Optimalisasi pengelolaan akun dan konten media sosial youtube di Masjid Al Mishbah, Gedongan, Trirenggo, Kabupaten Bantul

Authors

  • Al Musa Karim Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Ari Sugiharta
  • Satyo Nuryadi
  • Regina Angel Yanda P
  • Muslimah Dwi Hapsari
  • Muhammad Rizky Aziz
  • Syahrul Fathoni
  • Novadhan Rifa'i Nur Ardi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v7i3.21314

Abstract

Manajemen akun media sosial merupakan salah satu aspek penting dalam pengelolaan kegiatan keagamaan secara umum. Perubahan metode pendokumentasian kegiatan, dari hanya disimpan di komputer menjadi diunggah ke media sosial menjadikannya semakin banyak  diakses. Selain itu, keberadaan media sosial dalam kegiatan keagamaan semisal di masjid, merupakan metode menarik semakin banyak minat dari generasi muda untuk ikut serta secara aktif dalam kegiatan keagamaan. Keberadaan akun media sosial di masjid Al Mishbah Trirenggo, Kabupaten Bantul sudah berjalan dengan beberapa konten yang sudah ditayangkan dan bisa diakses secara luas. Namun, dibutuhkan pendampingan dari pihak akademisi untuk membantu mengoptimalkan pengelolaan akun sekaligus konten yang akan diproduksi. Dengan metode diskusi dan pelatihan, tim pengabdian melaksanakan kegiatan pendampingan untuk meningkatkan produktivitas akun Youtube masjid Al Mishbah Trirenggo, Kabupaten Bantul. Hasil dari kegiatan ini adalah ditetapkannya produksi shorts video dan live video sebagai strategi pengembangan akun dan konten Youtube masjid Al Mishbah Trirenggo Kabupaten Bantul.

References

Fadlun. (2021). Desain dakwah islam pada masyarakat industri 4.0. An-Nida, 107-113.

Fazil, M. (2022). Pemanfaatan media sosial dalam penyiaran keagamaan dan informasi Masjid di Kota Lhokseumawe. Malikussaleh Mengabdi, 32-42. Retrieved from https://ojs.unimal.ac.id/jmm/article/view/8077

Hamdan. (2003). Youtube sebagai Media Dakwah. Palita: Journal of Social Religion Research, 63-80.

Hermawan. (2022). Analisis minat masyarakat pengguna platform YouTube sebagai media. Manajemen, 564-573.

Loneli Costaner, G. L. (2021). Pelatihan Keterampilan Membuat Informasi Berbasis Video Digital Pada Ikatan Remaja Masjid. Dinamisia, 843-849. doi:https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i4.7253

Pintu, D. P. (2023). Retrieved from DPMPTSP KAB. BANTUL: https://dpmpt.bantulkab.go.id/web/page/profil-kabupaten-bantul

Pujawardani. (2022). Pemanfaatan youtube sebagai media dakwah (analisis konten dalam video sketsa di channel nu online. Lantera, 13-24.

Rozaq. (2021). Sistem pengelolaan administrasi masjid. Poliban, 9-21.

Umbara, F. W. (2021). User Generated Content di Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Bisnis. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, 572-581. doi:https://doi.org/10.36407/jmsab.v4i2.366

Vebrynda, R. (2022). Manajemen produksi konten ‘sketsamu’ di youtube . Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 164-177.

Downloads

Published

2024-11-29