Penguatan employability skills dalam bidang penerbitan dan percetakan bagi siswa SMKN 11 Semarang

Authors

  • Harjono
  • Cahyo Budi Utomo
  • Sri Susilogati Sumarti
  • Senda Kartika Rakainsa
  • Sigit Priatmoko

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v7i1.21524

Abstract

Permasalahan kesiapan kerja/employability skill lulusan merupakan salah satu isu penting dari beberapa isu penting lainnya di sekolah menengah vokasi di Indonesia. Employability skill siswa SMKN 11 Semarang disiapkan melalui berbagai upaya sekolah baik dalam program pembelajaran kurikuler maupun ko-kurikuler. Para guru pembimbing menyadari adanya gap kemampuan dan keterampilan kerja siswa dalam bidang penerbitan & percetakan ini, oleh sebab itu diperlukan program nyata dalam upaya memberikan penguatan  employability skill  siswa. Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini ditujukan bagi siswa SMKN 11 Semarang yang sedang melaksanakan kegiatan PKL di industri sebagai upaya nyata memberikan bekal pengetahuan dan teknis bidang penerbitan dan percetakan. Model pendampingan secara langsung dilaksanakan oleh praktisi bidang penerbitan dan percetakan, dimulai dari pengenalan model bisinis penerbitan dan percetakan, peralatan cetak offset dan digital, finishing cetak, serta teknik perawatan mesin cetak sederhana. Selain itu, siswa juga di berikan wawasan dan mekanisme dalam penerbitan dan percetakan buku Melalui Pengabdian ini siswa SMKN 11 Semarang sudah mulai memahami terkait pentingya employability skill dalam dunia kerja. Meningkatnya pengetahuan tentang employabilty skill pada bidang penerbitan dan percetakan diharapkan dapat memberi peluang siswa dalam dunia kerja dan membuka lapangan kerja baru. Hardskill dan softskill yang didapatkan oleh siswa apabila dapat dikembangkan dan dijaga secara konsisten akan meningkatkan nilai branding siswa tersebut dalam dunia kerja. Pengabdian ini mungkin bisa diterapkan di sekolah kejuruan lain untuk membantu meningkatkan keterampilan siswa di bidang penerbitan dan percetakan.

References

Bennett, T. M. (2006). Defining The Importance Of Employability Skills In Career/Technical Education.

BPS. (2020). Berita Resmi Statistik Pertumbuhan Ekonomi Indonesia.

Cassidy, A. (2006). Guide to Information System Strategic Planning. 2nd Edition. Auerbach Publication.

Fathurrohman, W. (2016). Pelaksanaan Teaching Factory(Tefa) Pada Program Keahlian Teknologi dan Rekayasa di SMK Negeri 4 Semarang.

Hanafi, I. (2014). Pendidikan Teknik & Vokasional: Menggali Pengalaman Sukses Institusi Bi-National di Negeri Jiran, dari Konsep Hingga Implementasi. Refika Aditama.

Harjono, Eden, W., & Supardi, K. (2019). Implementasi MBS Melalui Pelatihan Strategi Pembelajaran dan Penggunaan AAS pada Guru SMK Kimia Industri Kota Semarang.

Kay, K. (2008). Preparing Every Child for the 21st Century. Partnership for 21st Century Skills. Paper Presented at the APEC EdNet – Xi’an Symposium Xi’an China.

Khurniawan, A. W., & Erda, G. (2021). Analisis Keberlangsungan Program Teaching Factory di Sekolah Menengah Kejuruan. Vocational Education Policy White Paper, 1(1), 1–10.

Ogbeide, G.-C. A. (2006). Employability Skills And Students’ Self-Perceived Competence For Careers In The Hospitality Industry.

Overtoom, C. (2000). Employability Skills : An update. Eric Digest, 220, 1–8. www.nca.asu.edu/transitions/

Perdana, N. S. (2019). Analisis Permintaan dan Penawaran Lulusan SMK dalam Pemenuhan Pasar Tenaga Kerja. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2), 172–181.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Rahman, A., Dwi, W., Zebua, A., Satispi, E., & Kusuma, A. A. (2022). Formulasi Kebijakan Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) di Indonesia. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit

Riyadi, N. R. (2019). Pengujian Usability Untuk Meningkatkan Antarmuka Aplikasi Mobile Myumm Students. Jurnal SISTEMASI, 8(1), 226–232.

Robinson, J. S., & Garton, B. (2006). Graduates’ And Employers’ Perceptions Of Entry-Level Employability Skills Needed By Agriculture, Food And Natural Resources Graduates.

Saputra, E., & Jalinus, N. (2020). Analisis Perspektif Pelaksanaan Magang dan Peluang Kerja dalam Menilai Kesiapan Kerja Siswa. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(3), 107–114. https://doi.org/10.24036/invotek.v20i3.748

Seniawati, K., Ketut Suarni, N., & Wmp, D. A. (2014). Efektivitas Teori Karier Holland Melalui Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Diri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. In Jurnal Online Jurusan Bimbingan Konseling (Vol. 2, Issue 1). http://eprints.uny.ac.id

Sumarno. (2008). Employabilty Skills dan Pengaruhnya terhadap Penghasilan Lulusan SMK Teknologi dan Industri. Jurnal Kependidikan, 1, 1–19.

Veronica Kingsley, O. (2019). Management of learning facilities. In New Trends and Issues Proceedings on Humanities and Social Sciences (Vol. 6, Issue 7). www.prosoc.eu

Widiarini, A. D. (2019). ‘Teaching Factory’, Ini Cara SMK Menjawab Tantangan Industri. Kompas. https://edukasi.kompas.com/read/2019/04/26/21320741/ teaching factory-ini-cara-smk-menjawab-tantangan-industri?page=1

Wu, S. H. (2005). Employability and Effective Learning System in Higher Education. The Ninth Quality in Higher Education International Seminar in Collaboration with ESECT and The Independent.

Yorke, M., & Millar, D. (2006). Learning & Employability Embedding employability into the curriculum Learning and Employability Series 1 and 2 (Vol. 1).

Downloads

Published

2024-04-22