pedagogy report, 43..

Gangaiamaran, R., & Pasupathi, M. (2017). Review on use of mobile apps for language learning. International Journal of Applied Engineering Research, 12(21), 11242-11251.

Huang, C. S., Yang, S. J., Chiang, T. H., & Su, A. Y. (2016). Effects of situated mobile learning approach on learning motivation and performance of EFL students. Journal of Educational Technology & Society, 19(1), 263-276.

Thitthongkam, T., & Walsh, J. (2010). Roles of language in tourism organisational management. Asian Journal of Management Research, 1(1), 184-199.

Walsh, R. (2019). Smartphones and CLT: Threat or opportunity?. Teaching English with Technology, 19(2), 59-69.

Widyastuti, U., ES, D. P. (2015). Evaluasi pelatihan (training) level II berdasarkan teori the four levels Kirkpatrick. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (JPEB), 3(2), 119-128

Downloads

Published

2023-10-21

Issue

Section

Articles