Sosialisasi penguatan etika melalui Pendidikan Agama Kristen untuk membentuk moralitas siswa SMPN 58 Batam

Authors

  • Yaaman Gulo STT REAL Batam
  • Elvi Putri Jelita Hia Program Studi Pendidikan Agama Kristen, Sekolah Tinggi Teologi REAL
  • Syela Maria Trisiawati Program Studi Pendidikan Agama Kristen, Sekolah Tinggi Teologi REAL
  • Justine Handayani Waruwu Program Studi Pendidikan Agama Kristen, Sekolah Tinggi Teologi REAL
  • Bernada Nidarmawati Batee Program Studi Pendidikan Agama Kristen, Sekolah Tinggi Teologi REAL
  • Mega Lina Panggabean Program Studi Pendidikan Agama Kristen, Sekolah Tinggi Teologi REAL
  • Obed Edomta Sihombing Program Studi Pendidikan Agama Kristen, Sekolah Tinggi Teologi REAL
  • Mely Sari Harefa Program Studi Pendidikan Agama Kristen, Sekolah Tinggi Teologi REAL
  • Frilia Kartini Sipahutar Program Studi Pendidikan Agama Kristen, Sekolah Tinggi Teologi REAL
  • Elsawan Yando Program Studi Pendidikan Agama Kristen, Sekolah Tinggi Teologi REAL
  • Cikita Amelia Malau Program Studi Pendidikan Agama Kristen, Sekolah Tinggi Teologi REAL
  • Roganda Marbun Program Studi Pendidikan Agama Kristen, Sekolah Tinggi Teologi REAL

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v7i1.21617

Abstract

Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan solusi atas krisis moralitas yang sedang terjadi di kalangan pelajar masa kini. Masalah moralitas pelajar saat ini begitu memprihatinkan seperti melanggar aturan sekolah, melawan guru dan orang tua, serta pergaulan dan seks bebas. Salah satu upaya untuk mencegah krisis tersebut adalah dengan melakukan penguatan etika melalui Pendidikan Agama Kristen di sekolah. Kegiatan PkM yang dimaksud dilaksanan di SMPN 58 Batam dengan jumlah peserta didik sebanyak 39 orang. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan diperoleh hasil bahwa kegiatan sosialisasi yang dimaksud memberikan manfaat bagi peserta didik untuk membangun moralitas yang lebih baik. Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama yang baik dari semua pihak baik sekolah dan juga orang tua untuk membangun moralitas peserta didik melalui penguatan etika dengan integrasi Pendidikan Agama Kristen di sekolah.

References

Alya Malika Fahdini, & dkk. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Kalangan Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2485

Aopmonaim, N. H., Babo, R., & Muhajir, M. (2023). Pendidikan karakter dalam Lingkungan Keluarga dan Sekolah untuk Mengatasi Degradasi Moral Peserta Didik SD IT Insan Cendekia Kota Baubau. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 9(2), 303–313. https://doi.org/10.35326/pencerah.v9i2.3131

AR, M., & Samsuri. (2013). Dasar - Dasar Pendidikan Moral. Ombak.

Boehlke, R. L. (2007). Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktik PAK. BPK Gunung Mulia.

Faiz, A., & Purwati. (2022). Peran Guru dalam Pendidikan Moral dan Karakter. Jurnal Education and Development, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v10i2.3671

Iccen, I., Wahyuni, S., & Prajnamitra, T. (2022). Urgensi Internalisasi Etika Kristen Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(5), 6576–6587. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3048

Manik, I. S., & Pasaribu, A. G. (2023). Peranan Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Moral Pemuda Akhir. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3).

Pazmino, R. W. (2012). Fondasi Pendidikan Kristen. BPK Gunung Mulia.

Putri, F. E., & dkk. (2023). Pendidikan Karakter Membentuk Moralitas Anak Bangsa: Sebuah Esai. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1111/literaksi.v1i01.5

Ratih, K., Utami, R. D., Fuadi, D., Mulyasih, S., Febriani, D., Asmara, S. F., Aprilianti, D. R., Rianti, A. W., Santiana, D., Rahmawati, H., Adlina, L. M., Rosyidi, B., & Hidayat, M. T. (2020). Penguatan Pendidikan Etika dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i1.10770

Rinaldi, K., & Askarial, A. (2022). Penyuluhan Penanaman Pendidikan Moralitas Dan Nilai Pancasila Pada Anak. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 170–174. https://doi.org/10.54951/comsep.v3i2.289

Ruslan, R. (2020). Penanaman Pendidikan Moralitas dan Nilai Pancasila Anak Usia Dini dalam Perkembangan IPTEK. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 2(1), 11–17. https://doi.org/10.33506/pjcs.v2i1.807

Samaloisa, H. A. S., & Hutahaean, H. (2023). Pentingnya Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter, Spritual, Moralitas Dan Rohani Peserta Didik. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Dan Filsafat, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v1i2.155

Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Etika Kristen dalam Pendidikan Karakter dan Moral Siswa di Era Digital. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 3(1), 46–63.

Sihotang, P. S., Sihotang, H., & Tarigan, R. A. (2021). Pengaruh Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga dan Rutinitas Kegiatan Ibadah di Sekolah Terhadap Pembentukan Moral Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pancur Batu. Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi, 4(1), 53–72. https://doi.org/10.47457/phr.v4i1.125

Tarigan, T. P. E. (2019). Hubungan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Dengan Moralitas Siswa di SMP N 4 Medan T.A 2018/2019. Jurnal Pendidikan Religius, 1(2).

Downloads

Published

2024-04-22