Optimalisasi pengelolaan akun dan konten media sosial youtube di Masjid Al Mishbah, Gedongan, Trirenggo, Kabupaten Bantul
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v7i3.21314Abstract
Manajemen akun media sosial merupakan salah satu aspek penting dalam pengelolaan kegiatan keagamaan secara umum. Perubahan metode pendokumentasian kegiatan, dari hanya disimpan di komputer menjadi diunggah ke media sosial menjadikannya semakin banyak diakses. Selain itu, keberadaan media sosial dalam kegiatan keagamaan semisal di masjid, merupakan metode menarik semakin banyak minat dari generasi muda untuk ikut serta secara aktif dalam kegiatan keagamaan. Keberadaan akun media sosial di masjid Al Mishbah Trirenggo, Kabupaten Bantul sudah berjalan dengan beberapa konten yang sudah ditayangkan dan bisa diakses secara luas. Namun, dibutuhkan pendampingan dari pihak akademisi untuk membantu mengoptimalkan pengelolaan akun sekaligus konten yang akan diproduksi. Dengan metode diskusi dan pelatihan, tim pengabdian melaksanakan kegiatan pendampingan untuk meningkatkan produktivitas akun Youtube masjid Al Mishbah Trirenggo, Kabupaten Bantul. Hasil dari kegiatan ini adalah ditetapkannya produksi shorts video dan live video sebagai strategi pengembangan akun dan konten Youtube masjid Al Mishbah Trirenggo Kabupaten Bantul.
References
Fadlun. (2021). Desain dakwah islam pada masyarakat industri 4.0. An-Nida, 107-113.
Fazil, M. (2022). Pemanfaatan media sosial dalam penyiaran keagamaan dan informasi Masjid di Kota Lhokseumawe. Malikussaleh Mengabdi, 32-42. Retrieved from https://ojs.unimal.ac.id/jmm/article/view/8077
Hamdan. (2003). Youtube sebagai Media Dakwah. Palita: Journal of Social Religion Research, 63-80.
Hermawan. (2022). Analisis minat masyarakat pengguna platform YouTube sebagai media. Manajemen, 564-573.
Loneli Costaner, G. L. (2021). Pelatihan Keterampilan Membuat Informasi Berbasis Video Digital Pada Ikatan Remaja Masjid. Dinamisia, 843-849. doi:https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i4.7253
Pintu, D. P. (2023). Retrieved from DPMPTSP KAB. BANTUL: https://dpmpt.bantulkab.go.id/web/page/profil-kabupaten-bantul
Pujawardani. (2022). Pemanfaatan youtube sebagai media dakwah (analisis konten dalam video sketsa di channel nu online. Lantera, 13-24.
Rozaq. (2021). Sistem pengelolaan administrasi masjid. Poliban, 9-21.
Umbara, F. W. (2021). User Generated Content di Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Bisnis. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, 572-581. doi:https://doi.org/10.36407/jmsab.v4i2.366
Vebrynda, R. (2022). Manajemen produksi konten ‘sketsamu’ di youtube . Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 164-177.
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).