Penyuluhan perkembangan dan tantangan peserta didik usia pendidikan dasar pada Abad 21
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v6i3.21233Abstract
Pendidikan yang mampu mendukung pembangunan di masa mendatang adalah pendidikan yang mampu mengembangkan potensi setiap peserta didik. Untuk dapat mengembangkan potensi peserta didik guru harus memahami perkembangan peserta didik. Hal ini disebabkan karena setiap tahapan perkembangan manusia mempunyai karakteristik yang khas dan tugas-tugas perkembangan tersendiri. Tugas-tugas perkembangan tersebut juga sangat berhubungan dengan seberapa jauh pendidikan yang dapat diterima oleh individu. Melihat hal ini maka sangatlah penting pelaksanan pendidikan mempertimbangkan perkembangan peserta didik. Maka muncul pertanyaan apakah guru sudah memahami perkembangan peserta didik dan tantangan yang dihadapi dalam pendidikan abad 21. Berdasarkan hasil wawancara dengan Kepala Sekolah Satu Atap Cimulya diketahui bahwa sebagian besar guru masih membutuhkan pengetahuan mengenai perkembangan peserta didik dan tantangan yang dihadapi dalam pendidikan abad 21. Kondisi ini tentunya perlu ditanggapi guna meningkatkan profesionalisme guru. Hal ini yang mejadikan landasan dalam melaksanakan “Penyuluhan Perkembangan Peserta Didik Dan Tantangan Yang Dihadapi Peserta Didik Usia Pendidikan Dasar Pada Abad 21 di Sekolah Satu Atap Cimulya, Kecamatan Cimahi, Kabupaten Kuningan”. Tujuan dari pengabdian ini adalah: untuk 1) memberikan pemahaman terhadap guru mengenai perkembangan peserta didik, 2) memberikan pengetahuan tantangan peserta didik pada usia pendidikan dasar pada pendidikan abad 21. Metode yang digunakan adalah Penyuluhan penyampaian materi(ekspositori) dan diskusi
Kata Kunci: Penyuluhan;peserta didik;abad 21.
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).