Sosialisasi penguatan etika melalui Pendidikan Agama Kristen untuk membentuk moralitas siswa SMPN 58 Batam
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v7i1.21617Abstract
Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan solusi atas krisis moralitas yang sedang terjadi di kalangan pelajar masa kini. Masalah moralitas pelajar saat ini begitu memprihatinkan seperti melanggar aturan sekolah, melawan guru dan orang tua, serta pergaulan dan seks bebas. Salah satu upaya untuk mencegah krisis tersebut adalah dengan melakukan penguatan etika melalui Pendidikan Agama Kristen di sekolah. Kegiatan PkM yang dimaksud dilaksanan di SMPN 58 Batam dengan jumlah peserta didik sebanyak 39 orang. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan diperoleh hasil bahwa kegiatan sosialisasi yang dimaksud memberikan manfaat bagi peserta didik untuk membangun moralitas yang lebih baik. Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama yang baik dari semua pihak baik sekolah dan juga orang tua untuk membangun moralitas peserta didik melalui penguatan etika dengan integrasi Pendidikan Agama Kristen di sekolah.
References
Alya Malika Fahdini, & dkk. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Krisis Moral di Kalangan Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2485
Aopmonaim, N. H., Babo, R., & Muhajir, M. (2023). Pendidikan karakter dalam Lingkungan Keluarga dan Sekolah untuk Mengatasi Degradasi Moral Peserta Didik SD IT Insan Cendekia Kota Baubau. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 9(2), 303–313. https://doi.org/10.35326/pencerah.v9i2.3131
AR, M., & Samsuri. (2013). Dasar - Dasar Pendidikan Moral. Ombak.
Boehlke, R. L. (2007). Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktik PAK. BPK Gunung Mulia.
Faiz, A., & Purwati. (2022). Peran Guru dalam Pendidikan Moral dan Karakter. Jurnal Education and Development, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v10i2.3671
Iccen, I., Wahyuni, S., & Prajnamitra, T. (2022). Urgensi Internalisasi Etika Kristen Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(5), 6576–6587. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3048
Manik, I. S., & Pasaribu, A. G. (2023). Peranan Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Moral Pemuda Akhir. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3).
Pazmino, R. W. (2012). Fondasi Pendidikan Kristen. BPK Gunung Mulia.
Putri, F. E., & dkk. (2023). Pendidikan Karakter Membentuk Moralitas Anak Bangsa: Sebuah Esai. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1111/literaksi.v1i01.5
Ratih, K., Utami, R. D., Fuadi, D., Mulyasih, S., Febriani, D., Asmara, S. F., Aprilianti, D. R., Rianti, A. W., Santiana, D., Rahmawati, H., Adlina, L. M., Rosyidi, B., & Hidayat, M. T. (2020). Penguatan Pendidikan Etika dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i1.10770
Rinaldi, K., & Askarial, A. (2022). Penyuluhan Penanaman Pendidikan Moralitas Dan Nilai Pancasila Pada Anak. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 170–174. https://doi.org/10.54951/comsep.v3i2.289
Ruslan, R. (2020). Penanaman Pendidikan Moralitas dan Nilai Pancasila Anak Usia Dini dalam Perkembangan IPTEK. Abdimas: Papua Journal of Community Service, 2(1), 11–17. https://doi.org/10.33506/pjcs.v2i1.807
Samaloisa, H. A. S., & Hutahaean, H. (2023). Pentingnya Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter, Spritual, Moralitas Dan Rohani Peserta Didik. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Dan Filsafat, 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.55606/sinarkasih.v1i2.155
Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Etika Kristen dalam Pendidikan Karakter dan Moral Siswa di Era Digital. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 3(1), 46–63.
Sihotang, P. S., Sihotang, H., & Tarigan, R. A. (2021). Pengaruh Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga dan Rutinitas Kegiatan Ibadah di Sekolah Terhadap Pembentukan Moral Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pancur Batu. Phronesis: Jurnal Teologi Dan Misi, 4(1), 53–72. https://doi.org/10.47457/phr.v4i1.125
Tarigan, T. P. E. (2019). Hubungan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Dengan Moralitas Siswa di SMP N 4 Medan T.A 2018/2019. Jurnal Pendidikan Religius, 1(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).