Peningkatan peran karang taruna dalam mewujudkan kesadaran dan tanggung jawab sosial generasi muda untuk mencegah permasalahan sosial di Desa Sukaperna Kecamatan Talaga Kabupaten Majalengka

Authors

  • Febby Fajar Nugraha universitas kuningan
  • Pajar Anugrah Prasetio Universitas Kuningan
  • Gilang Kripsiyadi Praramdana Universitas Kuningan
  • Ikhwan Setia Nugraha Universitas Kuningan
  • Amran Rivan Ramdani Universitas Kuningan

Abstract

Permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat, khususnya di kabupaten majalengka berdasarkan pemaparan Kapolres Majalengka, Ajun Komisaris Besar Edwin Affandi dalam konfrensi pers yang dipublikasi oleh Pikiran Rakyat menunjukan angka kriminalitas di kabupaten majalengka pada tahun 2022 meningkat 58 persen dibanding tahun 2021, itu dari 282 kasus menjadi 444 kasus. Angka tersebut didominasi oleh kasus pencurian disertai kekerasan. untuk meningkatkan peran karang taruna berdasarkan pasal 4 permensos 25 tahun 2019 yaitu mewujudkan kesadaran tanggung jawab sosial setiap generasi muda dalam mengantisipasi, mencegah, dan menangkal berbagai permasalahan sosial khususnya dikalangan generasi muda. Metode yang dilakukan pengusul yaitu menggunakan Teknik pembinaan kelompok, kegiatan pembinaan berfokus pada berkembangnya keterampilan kepemimpinan atau sosial atau mengembangkan karakter seseorang. Karang taruna sebagai mitra perannya sebagai peserta kegiatan. Kemudian peran pengusul menjadi narasumber dalam kegiatan pembinaan. Kegiatan ini dilaksanakan 2 kali pertemuan. Hasil dari kegiatan ini menunjukan hal yang positif, dilihat dari antuasisme anggota karang taruna dibersamai oleh pemerintah desa mengikuti pelatihan dengan baik, proses analisis permasalahan sosial dan perumusan solusi untuk permasalahannya didiskusikan dengan baik melalui proses yang matang.

References

Antonius Atosokhi Gea, dkk. (2003). Relasi dengan Sesama. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Direktorat Bina Karang Taruna. (2005). Buku pedoman dasar karang taruna. Departemen Sosial. R.I

Emmons, Robert A. and Michael E. McCullough. (20040. The Psychology of Gratitude: Series in Affective sciense. New York: Oxfort University Press.

Franzoi, S. L., Davis, M. H., & Markweise, B. (1990). A motivational explanation of private self-consciousness differences. Journal of Personality, 58, 641-659.

Shomali, M. A. (2002), mengenal diri. Jakarta: Lentera.

Sheldon, K. M. (1996): The Social Awareness Inventory: Development and Applications. Personality and Social Psychology Bulletin, 22 (6), 620-634.

Soedarsono, Soemarno. (2008). Membangun Kembali Jati Diri Bangsa Peran Penting Karakter dan Hasrat untuk Berubah. Jakarta: Kompas Gramedia.

Downloads

Published

2024-03-18