Workshop media pembelajaran berbasis board games edukasi untuk guru SDN 2 Purwawinangun Kecamatan Kuningan.
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v6i3.17982Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Permainan Edukatif, Board GamesAbstrak
Bermain merupakan kebutuhan dasar anak yang harus dipenuhi. Dengan bermain anak mendapat kesempatan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan imajinasinya. Kegiatan bermain dapat menjadi sarana belajar untuk anak dan juga dapat menjadi kesempatan bagi orangtua untuk mengajar dan membimbing anak dalam banyak hal. Hal ini akhirnya mengharuskan setiap guru atau tenaga pendidik berusaha keras dalam mendidik mereka dengan membuat media yang berbasis permainan. Adapun salah satu bentuk permainan yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran adalah board games. Board games diharapkan dapat menjadi salah satu permainan edukatif yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempraktekan dan mengaplikasikan materi tanpa menghafal sehingga lebih mudah dipahami. Oleh sebab itu, program pengabdian pada masyarakat ini bertujuan membuat media pembelajaran berbasis board games edukasi untuk disosialisasikan kepada guru-guru di SDN 2 Purwawinangun dan memberikan pelatihan langsung untuk mengaplikasikan media pembelajaran berbasis board games edukasi tersebut. Pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan di SDN 2 Purwawinangun dan diikuti secara antusias oleh guru-guru, ada empat media board games yang dipresentasikan dan dipraktikan bersama yaitu Monopoly, Ular Tangga, Ludo, dan Risk. Setiap media board game dibuat dengan setting tertentu disesuaikan dengan materi pembelajaran yang akan diberikan oleh guru pada pertemuan tersebut. Pada board games terdapat beberapa kelebihan yang tidak ada pada jenis game lainnya seperti aturan pada permainan yang membuat anak belajar menaati aturan yang ada dan belajar kedisiplinan, memicu interaksi sosial antar pemain, melatih anak bagaimana menjalani kehidupan bermasyarakat, dan lain sebagainya.
Referensi
Amelia, V. L., Setiawan, A., & Sukihananto, S. (2019). Board Game as an Educational Game Media to an Effort to Change the Attitude of Dengue Prevention in School-Aged Children. International Journal of Nursing and Health Services (IJNHS), 1(2), 1–9. https://doi.org/10.35654/ijnhs.v1i2.12
Bernosky, J. (2016). Manager to Manager-Risk: Not just a board game. Journal - American Water Works Association, 108, 22–25. https://doi.org/10.5942/jawwa.2016.108.0063
Fitriyani, Y., Eliyanti, M., Hermawati, E., & Fauzi, T. R. (2021). The use of Risk Board Game Rulers of Archipelago as Learning Media on creative thinking ability of Elementary School Students. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 9(2), 353.
https://doi.org/10.21043/elementary.v9i2.11547
Juhaeni, J., Safaruddin, S., & Salsabila, Z. P. (2021). Articulate Storyline Sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 150. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a3.2021
Mostowfi, S., Mamaghani, N. K., & Khorramar, M. (2016). Designing playful learning by using educational board game for children in the age range of 7-12: (A case study: Recycling and waste separation education board game). International Journal of Environmental and Science Education, 11(12), 5453–5476.
Setiawati, T., Pranata, O. H., & Halimah, M. (2019). Pengembangan Media Permainan Papan pada Pembelajaran Ips untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 6(1), 163–174.
Syawaluddin, A., Afriani Rachman, S., & Khaerunnisa. (2020). Developing Snake Ladder Game Learning Media to Increase Students’ Interest and Learning Outcomes on Social Studies in Elementary School. Simulation and Gaming, 51(4), 432–442. https://doi.org/10.1177/1046878120921902
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).