Pendampingan e-commerce untuk UMKM Cililin: Upaya peningkatan penjualan dan keberlanjutan

Authors

  • Ridma Meltareza Universitas Indonesia Membangun
  • Rama Chandra Jaya Universitas Indonesia Membangun
  • Ahmad Taufiq Maulana Ramdan Universitas Indonesia Membangun

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v7i1.21622

Abstract

Pemanfaatan e-commerce memberikan peluang besar bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk bersaing secara global. Namun, temuan dari penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar UMKM menghadapi kendala dalam mengadopsi teknologi ini, mengakibatkan keterbatasan dalam memanfaatkan potensi e-commerce. Untuk mengatasi masalah ini, Tim Inkubator Bisnis Universitas INABA mengambil langkah proaktif dengan melakukan pendampingan terhadap 50 UMKM asal Cililin selama 5 hari. Pendampingan dilakukan melalui serangkaian kegiatan, termasuk pembekalan keterampilan fotografi produk, pengenalan alat-alat digital, penulisan deskripsi produk yang menarik, pendaftaran pada platform e-commerce, dan simulasi transaksi online. Meskipun terdapat kendala dalam penguasaan teknologi dan akses keuangan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan UMKM dalam menjalankan bisnis online. Temuan dari pelaksanaan pendampingan mencakup berbagai kendala seperti keterbatasan kecakapan digital, masalah logistik, dan keprihatinan terkait keamanan data. Dengan pemahaman mendalam tentang hambatan ini, diharapkan upaya pendampingan semacam ini dapat memberikan kontribusi signifikan dalam memperkuat daya saing UMKM di dunia e-commerce, membuka peluang baru, dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

References

Anartia, N., Amaretha, R., & Meltareza, R. (2022). Effective public speaking training for youth organizations in arjasari village. Inaba of Community Services Journal ( Inacos-J), 1(02), 82–87. https://doi.org/10.56956/inacos.v1i02.134

HasbullahR., SurahmanM., YaniA., AlmadaD. P., & FaizatyE. N. (2014). Model Pendampingan UMKM Pangan Melalui Inkubator Bisnis Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 19(1), 43-49. Retrieved from https://journal.ipb.ac.id/index.php/JIPI/article/view/8405

Herlinawati, E., Sumawidjaja, R. N., Sudaryo, Y., Jaya, R. C., & Ismail, G. D. (2023). Business performance improvement model through the role of microfinance institutions and entrepreneurial competencies. Sosiohumaniora, 25(1).

Marjuni, A., Syukur, A., & Hastuti, K. (2015). Model Pendampingan Pengembangan E-Commerce bagi UKM. CITEE UGM, 49-53.

Nida, D. R. P. P., Adyatma, I. W. C., & Dewi, A. S. S. L. (2022). Pendampingan Pelaporan Akuntansi Berbasis Digital Dan Pemanfaatan E-Commerce Bagi UMKM. Jurnal Abdi Dharma Masyarakat (JADMA), 3(1), 29-38.

Ramdan, A. T. M., Tawaqal, R. S., & Meltareza, R. (2022). The role of digital marketing communication of aromatherapy alternative medicine in increasing consumer confidence. Journal of Business and Management INABA (JBMI), 1(02), 75–88. https://doi.org/10.56956/jbmi.v1i02.117

Riyanto, S., Azis, M. N. L., & Putera, A. R. (2022). Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 5(1), 137-142.

Rukmana, A. Y., Meltareza, R., Harto, B., Komalasari, O., & Harnani, N. (2023). Optimizing the Role of Business Incubators in Higher Education: A Review of Supporting Factors and Barriers. West Science Business and Management, 1(03), 169-175. DOI: https://doi.org/10.58812/wsbm.v1i03.96

Triono, S. P. H., & Jaya, R. C. (2021, September). Business intelligence & analytics and its effect on indonesia’s startup performance. In 5th Global Conference on Business, Management and Entrepreneurship (GCBME 2020) (pp. 658-664). Atlantis Press.

Published

2024-03-18