Pengembangan pelatihan pengajaran tanggap budaya bagi calon guru (strategi dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, relevan, dan bermakna bagi siswa)

Authors

  • Riryn Fatmawaty Universitas Islam Lamongan
  • Elly Anjarsari Universitas Islam Lamongan
  • Moh. Nurman Universitas Islam Lamongan
  • Tiara Widyaiswara Universitas Islam Lamongan
  • Khotimaturrosyidah Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v7i3.24684

Abstract

Pengajaran yang responsif budaya merupakan suatu metode yang menggunakan perbedaan etnis siswa sebagai sumber motivasi dan sumber belajar guna meningkatkan relevansi dan efektivitas pembelajaran. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pendekatan pengajaran yang responsif budaya yang diajukan oleh Geneva Gay, yang melibatkan delapan karakteristik CRT seperti memvalidasi dan menegaskan, komprehensif dan inklusif, multidimensi, memberdayakan, transformatif, emansipatoris, humanistik, normatif, dan etis, serta pendekatan yang diusulkan oleh Ladson-Billings yang meliputi tiga komponen CRP yaitu prestasi akademik, kompetensi budaya, dan aspek sosio-politik. Kegiatan ini berbentuk pelatihan yang membahas strategi-strategi pembelajaran atau pengajaran yang berbasis tanggap budaya, khususnya ditujukan kepada calon guru (mahasiswa PLP FKIP Unisla).

Kata Kunci : Pengajaran tanggap budaya, calon guru, program pelatihan guru

References

Fadhlurrahman, M. (2019). Keragaman Budaya Bangsa sebagai Tantangan dan Peluang (pp. 1–11). Fakultas Ushuluddin Adab dan DakwahH Institut Agama Islam Negeri Pontianak.

Fonna, N. (2019). Pengembangan revolusi industri 4.0 dalam berbagai bidang. Guepedia.

Gay , G. (2018). Culturally responsive teaching : theory, research, and practice. https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&scope=site&db=nlebk&db=nlabk&AN=1716646

Gay, G. (2010). CulturallyResponsiveTeaching_TheoryResearchandPractice, Geneva Gay.PDF (Second Edi). Teacher College Press, Columbia University.

Ladson-Billings, G. (1995). Toward a theory of culturally relevant pedagogy. American Educational Research Journal, 32(3), 465–491.

Ladson-Billings, G. (2009). The dreamkeepers: Successful teachers of African American children. In The dreamkeepers: Successful teachers of African American children. (pp. xxii, 225–xxii, 225). Jossey-Bass.

Mansur, H. (2018). Implementasi Pendidikan Inklusi. Pustaka Senja.

Nadhiroh, Umi & Ahmadi, Anas. (2024). Pendidikan Inklusif: Membangun Lingkungan Pembelajaran Yang Mendukung Kesetaraan Dan Kearifan Budaya. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya. 8. 11. 10.30872/jbssb.v8i1.14072.

Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43–50.

UNESCO. (2009). Policy Guidelines on Inclusion in Education. UNESCO Publishing.

Downloads

Published

2024-11-29