Pelatihan penggunaan aplikasi quizalize sebagai media pembelajaran interaktif di Yayasan Rumpun Bambu
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v7i2.20240Abstract
Dengan kecanggihan teknologi digital, banyak tersedia aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan oleh para guru, dosen, dan yang berprofesi sebagai pengajar. Akan tetapi, masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Sebagai buktinya, sebelum kegiatan ini diselenggarakan, para peserta tidak mengetahui bagaimana memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang ada untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Kegiatan ini memberikan ide-ide kreatif, menumbuhkan inspirasi, serta memberi motivasi dalam meningkatkan keterampilan dalam menggunakan aplikasi dalam pengajaran. Pelatihan dengan menggunakan WhatsApp Group sebagai media ini dapat memberikan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan baru bagi peserta. Dengan memanfaatkan aplikasi Quizalize, guru dapat mengaplikasikannya sebagai media pembelajaran interaktif untuk membuat media pembelajaran seperti kuis, menjodohkan, memasangkan pasangan, anagram (permainan kata), melakukan acak kata, mencari kata, dan lain sebagainya. Menggunakan aplikasi ini akan sangat membantu proses kegiatan belajar daring.
Kata kunci: pembelajaran inteaktif, media pembelajaran online, aplikasi quizalize
References
Budiarso, I., Djuhartono, T., & Nafisah, S. (2023). Manajemen Pembinaan Kesiswaan Dalam Pengembangan Kreatifitas Siswa pada SMK Bisnis dan Teknologi Bekasi .
Detik.com. (2019). Kominfo Galakkan Melek Internet sampai 2020. Https://Inet.Detik.Com/Telecommunication/d-3777568/Kominfo-Galakkan-Melek-Internet-Sampai-2020.
Effendi, D., & Wahidy, D. A. (2019). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang .
https://apjii.or.id/. (2023). Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang. Https://Apjii.or.Id/Berita/d/Survei-Apjii-Pengguna-Internet-Di-Indonesia-Tembus-215-Juta-Orang.
Mahdian, M., Sa’adi, P., Sasmita, F. D., Fernandita, Y., Misbah, M., Hayati, S., Khasanah, I. N., Suntia, D., & Karina, A. (2024). Training Science Teacher Understanding in Creating Science Learning Assessments Using the Quizalize Application. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 293. https://doi.org/10.20527/btjpm.v6i2.10174
Muchbarak, A., Angelia, R., & Candra Bramantia, A. (2018). Pemanfaatan website olx.co.id dalam hal membuka peluang masyarakat Rw 09 Pela Mampang untuk mendapatkan penghasilan dengan bertransaksi online. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(02). www.olx.co.id,
Nafisah, S., Dewi Anggraeni, A., & Pentury, H. J. (2018). PKM Pemberdayaan Perempuan Melalui Peningkatan Keterampilan Literasi Digital dan Entreprenurship. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13(3), 408–415. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas
Nurjannah, N., Nurfadhilah, N., Nurfiana, N., & Danial, D. (2023). Pelatihan pemanfaatan aplikasi quizalize dalam pembelajaran siswa di MAN 2 Sinjai. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 48–54. https://doi.org/10.56921/cpkm.v2i1.62
Pentury, H. J. (2018). Pemanfaatan Literasi TIK melalui Peran Lagu dalam Mengembangkan Kosakata Anak. E-DIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).