Pelatihan pembuatan logo dan label bagi masyarakat penerima UMKM di Desa Tolomato, Kecamatan Suwawa Tengah, Kabupaten Bone Bolango

Authors

  • Nursiti Aisyah Paputungan Universitas Nahdlatul Ulama Gorontalo
  • Mey Yulan Moko

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v7i2.23146

Abstract

Logo dan pelabelan sangat berperan penting dalam mendukung usaha dari pelaku usaha itu sendiri, khususnya bagi pelaku UMKM atau Usaha, Mikro, Kecil, Menengah. Logo dan label merupakan wujud dari pemasaran dan pengenalan dari suatu produk agar lebih mudah dikenal masyrakat luas. Kegiatan Penelitian ini bertujuan untuk  memberikan pengetahuan tentang pembuatan logo dan label kepada masyarakat penerima manfaat UMKM di Desa Tolomato yang terdiri dari 25 orang. Kemudian memberikan pelatihan tentang pembuatan logo dan label yang menarik untuk meningkatkan minat konsumen pada produk jualan masyarakat penerima manfaat UMKM tersebut. Metode penelitian yang diterapkan dalam kegiatan penelitian ini yakni kualitatif deskriptif yang meliputi; Observasi, Wawancara, Pelaksanaan, dan Evaluasi. Hasil dari kegiatan pelatihan pembuatan logo dan label untuk masyarakat penerima manfaat UMKM adalah masyarakat penerima manfaat UMKM dapat membuat logo dan label untuk kemasan produk usaha mereka, desain lebih menarik konsumen, dan kemasan menggunakan standing pouch.

Kata Kunci : Logo, Label, Kemasan Produk, UMKM

References

Aldiansyah, M (2023). Ternyata Logo Kemasan Sangat Penting. https://manuva.com/blog/tips-packaging/ternyata-logo-kemasan-makanan-sangat-penting.

Astiti, N. dkk (2023). Pentingnya Kemasan Dalam Pemasaran Produk. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Badan Pengawas Obat dan Makanan No. 31 Tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan. https://tabelgizi.pom.go.id/regulasi/6_PerBPOM_Nomor_31_Tahun_2018_tentang_Label_Pangan_Olahan.pdf.

Basir Noho (2016) Perkembangan UMKM Bone Bolango Tumbuh 55,73 Persen. https://gorontalo.antaranews.com/

Himma,F (2022). Apa Itu Label Produk? Ini Definisi Dan Cara Membuatnya!. https://majoo.id/solusi/detail/label-produk

Jamrianti, R (2021). Pengemasan Dan Pelabelan Pangan: Packaging As a Product. Malang: AE Publishing

Rustan, S (2009). Mendesain Logo. Jakarta. Jakarta: Pt.Gramedia.

Pranoto, E (2024). Jurus Jitu Membuka Usaha Restoran. Yogayakarta: C.V Andi Offset

Tambunan, T (2021). UMKM Di Indonesia, Perkembangan, Kendala dan Tantangan.Indonesia: Prenada Media

Taufikkurahman, dkk. (2022) Pendampingan Pembuatan Label Pada Produk Kemasan UMKM Di Desa Besuk, Kecamatan Bantaran, Kabupaten Probolinggo.

Downloads

Published

2024-06-29

Issue

Section

Articles