Edukasi model pembelajaran pada Kurikulum Merdeka terintegrasi dengan dimensi pertama Profil Pelajar Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v6i3.19695Abstract
Tujuan dari Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah untuk memberikan edukasi kepada guru-guru di SD di Kecamatan Ambarawa tentang model pembelajaran pada kurikulum merdeka yang terintegrasi dengan nilai keislaman. Metode kegiatan PKM yang dilaksanakan terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Kegiatan pada tahap persiapan yaitu observasi sekolah, menganalisis permasalahan disekolah, merancang solusi terhadap permasalahan, merancang google sites tentang materi, kuesener yang disusun dengan google form, dan mendata guru. Kegiatan pada tahap pelaksanaan yaitu memberi informasi dalam bentuk edukasi tentang bagaimana mengimplementasi model pembelajaran pada kurikulum merdeka yang terintegrasi dengan nilai keislaman . Kegiatan pada tahap evaluasi yaitu guru mempraktikan model pembelajaran sesuai kurikulum merdeka secara langsung. Hasil dari pengabdian ini adalah pelatihan ini selain mendapatkan respon yang baik juga dinilai dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru SD di kecamatan Ambarawa dalam melaksanakan proses pembelajaran. Implikasi pengabdian ini nantinya dapat digunakan oleh guru untuk memperbaiki pembelajaran di kelas menuju kurikulum yang berpihak pada siswa, kurikulum merdeka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).