Modul projek, terdiferensiasi, platform propepa: pendampingan untuk personalisasi pembelajaran P5 di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v7i3.24562Abstract
Tujuan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah melakukan pendampingan untuk personalisasi pembelajaran P5 di sekolah dasar (SD) melalui penyusunan modul projek berorientasi terdiferensiasi berbantuan Platform ProPePa. PKM ini dilakukan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap perencanaan dilakukan melalui kegiatan wawancara untuk mengetahui kebutuan mitra dan dilakukan juga persiapan materi serta kelengkapan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Tahap pelaksanaan dilakukan dengan workshop dan tahapan evaluasi dilakukan dengan pengumpulan produk berupa modul P5. Hasil PKM menunjukkan 90% perserta antusias dalam praktik penyusunan modul P5. Peserta ditugaskan untuk menggunggah modul P5 yang telah disusun ke Platform ProPePa dan dilakukan pemeriksaan kelayakan modul P5 untuk dimuat di Platform ProPePa. PKM ini berimplikasi pada kemudahan guru dalam menggunakan sumber belajar yang tepat khususnya dalam menyusun modul P5 di SD. Modul P5 yang dihasilkan guru ini dapat menjadi inspirasi untuk rekan lainnya dalam menyelenggarakan pembelajaran P5 yang sesuai konteks dan menciptakan personalisasi pembelajaran yang difasilitasi dengan pembelajaran terdiferensiasi di SD.
References
Bambang, L., & Hidayati, D. (2024). Strategi Kepala Sekolah dalam persiapan dan pelaksanaan P5 ( Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ) di Sekolah Luar Biasa. 15(1), 633–641.
Fadilah, R. E., Nuha, U., & Wahyuni, D. (2024). 767+Publish+178-183. 4(1), 178–183.
HAQ, A. (2023). Pelatihan Nasional Penyusunan Modul P5 Menggunakan Kreasi Ide Media Serbaneka Pada Kepala Sekolah Dan Guru. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 217–226. https://doi.org/10.26740/abdi.v8i2.21157
Muliana, I. K. E., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2022). The Role of P5 Activities in Forming The Character of Student. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(4), 1265–1274. https://doi.org/10.58344/jmi.v1i4.109
Novitasari, S., Angga, P. D., Wardani, K. S. K., Nurmawanti, I., & Nurwahidah, N. (2023). Sosialisasi Penyusunan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sdn 36 Cakranegara. Prosiding PEPADU, 5(1), 213–217. https://proceeding.unram.ac.id/index.php/pepadu/article/view/686
Nurhasanah, A., Eliyanti, M., Syafari, R., Indriani, P., & Haerani, S. (2024). Pendampingan Penyusunan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(12), 3589–3597. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i12.747
Nwike, M. C., & Catherine, O. (2013). Effects of use of instructional materials on students cognitive achievement in agricultural science. Journal of Educational and Social Research, 3(5), 103.
Puspita, R. D., Nugraha, T., Nurfurqon, F. F., & Mahardika, S. N. (2024). Survey of Teachers’ Learning Resource Needs for “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)” in Elementary School. Ictlt 2023, 59–66. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-206-4_8
Putri, Y. D. S., Khaerunisah, A., Astuti, D., Septiana, S., Alfiani, T., Fakhiroh, Z., & Febrianti, A. A. (2023). Implementation of the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) in Elementary School. Journal of Education and Teacher Training Innovation, 1(1), 11–23. https://doi.org/10.61227/jetti.v1i1.3
Rabbani, S., Wulandari, M. A., Fauzi, M. R., & Puspita, R. D. (2024). Validation of Learning Resources for Teacher in Implementing “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila” (P5) in Elementary School (Issue Ictlt 2023). Atlantis Press SARL. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-206-4_9
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.
Setiawati, N. A., Dabukke, B. E., & Hutagaol, R. (n.d.). PENGUATAN PROFIL PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKA DI YAYASAN SIT AL-FITYAH BINJAI.
Shemshack, A., & Spector, J. M. (2020). A systematic literature review of personalized learning terms. Smart Learning Environments, 7(1). https://doi.org/10.1186/s40561-020-00140-9
Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, M. R., Andiarti, A., & Herutami, I. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Memengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA). Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Suryani, M., Hasibuan, Z., & Santoso, H. (2014). Personalisasi Konten Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Tipe Belajar Triple-Factor dalam E-learning. Konferensi Nasional Sistem Informasi, February.
Tapalova, O., & Zhiyenbayeva, N. (2022). Artificial Intelligence in Education: AIEd for Personalised Learning Pathways. Electronic Journal of E-Learning, 20(5), 639–653. https://doi.org/10.34190/ejel.20.5.2597
Widana, I. W., Sumandya, I. W., & Dini Prastanti, N. P. (2023). Implementasi Metode Star Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Mengembangkan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 696. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i6.15621
Zuhro, N. S., Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Fitrianingtyas, A., Nurjanah, N. E., Jumiatmoko, J., & Winarji, B. (2023). Penerapan KSE dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Sekolah Penggerak di Kota Surakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4937–4945. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4991
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).