Pelatihan pengajaran hafalan quran melalui metode ritme otak sebagai upaya meningkatkan keterampilan mengajar guru Madrasah Diniyah Kecamatan Pangalengan

Authors

  • Dinar Nur Inten Universitas Islam Bandung
  • Helmi Aziz Universitas Islam Bandung
  • Haditsa Qurani Nur Hakim Universitas Islam Bandung
  • Dewi Mulyani Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v7i2.22656

Abstract

Al-Quran merupakan pedoman utama hidup seorang muslim, maka oleh karena itu kewajiban setiap muslim untuk mampu membaca Al-Quran dan mengajarkannya dengan baik dan benar. Namun dengan banyaknya anak yang belajar di madrasah diniyah menjadikan para guru kebingungan dalam menentukan metode yang tepat dan bermakna dalam membaca dan menghafal Al-Quran. Sehingga hal ini berdampak terhadap kurangnya kemampuan anak dalam membaca Al-Quran. Oleh karena itu tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini untuk mengenalkan guru-guru madrasah pada sebuah metode mengaji dan menghafal Al-Quran bagi anak madrasah yang menarik dan menyenangkan dengan melibatkan ragam kecerdasan. Metode yang digunakan dalam pengabdian yaitu Community-Based Participatory Research (CBPR) merupakan sebuah metode yang berupaya memfasilitasi masyarakat dalam meningkatan kualitas akademik, yaitu kemampuan membaca dan menghafal Al-Quran. Hasil pengabdian membuktikan dengan adanya pelatihan metode Ritme Otak untuk hafalan Quran, pengetahuan dan keterampilan guru dalam menggunakan metode pengajaran dan hafalan Al-Quran meningkat, dan hal ini berdampak terhadap tumbuhnya minat anak madrasah akan membaca dan menghafal Al-Quran.

References

Agustin, Mubiar, Dinar Nur Inten, Andalusia Neneng Permatasari, and Dewi Mulyani. 2021. “Strategi Guru PAUD Dalam Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Di Saat Belajar Dari Rumah.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. doi: 10.31004/obsesi.v5i2.1055.

Alhamuddin, Alhamuddin, Helmi Aziz, Dinar Nur Inten, and Dewi Mulyani. 2020. “Pemberdayaan Berbasis Asset Based Community Development Untuk Meningkatkan Konpetensi Profesional Guru Madrasah Di Era Industri 4.0.” International Journal of Community Service Learning. doi: 10.23887/ijcsl.v4i4.29109.

Alhamuddin, Alhamuddin, Dinar Nur Inten, Dewi Mulyani, and Revan Dwi Erlangga. 2022. “ 21 St Century Learning .” Proceedings of the 4th Social and Humanities Research Symposium (SoRes 2021) 658(SoRes 2021):332–37. doi: 10.2991/assehr.k.220407.067.

Alhamuddin, Alhamuddin, Dinar Nur Inten, Dewi Mulyani, Asep Dadan Suganda, Juhji Juhji, Veena Prachagool, and Prasart Nuangchalerm. 2023. “Multiple Intelligence-Based Differential Learning on Critical Thinking Skills of Higher Education Students.” International Journal of Advanced and Applied Sciences 10(8):132–39. doi: 10.21833/ijaas.2023.08.015.

Aziz, Helmi, Khambali Khambali, Dinar Nur Inten, and Dewi Mulyani. 2021. “Improving the Pedagogic Competence of Madrasa Diniyah Takmiliyah Teachers as an Attempt to Improve the Quality of Quran Learning Based on Blended Learning during the COVID-19 Pandemic.” Pp. 270–74 in Proceedings of the 4th Social and Humanities Research Symposium (SoRes 2021).

Febriyanti, Meliyana, Hindun Hindun, and Rina Juliana. 2022. “Implementasi Program Metode Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Islamic Education Studies : An Indonesia Journal. doi: 10.30631/ies.v5i1.36.

Inten, Dinar Nur. 2017. “Penanaman Kejujuran Pada Anak Dalam Keluarga.” FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga 3(1).

Inten, Dinar Nur, and Susanti Agustina. 2022. “Qur’an Literacy Activities for Children and Parents during Children’s Study at Home.” Al-Athfal 8(1):13–26. doi: https://doi.org/10.14421/al-athfal.2022.81-02.

Inten, Dinar Nur, Helmi Aziz, Khambali Khambali, and Dewi Mulyani. 2021. “Upaya Meningkatkan Kualitas Pengajaran Al-Quran Di Madrasah Diniyah Berbasis Blended Learning Saat Masa Pandemi Covid -19.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(1):1–9. doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.1024.

Inten, Dinar Nur, Helmi Aziz, Dewi Mulyani, and Haditsa Qur’ani Nurhakim. 2023. “Pendampingan Guru Madrasah Diniyyah Dalam Melaksanakan Pembelajaran Literasi Al-Qur’an Melalui Model PAIKEM.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(1):2259–66.

Inten, Dinar Nur, Dewi Mulyani, and Helmi Aziz. 2023. “Strategi Ibu Dalam Menumbuhkan Literasi Pada Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(3):2999–3012. doi: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4498.

Irawan, Kukuh Adi, Hisam Ahyani, Ahmad Jafari, and Achmad Rofik. 2021. “Peran Madrasah Diniyah An Nur Dalam Pengembangan Pendidikan Islam Melalui Tradisi Keagamaan.” Fitrah: Journal of Islamic Education. doi: 10.53802/fitrah.v2i1.50.

Iswati, Iswati, Diah Novita Fardani, Heri Cahyono, and Syaiful Anam. 2021. “Pelatihan Menghafal Al-Qur’an Dengan Metode Ritme Otak Kanan Bagi Santri Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Hikmah.” Bulletin of Community Engagement 1(1):21. doi: 10.51278/bce.v1i1.85.

Lestari. 2019. “Implementasi Metode Ritme Otak Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri Di Pesantren Persatuan Islam 153 Al-Firdaus Cipatat Kabupaten Bandung Barat.” Prosiding Pendidikan Agama Islam 5(1):137–42.

Halimatussa’diyah Lubis. 2020. “Urgensi Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Alquran Di Raudhatul Athfal Kota Medan.” Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam 12(1):60–68. doi: 10.30596/intiqad.v12i1.4650.

Mahdali, Fitriyah. 2020. “Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an Dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan.” Mashdar: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Hadis. doi: 10.15548/mashdar.v2i2.1664.

Maulina, Aisyah, and Robie Fanreza. 2023. “Implementasi Pengajaran Al-Qur’an Dengan Metode Ritme Otak.” Journal on Teacher Education 5(1):1–10. doi: https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.15765.

Mulyani, Dewi, Imam Pamungkas, and Dinar Nur Inten. 2018. “Literasi Al-Quran Untuk Anak Usia Dini Dengan Teknik Bercerita.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2(2):202–10. doi: 10.31004/obsesi.v2i2.72.

Pamungkas, Muhamad Imam, Dewi Mulyani, and Dinar Nur Inten. 2019. “Literation of Al-Quran for Early Age with Playing Techniques.”

Taja, Nadri, Dinar Nur Inten, and Arif Hakim. 2019. “Efforts to Increase Skills Teaching Al-Qur’an Study for Teachers.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(1):58–69. doi: 10.31004/obsesi.v3i1.135.

Tim Penyusun Panduan CBR. 2015. Community Based Reserch. Panduan Merangcang Dan Melaksanakan Penelitian Bersama Komunita.

Downloads

Published

2024-06-29

Issue

Section

Articles