Pelatihan pipe cleaner creation sebagai upaya peningkatan keterampilan ibu-ibu dharma wanita MAN 3 Jember

Authors

  • Niswatul Imsiyah Universitas Jember
  • Frimha Purnamawati Universitas Jember
  • Nani Sintiawati Universitas Jember
  • Irliana Faiqotul Himmah Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v7i2.23060

Abstract

Aktivitas Dharma Wanita yang dilakukan sangat luas mulai dari sosialisasi, publikasi, seminar, hingga pelatihan untuk sosial kemasyarakatan. Dalam menjalankan bakti amanah, mereka juga berikhtiar melakukan pelatihan dan pengembangan. Pelatihan dilakukan dengan jangka pendek untuk mempelajari pengetahuan dan keterampilan teknis. Pada pelaksanaan program kerja, Dharma Wanita masih kurang dalam memiliki sumber daya manusia yang ahli. Diperlukannya sumber daya manusia yang memiliki kompetensi, profesionalisme, dan komitmen tinggi yang dapat membantu tercapainya tujuan organisasi. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan keahlian dari segi pengetahuan maupun teknologi. Pelatihan ini harapannya bisa menambah pengetahuan, meningkatkan keterampilan dan kreativitas ibu-ibu dharma wanita mengenai Pipe Cleaner. Dengan begitu, Dharma Wanita dapat membuka lapangan kerja untuk wanita di sekitarnya. Sasaran dari program pelatihan ini ialah ibu-ibu Dharma Wanita MAN 3 Jember. Melalui pelaksanaan pelatihan ini peserta pelatihan dapat memberdayakan sumber daya manusia dan mengembangkan keterampilan praktis yang dapat diterapkan nantinya dalam kegiatan sehari-hari atau bahkan bisa menjadi potensi sumber penghasilan tambahan melalui menjual produk-produk yang mereka hasilkan melalui pipe cleaner. Adapun hasil pengabdian dilihat dari antusias para Ibu Dharma Wanita MAN 3 Jember dalam mengikuti pelatihan, hal ini dapat dilihat dari hasil kuesioner, mengatakan bahwa Ibu-ibu Dharma Wanita sangat senang dan merasakan manfaatnya dengan mengenal media pipe cleaner.

Kata Kunci : pelatihan, keterampilan, pipe cleaner, pemberdayaan, Dharma Wanita

References

Fauzi, I. K. A. (2011). Mengelola Pelatihan Partisipatif (Kesatu). Bandung. Alfabeta.

Hermawati, R., Firdaus, A., Suryani, N. L., Rozi, A., & Erlangga, H. (2021). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank Bjb Di Cabang Balaraja Banten. Banten. Jurnal Ilmiah, Manajemen Sumber Daya Manusia Jenius.

Kamil, M. (2012). Model Pendidikan Dan Pelatihan (Riduwan, Ed.; Kedua). Bandung. Alfabeta.

Marjukah, A. (2022). Pengaruh Pelatihan Pemasaran Digital Terhadap Kinerja Umkm Pada Masa Pandemi Covid-19. Klaten. Jurnal Keuangan Dan Bisnis.

Nirmalasari, V., & Winarti, W. (2020). Pengaruh Pelatihan (Bhd) Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat. Jakarta. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia.

Bahasoan, S., & Dwinanda, G. (2022). Peran Kepuasan Kerja Memediasi Hubungan Keterampilan, Pelatihan Dan Kinerja Pegawai Pt Bosowa Propertindo Makassar. Makassar. Jurnal Manajemen Stie Muhammadiyah Palopo.

Downloads

Published

2024-06-29

Issue

Section

Articles