Workshop pengembangan digital marketing pada UMKM pembuatan desain konten media pemasaran di Kabupaten Kebumen

Authors

  • Lolanda Hamim Annisa UNIVERSITAS PUTRA BANGSA
  • Dian Rusvinasari UNIVERSITAS PUTRA BANGSA
  • Awaludin Abid UNIVERSITAS PUTRA BANGSA

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v7i2.21969

Abstract

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mempunyai peranan penting dalam perekonomian masyarakat. Namun, kurangnya keterampilan dan pengetahuan pemasaran digital di kalangan UMKM menghambat kemampuan mereka untuk mempromosikan produk mereka secara efektif, sehingga menghasilkan keuntungan yang kurang optimal. Oleh karena itu, program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemasaran digital UMKM di Kabupaten Kebumen untuk membantu mereka beradaptasi dengan era digital dan meningkatkan kinerja usahanya. Tujuannya adalah untuk memberikan pelatihan terstruktur dan mendalam untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang pemasaran digital dan penerapannya dalam mempromosikan produk mereka. Program pelatihan tersebut berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam memanfaatkan alat dan platform pemasaran digital. Penggunaan Canva untuk pembuatan konten dan pengelolaan media sosial diterima dengan baik, sehingga memotivasi para peserta untuk mengeksplorasi dan berinovasi dalam strategi pemasaran digital mereka.

References

Alwendi. (2022). Sosialisasi Digital Marketing DalamMeningkatkan Pendapatan UMKMDi Desa Basilam Baru Kecamatan Muara Tais-II Kabupaten Tapanuli Selatan. Welfare Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–8.

Amalia, R., Cahyaning, S., & Salama, U. (2023). Pemanfaatan digital marketing pada umkm di jawa timur utilization of digital marketing in SMEs IN EAST JAVA. In Abdimas Galuh (Vol. 5, Issue 1).

Andinna Ananda Yusuff, Surya Permana, I., & Herawati, T. (2022). Pengenalan Digital Marketing Bagi Pelaku Usaha UMKM Kelurahan Kebonbaru Kecamatan Kejaksan. JURNAL SOSIAL & ABDIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 91–97. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsa

Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal Resti, 1(2), 131–136.

Awaludin, A. (2023). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran umkm produk cemilan bu ela di Desa Gempol. Abdimas Galuh (Vol. 5, Issue 1).

Dewayana, B., Purno, A., Wibowo, W., & Artikel, I. (2021). Menentukan Customer Segment dan Segment Pasar UMKM (Foodendez) Dengan Metode Decision Tree. JURNAL INFORMATIKA, 8(2). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji

Fitriyah, Z., Kelvlin Sofani, R., Chandra Asia, C., & Rizki Firmansyah, M. (2023). Penggunaan Aplikasi Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Umkm Use of Digital Marketing Applications in Umkm Development Efforts. 3(3), 30–40. https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i3

Izzalqurny, T. R., Permatasari, F. P., Nawang Wulan, G. A., & Anitsa, D. (2022). Upaya Pengembangan UMKM Melalui Strategi Online marketing di Desa Duwet Krajan Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 3(2), 138–147. https://doi.org/10.36596/jpkmi.v3i2.401

Sasa, S., Sapto Adi, D., Triono, M. A., & Supanto, F. (2021). Optimalisasi Usaha Kecil Menengah melalui Pelatihan Digital Marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(3), 358–371. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5366

Satria Adi, T., Wikartika, I., & Timur, J. (2023). Door-to-Door Socialization of Digital Marketing for MSMEs in Sumberjo Village. JURAI: Jurnal ABDIMAS Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.59841/jai.v1i2.96

Siwiyanti, L., Ramdan, A. M., Komariah, K., Asriyanik, A., & Nurmillah, R. (2023). PENDAMPINGAN PEMASARAN UMKM SUKABUMI MELALUI APLIKASI WARUNG DIGITAL. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 353. https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i2.45323

Susanti, A. E. (2020). Pelatihan manajemen kelas bagi guru untuk mencapai tujuan pembelajaran (Vol. 3).

Ulya, H., & Wulandari, N. A. (2023). Sosialisasi Bank Syariah Pada Usaha Mikro Kecil Menengah di Desa Pager dalam menggerakkan ekonomi daerah. Abdimas Siliwangi, 6(3), 531–550. https://doi.org/10.22460/as.v6i3.18170

Downloads

Published

2024-06-29

Issue

Section

Articles