Pendampingan branding dan digital promotion pada UMKM kerupuk bawang putih Kelurahan Selat Hulu Kabupaten Kapuas

Authors

  • Mutmainah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • suci wulandari Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Aulia Kiftiah Kencana Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Aulia Ulfah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Wika Safitri Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Nurul Hidayah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Bayu Widiantoro Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • M. Agung Piti Sakti Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Irza Aditya Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Emin Candra Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Abstract

UMKM Kerupuk Bawang Putih adalah salah satu usaha yang berpotensi besar untuk dikembangkan di kelurahan selat hulu. Namun minimnya edukasi mengenai branding, promosi digital serta belum pernah diberikan pendampingan mengenai hal tersebut sehingga itu juga merupakan permasalahan yang dihadapi oleh pelaku UMKM disana. Oleh karena itu mahasiswa KKN IAIN Palangka Raya Kelompok 62 tertarik untuk memberikan pendampingan branding dan digital promotion pada UMKM kerupuk bawang putih di kelurahan selat hulu. Tujuan dari pendampingan ini adalah agar para pelaku UMKM dapat memahami dan dapat menerapkannya dalam bisnis yang dijalani. Adapun yang menjadi subjek dalam kegiatan ini adalah usaha Kerupuk bawang putih milik ibu Mimi yang bermerek “Kerupuk Bawang Putih olahan Mama Raisa K”. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk mengembangkan potensi UMKM, selain itu menjadi Contoh bagi pelaku UMKM lainnya di Kelurahan Selat Hulu.

Kata Kunci: Pendampingan; Branding; Digital promotion; UMKM

 

References

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya kemasan terhadap penjualan produk perusahaan. Sosio E-Kons 10(1):20. doi: 10.30998/sosioekons.v10i1.2223.

Darmawati, Widya, and Saepudin. (2014). Penggunaan media sosial twitter dalam pembentukan dimensi ekuitas merek L-Men.” Jurnal Makna 5(1).

Hanim, Latifah. 2018. UMKM (Usaha Mikro, Kecil, & Menengah) & Bentuk-Bentuk Usaha. Semarang: Unissula Press.

Informatika, Manajemen, and Politeknik LPI. (2019). Implementasi pemasaran digital dalam meningkatkan pendapatan pelaku UMKM Pamokolan Ciamis. Jurnal Produktif, 3(2):254–61.

Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM). Jakarta: Bank Indonesia.

Nastain, Muhammad. (2017). Branding dan eksistensi produk (kajian teoritik konsep branding dan tantangan eksistensi produk). CHANNEL: Jurnal Komunikasi 5(1):14–26. doi: 10.12928/channel.v5i1.6351.

Pranata, Rengga Madya, and Perjuangan Karawang. (2023). Pendampingan inovasi kemasan dan pemasaran digital produk UMKM Keripik Bawang Karya Mulya - Karawang. Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian 1514–27.

Rifianita, V., R. M. Falah, S. Pangestu. (2022). Pelatihan branding produk UMKM dan digital branding kerupuk kulit “Rambakku. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPUMJ 1–4.

Setiawan, Budi, and Adil Fadillah. (2020). Pendampingan penerapan strategi promosi berbasis digital bagi UMKM di wilayah Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan 1(1):29–36. doi: 10.37641/jadkes.v1i1.320.

Tresnawati, Yuni, and Kurniawan Prasetyo. (2018). Pemetaan konten promosi digital bisnis kuliner Kika’s Catering di media sosial. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat 3(1):102. doi: 10.24198/prh.v3i1.15333.

Downloads

Published

2024-03-18