UMKM level up mengembangkan produk umkm untuk menghadapi pasar global di Desa Kertawinangun Kabupaten Kuningan Jawa Barat

Authors

  • Micki Watulandi Kuningan Unversity
  • Wely Hadi Gunawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kuningan
  • Rahma Dwi Agustina Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kuningan
  • Tina Agustina Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v7i1.21532

Abstract

UMKM merupakan kontributor terbesar pertumbuhan ekonomi Indonesia. UMKM merupakan unit usaha sederhana berskala kecil, dapat dijalankan melalui industri rumahan.  Produk UMKM memiliki potensi untuk mendukung perekonomian lokal. Namun banyak UMKM yang mengalami tantangan dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas produk. Hal ini sama seperti yang dihadapi desa Kertawangunan Kabupaten Kuningan Jawa Barat, mengalami kesulitan dalam pengembangan UMKM produk olahan makanan.  Program Pengabdian Masyarakat (PKM) memiliki tujuan untuk memecahkan kesulitan yang di hadapi oleh UMKM di desa Kertawangunan Kabupaten Kuningan Jawa Barat untuk pengembangan desain kemasan (packging), penggunaan label (labeling), dan pemasaran secara digital (digital marketing). Metode pelaksanaan PKM dimulai dengan berkordinasi dengan perangkat desa, BUMDES, dan Dinas Kementrian Koperasi dan UMKM Kabupaten Kuningan. Guna penyelenggaraan seminar dan pelatihan kepada pelaku UMKM. Luaran yang akan dihasilkan dari PKM berupa meningkatnya pemahaman pentingnya penggunaan kemasan dan label serta, memiliki desain kemasan produk,  menerapkan teknologi digital dalam sarana pemasaran produk.   

References

Najib Farid dkk (2022). Inovasi Desain Kemasan (Packaging) sebagai Faktor Peningkatan Daya Saing Produk UMKM. Journal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2022 Vol. 6, No. 1 Februari 2022, Hal. 56-64 DOI: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8397

Setiawati, Retnasari, Fitriawati (2019). Strategi Membangun Branding Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Pengambdian Kepada Masyarkat , Vol. 02, No 01, Februari 2019, Hal. 125-136

Sriyanto, Kasidin & Sutianingsih (2021). Pelatihan Pengambangan Atribut Produk dan Media Promosi Pada Industri Rumah Karak Di Kalijirak. Jurnal Abdimas BSI Jurnal Pengambdian Masyarkat Kewirausahaan Indonesia, Vol. 02, No 01, Mei 2021

Muanas, A. (2014). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Buana Indomobil Trada. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, 3(12), 1-11.

Purwanti, Jati, dkk. (2023). Inovasi Pelapisan Glasir Pada Gerabah Di Industri Kecil Dan Menengah Desa Melikan Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Jurnal PENGAMASKU, Volume 3. No 1, 2023

Kotler, Kertajaya, Setiawan (2014). Marketing 4.0 . Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Kotler & Keller (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Downloads

Published

2024-04-22