Pemanfaatan aplikasi english score dalam peningkatkan nilai TOEFL mahasiswa tadris Bahasa Indonesia IAIN lhokseumawe

Authors

  • Bungsu Keumala Sari Bungsu Keumala Sari Universitas Malikussaleh
  • Fidyati Fidyati Fakultas Teknik, Universitas Malikussaleh
  • Razali Razali FKIP, Universitas Syiah Kuala
  • Rahmati Rahmati 5Fakultas Komputer dan Multimedia, Universitas Kebangsaan Indonesia
  • Asmaul Husna5 Fakultas Komputer dan Multimedia, Universitas Kebangsaan Indonesia
  • Isfiana Nursari SMPN 13 Lhokseumawe

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v7i2.22963

Abstract

Tujuan Pengabdian Masyarakat adalah untuk meningkatkan nilai mahasiswa semester 4 Jurusan Bahasa Indonesia, IAIN Lhokseumawe dalam mengerjakan soal-soal tes TOEFL. Tes tersebut merupakan tes terstandarisasi digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang sebagai penutur bahasa asing. Tes TOEFL dianggap penting terutama bagi mahasiswa yang berencana melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau bagi yang ingin bekerja di negara dimana bahasa Inggris adalah bahasa utama dalam berkomunikasi. Aplikasi English Score merupakan aplikasi yang tepat untuk melatih dalam peningkatkan nilai TOEFL yang bisa digunakan secara fleksibel. Terdapat 3 tahap yang dilakukan dalam kegiatan ini, yaitu observasi untuk mengetahui pengetahuan dasar terkait TOEFL, implementasi penggunaan aplikasi English Score, dan kegiatan akhir ditutup dengan evaluasi untuk mengetahui pemahaman mahasiswa dalam pemanfaatan aplikasi English Score. Hasil kegiatan dalam pengabdian menunjukkan dampak positif yang signifikan terhadap pemahaman mahasiswa dalam meningkatkan nilai TOEFL, terutama structure dan reading. Kesuksesan terhadap terlaksanaya dengan baik kegiatan tersebut menciptakan potensi dalam pengembangan program serupa di jurusan atau perguruan tinggi lain. Selain itu, adanya kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif guna mempersiapkan mahasiswa menghadapi persaingan di dunia pendidikan dan karir global.

References

Gunuc, S., & Kuzu, A. (2014). Factors Influencing Student Engagement and the Role of Technology in Student Engagement in Higher Education: Campus-Class- Technology Theory. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry.

Herwandar, R., Safryono, D. A., & Haryono, P. Y. (2012). Evaluasi Program Matrikulasi” TOEFL” Mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia 2010/2011. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 1(3), 179-188.

Ilham, I., Irwandi, I., Isnaini, Y., Rahmaniah, R., Hudri, M., & Bafadal, M. F. (2021). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DASAR PADA SANTRI PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM DI KEKALIK, SEKARBELA, MATARAM. JCES (Journal of Character Education Society), 4(4), 1051-1060.

Kalanzadeh, G. A., Soleimani, H., & Bakhtiarvand, M. (2014). Exploring the Influence of Using Technology on Iranian EFL Students’ Motivation. Procedia - Social and Behavioral Sciences.

Kartikawati, D, Fitriningtyas, A & Frisdiana, W I. (2014). Peningkatan Kemampuan TOEFL Bagi Guru-Guru SMA di Kabupaten Tulungagung. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 2(1), 10-13

Kori, K., Pedaste, M., Altin, H., Tõnisson, E., & Palts, T. (2016). Factors That Influence Students’ Motivation to Start and to Continue Studying Information Technology in Estonia. IEEE Transactions on Education.

Philips, D. (2004). Longman introductory course for the TOEFL test: The paper tests. New York: Pearson Education.

Purnaning, E. R., Ayuningtyas, A. K., Kridaningtyas, I., & Nurul, H. (2014). Upgrade TOEFL Score: Rahasia Melejitkan Skor TOEFL.

Sucahyo, S A. (2016). Peta Nilai TOEFL Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Jurnal Fenomena, 8(1), 101-109.

Sudirman, A. (2020). Peningkatan Kompetensi Bahasa Inggris bagi Dosen-dosen Unma Banten melalui Pelatihan “TOEFL Strategies and Predictions”. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 271- 278.

Sukur, S. G. (2013). Magic trick TOEFL ITP: magic trick menyelesaikan soal-soal TOEFL ITP ala sang pakar.

Utami, S. S., & Pirmansyah, B. (2018). Peningkatan Skor Test Bahasa Inggris (TOEFL) Melalui Pelatihan Secara Intensif. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(2), 36-46.

Downloads

Published

2024-06-29

Issue

Section

Articles