UMKM level up mengembangkan produk umkm untuk menghadapi pasar global di Desa Kertawinangun Kabupaten Kuningan Jawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v7i1.21532Abstract
UMKM merupakan kontributor terbesar pertumbuhan ekonomi Indonesia. UMKM merupakan unit usaha sederhana berskala kecil, dapat dijalankan melalui industri rumahan. Produk UMKM memiliki potensi untuk mendukung perekonomian lokal. Namun banyak UMKM yang mengalami tantangan dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas produk. Hal ini sama seperti yang dihadapi desa Kertawangunan Kabupaten Kuningan Jawa Barat, mengalami kesulitan dalam pengembangan UMKM produk olahan makanan. Program Pengabdian Masyarakat (PKM) memiliki tujuan untuk memecahkan kesulitan yang di hadapi oleh UMKM di desa Kertawangunan Kabupaten Kuningan Jawa Barat untuk pengembangan desain kemasan (packging), penggunaan label (labeling), dan pemasaran secara digital (digital marketing). Metode pelaksanaan PKM dimulai dengan berkordinasi dengan perangkat desa, BUMDES, dan Dinas Kementrian Koperasi dan UMKM Kabupaten Kuningan. Guna penyelenggaraan seminar dan pelatihan kepada pelaku UMKM. Luaran yang akan dihasilkan dari PKM berupa meningkatnya pemahaman pentingnya penggunaan kemasan dan label serta, memiliki desain kemasan produk, menerapkan teknologi digital dalam sarana pemasaran produk.
References
Najib Farid dkk (2022). Inovasi Desain Kemasan (Packaging) sebagai Faktor Peningkatan Daya Saing Produk UMKM. Journal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2022 Vol. 6, No. 1 Februari 2022, Hal. 56-64 DOI: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8397
Setiawati, Retnasari, Fitriawati (2019). Strategi Membangun Branding Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Pengambdian Kepada Masyarkat , Vol. 02, No 01, Februari 2019, Hal. 125-136
Sriyanto, Kasidin & Sutianingsih (2021). Pelatihan Pengambangan Atribut Produk dan Media Promosi Pada Industri Rumah Karak Di Kalijirak. Jurnal Abdimas BSI Jurnal Pengambdian Masyarkat Kewirausahaan Indonesia, Vol. 02, No 01, Mei 2021
Muanas, A. (2014). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Buana Indomobil Trada. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 3(12), 1-11.
Purwanti, Jati, dkk. (2023). Inovasi Pelapisan Glasir Pada Gerabah Di Industri Kecil Dan Menengah Desa Melikan Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Jurnal PENGAMASKU, Volume 3. No 1, 2023
Kotler, Kertajaya, Setiawan (2014). Marketing 4.0 . Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Kotler & Keller (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).