Peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah sains guru sekolah di SMA Darrut Tauhid Arosbaya Kabupaten Bangkalan

Authors

  • Aulia Dawam STKIP PGRI Bangkalan
  • Yusrianto Sholeh STKIP PGRI Bangkalan
  • Ruski STKIP PGRI Bangkalan
  • Romiftahul Ulum STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v7i2.22865

Abstract

Data kemampuan guru dalam menulis artikel ilmiah sangat terbatas. Hal ini dapat dijelaskan dengan: 1) Pengetahuan guru tentang menulis artikel ilmiah masih lemah, 2) Guru masih kesulitan dalam melakukan penelitian kelas yang mengarah pada publikasi ilmiah. Padahal kenyataannya, banyak guru yang hanya berhenti di kelas IVa. Memang, pindah ke kelompok berikutnya mensyaratkan aspek publikasi artikel ilmiah hasil penelitian. 3) Semangat fakultas untuk menulis artikel ilmiah rendah. Dari permasalahan tersebut dapat dibentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat bagi guru SMA se-kabupaten Bangkalan. Berdasarkan observasi awal di SMA Darrut Tauhid Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan, pihak sekolah mengeluhkan Permasalahan yang dihadapi sekolah adalah masih kurang mampu dalam melakukan pembuatan artikel ilmiah sains yang sesuai dengan kaidah penulisan jurnal terakreditasi nasional. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah di bidang IPA & IPS bagi guru-guru sekolah di SMA Darrut Tauhid Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat guru SMA Darrut Tauhid meliputi ceramah, dan diskusi untuk guru yang sudah memiliki proyek artikel ilmiah. Jumlah peserta hadir dari kegiatan ini antara lain 36 orang guru SMA Darrut Tauhid Kecamatan Arosbaya. Kegiatan kemasyarakatan ini akan dilakukan dengan memberikan kuis sebelum dan sesudah pelatihan penulisan artikel ilmiah. Dari hasil kegiatan ini, minat belajar menulis jurnal di kalangan guru SMA di Kabupaten Bangkalan sangat tinggi, terbukti dengan relatif tingginya jumlah guru yang mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Rata-rata peningkatan N-gain yang ternormalisasi adalah 1,85 pada ujung atas yang berarti telah terjadi peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah bagi guru sekolah di SMA Darrut Tuhid melalui pengabdian masyarakat ini.

References

Abdussamad, Z. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif

Ellianawati, B. S., Linuwih, S., Sopyan, A., & Marwoto, P. (2012). Strategi Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran IPA Sebagai Upaya untuk memberdayakan Guru SD Kecamatan Gunungpati Semarang. Laporan Pengabdian Masyarakat. Fisika-FMIPA Unnes: Semarang.

Fitriyah, R. N. (2021). Analisis Penyusunan dan Publikasi Karya Tulis Ilmiah Sebagai Tolok Ukur Kompetensi Widyaiswara. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 9(2), 116-126.

Hasanah, F. N., Megawati, F., Shofiyah, N., Jannah, M., & Rindiani, R. (2020). Pelatihan Daring Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sidoarjo. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 5(2), 515-521.

Hidayah, R. (2020). Pelatihan penulisan artikel ilmiah berbasis penelitian tindakan kelas (ptk) bagi guru kimia SMA di MGMP kimia SMA kabupaten Kediri. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 107-110.

Indonesia, D. P. R. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia tentang Guru dan Dosen

Ma’ruf, M. H., & Fitria, T. N. (2021). Pelatihan penulisan artikel ilmiah dari skripsi dan tesis untuk mahasiswa serta cara publikasinya ke jurnal nasional. Jurnal ABDAYA: Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 6-12.

Malik, M., & Fazrin, A. N. (2023). Penerapan model pembelajaran berpikir induktif pada pembelajaran menulis latar belakang masalah karya ilmiah:(Studi kasus Di Kelas XI di SMA Mekar Arum Bandung Tahun Ajaran 2021/2022). Journal of Education for The Language and Literature of Indonesia, 1(2), 94-106.

Marwoto, P., Sopyan, A., Linuwih, S., Subali, B., & Ellianawati, E. (2013). Peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah sains guru sekolah dasar melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Jurnal Abdimas, 17(2), 111-116.

Mutu, P. P. (2003). Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Nasution, L. (2020). Hak kebebasan berpendapat dan berekspresi dalam ruang publik di era digital. Adalah, 4(3), 37-48.

Pramesti, D. A. (2019). Gaya Selingkung sebagai Identitas Format Penulisan Artikel Jurnal.

Pratiwi, S. R., Nainggolan, Y. T., & Cahyaningrum, W. (2022). Pelatihan penulisan dan penulisan artikel ilmiah bagi guru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bestari, 1(4), 167-178.

Putri, N. P., & Hum, S. (2019). Media luar ruang di Pacitan. PROSIDING, 120.

Rahayu, R. (2024). Efektivitas Model Somatis, Auditori, Visual Dan Intelektual (Savi) Pada Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia.

Ridwan, M., Suhar, A., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51.

Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Rostiany, Y., & Tjandra, E. (2022). Analisis Bibliometrik Studi Perkembangan Metode Service Quality pada Database Google Scholar Menggunakan Vosviewer (Studi Literatur Tahun 2016–2020). SMATIKA JURNAL: STIKI Informatika Jurnal, 12(01), 85-93.

Sari, K. M. (2022). Perbandingan Kata Kunci Pada Abstrak Skripsi Dengan Subjek Yang Dikaji Menggunakan Dalil Zipf (Studi Kasus Skripsi Mahasiswa Prodi PIAUD FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh). UIN Ar-Raniry.

Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi profesional guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258-264.

Syachbrani, W., & Hamka, R. A. (2022). Pelatihan konversi skripsi menjadi artikel ilmiah dalam meningkatkan kemampuan dan minat menulis artikel mahasiswa. Jurnal Pemantik, 1(2), 115-124.

Zulmiyetri, N., dan Safaruddin. (2019). Penulisan Karya Ilmiah (pp. 1-307).

Downloads

Published

2024-06-29

Issue

Section

Articles