Penyuluhan dan pelatihan kesehatan gigi dan mulut pada siswa-siswa SDN Tanjung Duren Selatan 01

Authors

  • Tiarma Talenta Theresia Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Trisakti
  • Rr Asyurati Asia Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Trisakti
  • Sri Lestari Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Trisakti
  • Tri Erri Astoeti Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Trisakti

Abstract

Prevalensi karies gigi di Indonesia pada umur 10-14 tahun mencapai 73,4%. Menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah salah satu kebiasaan baik yang harus diajarkan sedini terutama pada siswa Sekolah Dasar (SD). Kegiatan pelatihan dan penyuluhan mengenai kesehatan gigi dan mulut anak dilakukan secara luring pada anak SDN Tanjung Duren Selatan 01 Pagi. Metode yang digunakan yaitu pemberian pre-test untuk mengukur pengetahuan anak dan dilanjutkan dengan kegiatan penyuluhan terhadap anak SDN Tanjung Duren Selatan 01. Evaluasi pemahaman peserta dilakukan dengan metode kuesioner (post-test). Hasil kegiatan penyuluhan ini adalah pengetahuan anak mengenai kondisi gigi dan gusi, sakit gigi, pentingnya kunjungan ke dokter gigi, waktu menyikat gigi, masalah akibat kondisi gigi, pentingnya alat bantu dalam membersihkan celah gigi, dan pengetahuan mengenai apa itu fluor mengalami peningkatan. Kesimpulan yang didapatkan adalah siswa-siswi SDN Tanjung Duren Selatan 01 Pagi mengalami peningkatan dalam pemahaman dan pengetahuan mengenai kebersihan rongga mulut.

References

Andre, A., & Limanto, S. (2014). Peningkatan Layanan Kesehatan Sekolah Taman Kanak-Kanak'X'Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jurnal Eltek, 12(2), 1-15.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. In: Jakarta: PT Raja grafindo persada.

Chrismilasari, L. A., Gabrilinda, Y., & Martini, M. (2020). Penyuluhan menggosok gigi pada anak sekolah dasar teluk dalam ii banjarmasin. Jurnal Suaka Insan Mengabdi (JSIM), 1(2), 91-97.

Damafitra, L. (2015). Efektivitas video dan bahasa isyarat sebagai media penyuluhan kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak penderita tunarungu.

Devi Ray Syahfitri Sinulingga, D. (2021). Pengaruh promosi menggunakan media poster tentang kehilangan gigi terhadap motivasi penggunaan gigi tiruan. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta,

Hasfya, S., Nababan, I., & Erawati, S. (2021). Perbedaan Pengetahuan dan Perilaku Mahasiswa Kesehatan Mulut Kelas 5-6 (UKGS dan NON-UKGS). Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(1), 196-201.

Kemenkes, R. I. (2018). Hasil utama RISKESDAS 2018. Jakarta: Kemenkes RI.

Kirana, T. C., Listiyawati, L., & Martalina, E. (2023). Pengaruh pengetahuan kesehatan gigi dan mulut terhadap sikap kunjungan ke dokter gigi pada siswa SMA Negeri 1 Balikpapan. Mulawarman Dental Journal, 3(1), 19-28.

Kurniawati, D., & Hartarto, D. (2022). Hubungan tingkat pendidikan ibu dengan pola asuh kesehatan gigi dan mulut pada anak usia prasekolah The relationship between a mother’s education level and oral health care pattern for preschool children. Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran, 34(2), 143-151.

Mardelita, S., Keumala, C. R., Reca, R., & Willis, R. (2022). Peningkatan Pengetahuan Masyarakat tentang Fluor dalam Pencegahan Karies Gigi di Gampong Lamraya Aceh Besar. JEUMPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 49 s/d 54-49 s/d 54.

Nurlisa, F., Prasetyowati, S., & Ulfah, S. F. (2022). Peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak sekolah dasar ditinjau dari media permainan. Indonesian Journal of Health and Medical, 2(4), 596-603.

Romadani, C. F. (2020). Pengaruh Penyuluhan dengan Media Flip Chart terhadap Tingkat Pengetahuan tentang Dental Floss pada Siswa SMP. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta,

Sherlyta, M., Wardani, R., & Susilawati, S. (2017). Tingkat kebersihan gigi dan mulut siswa Sekolah Dasar Negeri di desa tertinggal Kabupaten Bandung Oral hygiene level of underdeveloped village State Elementary School students in Bandung Regency. Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran, 29(1).

Wong, H. M. (2022). Childhood Caries Management. In (Vol. 19, pp. 8527): MDPI.

Downloads

Published

2024-03-18