Penyuluhan pengembangan inovasi media pembelajaran yang sesuai dengan abad 21 di sekolah Satu Atap Cimulya

Authors

  • Isnaini Wulandari Universitas Kuningan
  • Ndaru Mukti Oktaviani Kuningan University

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v7i1.21938

Abstract

Pendidikan abad 21 pada dasarnya bersifat konstruksional dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Sehingga guru harus dapat melakukan inovasi media pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan abad 21. Berdasarkan hasil wawancara dengan Kepala Sekolah Satu Atap Cimulya diketahui bahwa guru masih membutuhkan pengetahuan bagaimana pengambangan inovasi media pembelajaran yang sesuai dengan Abad 21. Tujuan dari pengabdian ini adalah: 1.) Memberikan pemahaman terhadap guru mengenai pendidikan abad ke 21 2.) Memberikan pengetahuan pada guru mengenai proses inovasi media pembelajaran yang sesuai dengan abad 21. Metode pelaksanaan pengabdian ini adalah menggunakan metode service learning sebagai salah satu pendekatan dalam pengajaran yang menggabungkan tujuan akademik dalam upaya menumbuhkan kesadaran dalam memecahkan persoalan secara langsung. Hasil kegiatan penyuluhan bagi guru untuk mengembangkan inovasi media pembelajaran yang sesuai dengan abad 21 Di Sekolah Satu Atap Cimulya diperoleh hasil 1) terbentuknya pengetahuan dan informasi baru bagi guru mengenai pendidikan abad ke 21; 2) terciptanya suatu pola peningkatan kualitas pembelajaran melalui pengembangan inovasi media pembelajaran yang sesuai dengan abad 21. Selain itu berdasarkan g-form yang diterima diketahui bahwa 80 % guru bersedia untuk melakukan pengembangan inovasi media pembelajaran yang sesuai dengan pendidikan abad 21

References

Ali Nur Aida, L. ’, Maryam, D., Febiola, F., Agami, S. D., & Fawaida, U. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 43–50. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index

Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560

Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Nur, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Mathsc Berbasis Android Menggunakan App Inventor 2 Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika. Jurnal Cendekia:Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 926–938.

Ansori, A., & Sari, A. F. (2020). Inovasi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 133–148. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/jlpn

Anugrah, M. N., Astuti, I., & Afandi. (2022). Analisis Karakter Pelajar Abad 21 Dalam Studi Kasus di SMA Kristen Makedonia. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13(2), 2022.

Arifin, Z., Surindra, B., Irmayanti, E., Afandi, T. Y., Lukiani, E. R. M., & Prastyaningtyas, E. W. (2022). Pendampingan Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Optimalisasi Pembelajaran. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(2), 486–496. https://doi.org/10.29407/ja.v6i2.17629

Tamin, K. B., Ubadah, U., & Mashuri, S. (2022). Tantangan Pendidikan dalam Era Abad 21. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Datokarama Palu , 338–342.

Dedy, G., Putra, D., Made, I., Saputra, G. N., Agus Wardana, K., Hindu, U., Gusti, N. I., & Sugriwa, B. (2021). Paradigma Pendidikan Abab 21 Di Masa Pandemi Covid-19 (Tantangan Dan Solusi). Jurnal Pusat Penjaminan Mutu, 2(2), 2746–7074.

Fadhila, S. A. (2022). Memahami Peran Guru Pada Abad 21 Serta Tantangan Pembelajaran (1).

Habib, A., Made Astra, I., & Utomo, E. (2020). Media Pembelajaran Abad 21: Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar. 3(1), 25–35.

Hadiyastama, M. F., Nurwahidin, M., & Yulianti, D. (2022). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia, 1(1), 11–18.

Hapsari, I. I., & Fatimah, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Guru DI SD Setu Kulon. “Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0, 187–194.

Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia SD/MI. Magistra, 10(1), 26–50.

Jan, H. (2017). Teacher of 21 st Century: Characteristics and Development. Research On Humanities and Social Sciences, 7(9), 2225–0484. www.iiste.org

Khairini, R., & Yogica, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Android Packaging Kit (APK) pada Materi Virus A R T I C L E I N F O. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 406–413. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index

Lalay, M. O., & Long, M. L. (2021). Perkembangan Pedagogi Berbasis Teknologi:Suatu Kajian Model Pembelajaran Abad-21 di daerah 3T di Masa Pandemi Covid 19. Yupa: Historical Studies Journal, 5(2), 101–110. http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/yupa

Latifah, H., & Ramadan, Z. H. (2023). Problematika Guru dalam Pemanfaatan Internet sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5823–5836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5330

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampikan Belajar Di Abad 21 Sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura:Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Mulyono, & Ampo, I. (2020). Pemanfaatan Media Dan Sumber Belajar Abad 21 Dalam Dunia Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Paedagogia, 9(2), 93–112. https://cetelogi.com/konsep-pendidikan-tradisional-dan-modern/

Nantara, M. G. R., & Wiradimadja, A. (2023). Inovasi belajar abad 21 melalui pengembangan media podcast pembelajaran IPS berbasis instagram. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 10(01), 69–87. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.57702

Nuralan, S. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Pada Masa Pendemi Covid-19 Di SMA Negeri I Tolitoli. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(7), 1917–1924.

Pramanik, D. P., Achmadi, M., & Nasution, D. Z. (2021). Media Belajar Inovatif Bagi Siswa Sdn 05 Pesanggrahan Jakarta: Pkm Dengan Konsep Service Learning. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan) , 1(1), 46–56. https://doi.org/10.59818/jpm

Pratiwi, D., Larasati, A. N., & Berutu, I. L. (2022). Pentingnya Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Digital Di Abad-21. Juornal Biology Education, Science & Technology, 5(2), 211–216.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rahmawati, S., & Nurachadija, K. (2023). Inovasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Strategi Mutu Pendidikan. Bersatu:Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 01–12. https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i5.303

Rahmawati, Y. P., & Salehudin, M. (2021). Optimalisasi pembelajaran abad 21 pada SMP dan SMA. Journal of Instructional and Development Researches, 1(3), 112–122. https://doi.org/10.53621/jider.v1i3.67

Redhana, W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253.

Roshonah, A. F., & Dwitami, T. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran dalam Proses Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa di Era Pandemi. Al-Manar: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 10(1), 91–102.

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 470–477.

Setiawan, B. (2020). Edukasi Literasi Keuangan Bagi Mahasiswa Di Kota Palembang. Integritas : Jurnal Pengabdian, 4(1), 1–8.

Setyowati, E., & Permata, A. (2018). Service Learning: Mengintegrasikan Tujuan Akademik Dan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat. Bakti Budaya, 1(2), 143–192. https://serc.carleton.

Siregar, I. A. (2021). Prinsip Dan Proses Pembuatan Keputusan. Journal Ability: Jurnal Of Education and Social Analysis, 2(3), 41–51.

Syawaludin, A., Makkasau, A., & Jamal, I. F. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN 197 Sapolohe Kecamana Bontobahari Kabupaten Bulukumba. JIKAP PGSD:Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 294–306.

Wahyudi Shaleh, T. (2022). Mengoptimalkan Peran Guru Dalam Melakukan Inovasi Pendidikan.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 ~ Universitas Kanjuruhan Malang, 1, 263–278.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 05(02), 3928–3936.

Yuliana, Y., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Interaktif untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(6), 6034–6039. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1733

Downloads

Published

2024-04-22