Modul projek, terdiferensiasi, platform propepa: pendampingan untuk personalisasi pembelajaran P5 di Sekolah Dasar

Authors

  • Ryan Dwi Puspita IKIP Siliwangi
  • Deden Herdiana Althaftazani IKIP Siliwangi
  • Dida Firmansyah IKIP Siliwangi
  • Dini Susanti IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v7i3.24562

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah melakukan pendampingan untuk personalisasi pembelajaran P5 di sekolah dasar (SD) melalui penyusunan modul projek berorientasi terdiferensiasi berbantuan Platform ProPePa. PKM ini dilakukan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap perencanaan  dilakukan melalui kegiatan wawancara untuk mengetahui kebutuan mitra dan dilakukan juga persiapan materi serta kelengkapan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Tahap pelaksanaan dilakukan dengan workshop dan tahapan evaluasi dilakukan dengan pengumpulan produk berupa modul P5. Hasil PKM menunjukkan 90%  perserta antusias dalam praktik penyusunan modul P5. Peserta  ditugaskan untuk menggunggah modul P5 yang telah disusun ke Platform ProPePa dan dilakukan pemeriksaan kelayakan modul P5 untuk dimuat di Platform ProPePa. PKM ini berimplikasi pada kemudahan guru dalam menggunakan sumber belajar yang tepat khususnya dalam menyusun modul P5 di SD. Modul P5 yang dihasilkan guru ini dapat menjadi inspirasi untuk rekan lainnya dalam menyelenggarakan pembelajaran P5 yang sesuai konteks dan menciptakan personalisasi pembelajaran yang difasilitasi dengan pembelajaran terdiferensiasi di SD.

References

Bambang, L., & Hidayati, D. (2024). Strategi Kepala Sekolah dalam persiapan dan pelaksanaan P5 ( Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ) di Sekolah Luar Biasa. 15(1), 633–641.

Fadilah, R. E., Nuha, U., & Wahyuni, D. (2024). 767+Publish+178-183. 4(1), 178–183.

HAQ, A. (2023). Pelatihan Nasional Penyusunan Modul P5 Menggunakan Kreasi Ide Media Serbaneka Pada Kepala Sekolah Dan Guru. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 217–226. https://doi.org/10.26740/abdi.v8i2.21157

Muliana, I. K. E., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2022). The Role of P5 Activities in Forming The Character of Student. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(4), 1265–1274. https://doi.org/10.58344/jmi.v1i4.109

Novitasari, S., Angga, P. D., Wardani, K. S. K., Nurmawanti, I., & Nurwahidah, N. (2023). Sosialisasi Penyusunan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sdn 36 Cakranegara. Prosiding PEPADU, 5(1), 213–217. https://proceeding.unram.ac.id/index.php/pepadu/article/view/686

Nurhasanah, A., Eliyanti, M., Syafari, R., Indriani, P., & Haerani, S. (2024). Pendampingan Penyusunan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(12), 3589–3597. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i12.747

Nwike, M. C., & Catherine, O. (2013). Effects of use of instructional materials on students cognitive achievement in agricultural science. Journal of Educational and Social Research, 3(5), 103.

Puspita, R. D., Nugraha, T., Nurfurqon, F. F., & Mahardika, S. N. (2024). Survey of Teachers’ Learning Resource Needs for “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)” in Elementary School. Ictlt 2023, 59–66. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-206-4_8

Putri, Y. D. S., Khaerunisah, A., Astuti, D., Septiana, S., Alfiani, T., Fakhiroh, Z., & Febrianti, A. A. (2023). Implementation of the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) in Elementary School. Journal of Education and Teacher Training Innovation, 1(1), 11–23. https://doi.org/10.61227/jetti.v1i1.3

Rabbani, S., Wulandari, M. A., Fauzi, M. R., & Puspita, R. D. (2024). Validation of Learning Resources for Teacher in Implementing “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila” (P5) in Elementary School (Issue Ictlt 2023). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-206-4_9

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Setiawati, N. A., Dabukke, B. E., & Hutagaol, R. (n.d.). PENGUATAN PROFIL PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA DI YAYASAN SIT AL-FITYAH BINJAI.

Shemshack, A., & Spector, J. M. (2020). A systematic literature review of personalized learning terms. Smart Learning Environments, 7(1). https://doi.org/10.1186/s40561-020-00140-9

Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, M. R., Andiarti, A., & Herutami, I. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Memengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA). Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Suryani, M., Hasibuan, Z., & Santoso, H. (2014). Personalisasi Konten Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Tipe Belajar Triple-Factor dalam E-learning. Konferensi Nasional Sistem Informasi, February.

Tapalova, O., & Zhiyenbayeva, N. (2022). Artificial Intelligence in Education: AIEd for Personalised Learning Pathways. Electronic Journal of E-Learning, 20(5), 639–653. https://doi.org/10.34190/ejel.20.5.2597

Widana, I. W., Sumandya, I. W., & Dini Prastanti, N. P. (2023). Implementasi Metode Star Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Mengembangkan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 696. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i6.15621

Zuhro, N. S., Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Fitrianingtyas, A., Nurjanah, N. E., Jumiatmoko, J., & Winarji, B. (2023). Penerapan KSE dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Sekolah Penggerak di Kota Surakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4937–4945. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4991

Downloads

Published

2024-11-29