Workshop pengembangan digital marketing pada UMKM pembuatan desain konten media pemasaran di Kabupaten Kebumen
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v7i2.21969Abstract
Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mempunyai peranan penting dalam perekonomian masyarakat. Namun, kurangnya keterampilan dan pengetahuan pemasaran digital di kalangan UMKM menghambat kemampuan mereka untuk mempromosikan produk mereka secara efektif, sehingga menghasilkan keuntungan yang kurang optimal. Oleh karena itu, program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemasaran digital UMKM di Kabupaten Kebumen untuk membantu mereka beradaptasi dengan era digital dan meningkatkan kinerja usahanya. Tujuannya adalah untuk memberikan pelatihan terstruktur dan mendalam untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang pemasaran digital dan penerapannya dalam mempromosikan produk mereka. Program pelatihan tersebut berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam memanfaatkan alat dan platform pemasaran digital. Penggunaan Canva untuk pembuatan konten dan pengelolaan media sosial diterima dengan baik, sehingga memotivasi para peserta untuk mengeksplorasi dan berinovasi dalam strategi pemasaran digital mereka.
References
Alwendi. (2022). Sosialisasi Digital Marketing DalamMeningkatkan Pendapatan UMKMDi Desa Basilam Baru Kecamatan Muara Tais-II Kabupaten Tapanuli Selatan. Welfare Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–8.
Amalia, R., Cahyaning, S., & Salama, U. (2023). Pemanfaatan digital marketing pada umkm di jawa timur utilization of digital marketing in SMEs IN EAST JAVA. In Abdimas Galuh (Vol. 5, Issue 1).
Andinna Ananda Yusuff, Surya Permana, I., & Herawati, T. (2022). Pengenalan Digital Marketing Bagi Pelaku Usaha UMKM Kelurahan Kebonbaru Kecamatan Kejaksan. JURNAL SOSIAL & ABDIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 91–97. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsa
Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal Resti, 1(2), 131–136.
Awaludin, A. (2023). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran umkm produk cemilan bu ela di Desa Gempol. Abdimas Galuh (Vol. 5, Issue 1).
Dewayana, B., Purno, A., Wibowo, W., & Artikel, I. (2021). Menentukan Customer Segment dan Segment Pasar UMKM (Foodendez) Dengan Metode Decision Tree. JURNAL INFORMATIKA, 8(2). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji
Fitriyah, Z., Kelvlin Sofani, R., Chandra Asia, C., & Rizki Firmansyah, M. (2023). Penggunaan Aplikasi Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Umkm Use of Digital Marketing Applications in Umkm Development Efforts. 3(3), 30–40. https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i3
Izzalqurny, T. R., Permatasari, F. P., Nawang Wulan, G. A., & Anitsa, D. (2022). Upaya Pengembangan UMKM Melalui Strategi Online marketing di Desa Duwet Krajan Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 3(2), 138–147. https://doi.org/10.36596/jpkmi.v3i2.401
Sasa, S., Sapto Adi, D., Triono, M. A., & Supanto, F. (2021). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 358–371. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5366
Satria Adi, T., Wikartika, I., & Timur, J. (2023). Door-to-Door Socialization of Digital Marketing for MSMEs in Sumberjo Village. JURAI: Jurnal ABDIMAS Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.59841/jai.v1i2.96
Siwiyanti, L., Ramdan, A. M., Komariah, K., Asriyanik, A., & Nurmillah, R. (2023). PENDAMPINGAN PEMASARAN UMKM SUKABUMI MELALUI APLIKASI WARUNG DIGITAL. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 353. https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i2.45323
Susanti, A. E. (2020). Pelatihan manajemen kelas bagi guru untuk mencapai tujuan pembelajaran (Vol. 3).
Ulya, H., & Wulandari, N. A. (2023). Sosialisasi Bank Syariah Pada Usaha Mikro Kecil Menengah di Desa Pager dalam menggerakkan ekonomi daerah. Abdimas Siliwangi, 6(3), 531–550. https://doi.org/10.22460/as.v6i3.18170
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).