Upaya pencegahan kekerasan seksual bagi remaja dilingkungan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Bait Et-Tauhdi Kota Serang
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v7i3.24984Abstract
Kekerasan seksual di kalangan remaja merupakan masalah serius dengan dampak jangka panjang pada kesehatan fisik dan mental korban. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis upaya pencegahan kekerasan seksual di lingkungan SMPIT Bait Et-Tauhdi Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, Focus Group Discussion (FGD), dan observasi partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan seksual komprehensif diakui sebagai elemen penting dalam pencegahan kekerasan seksual. Meskipun siswa memahami konsep batasan pribadi dan persetujuan, masih terdapat ketakutan untuk melaporkan kejadian kekerasan seksual. Guru dan staf sekolah memerlukan pelatihan yang lebih intensif mengenai cara mendeteksi dan menangani kasus kekerasan seksual. Sosialisasi kebijakan pencegahan kekerasan seksual juga perlu ditingkatkan untuk memastikan pemahaman dan implementasi yang efektif di kalangan komunitas sekolah. Kesimpulannya, untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan mendukung, diperlukan pendidikan seksual yang komprehensif, pelatihan berkelanjutan bagi guru dan staf, serta mekanisme pelaporan yang jelas dan efektif. Implementasi strategi pencegahan ini diharapkan dapat mengurangi insiden kekerasan seksual di lingkungan sekolah.
References
Andini, T. M. (2019). Identifikasi kejadian kekerasan pada anak di Kota Malang. Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(1), 13–28.
Espelage, D. L., Low, S., Van Ryzin, M. J., & Polanin, J. R. (2015). Clinical trial of second step middle school program: Impact on bullying, cyberbullying, homophobic teasing, and sexual harassment perpetration. School Psychology Review, 44(4), 464–479.
Finkelhor, D., Shattuck, A., Turner, H. A., & Hamby, S. L. (2014). The lifetime prevalence of child sexual abuse and sexual assault assessed in late adolescence. Journal of Adolescent Health, 55(3), 329–333.
Fulu, E., Miedema, S., Roselli, T., McCook, S., Chan, K. L., Haardörfer, R., Jewkes, R., Warner, X., Lang, J., & Naved, R. T. (2017). Pathways between childhood trauma, intimate partner violence, and harsh parenting: findings from the UN Multi-country Study on Men and Violence in Asia and the Pacific. The Lancet Global Health, 5(5), e512–e522.
Ghozali;, I. (2016). Desain penelitian kuantitatif dan kualitatif : untuk akuntansi , bisnis, dan ilmu sosial lainnya / Imam Ghozali. //senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=15078&keywords=
Hamid, A. (2022). Perspektif Hukum Terhadap Upaya Antisipasi Dan Penyelesaian Kekerasan Seksual Di Perguruan Tinggi. Al-Adl: Jurnal Hukum, 14(1), 42–64.
Joshi, P. K., Esko, T., Mattsson, H., Eklund, N., Gandin, I., Nutile, T., Jackson, A. U., Schurmann, C., Smith, A. V, & Zhang, W. (2015). Directional dominance on stature and cognition in diverse human populations. Nature, 523(7561), 459–462.
Kumari, F., & Syarif, J. (n.d.). Menapak Jejak Kekerasan Seksual di Dunia Kampus. Penerbit Adab.
Larasati, L., Simanjuntak, H., Sharah, W. W. A., Halimah, S., Nuryati, N., Rachmalia, N., Suminar, R., & Handayani, T. (2024). Melawan Kekerasan Seksual dengan Edukasi Remaja Perempuan di Desa Bantarjaya Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 1803–1809.
Lating, A. D. (2016). Konflik sosial remaja akhir (studi psikologi perkembangan masyarakat negeri mamala dan morella kecamatan leihitu kabupaten maluku tengah). FIKRATUNA: Jurnal Pendidikan & Pemikiran Islam, 8(1).
Mahendra, Y., Jundi, R., Wibowo, Z., Tristanty, N., Putri, F., & Sulasti, L. A. (2024). Transformation of Religious Rituals in Religious Tourism: History of Changes in Understanding and Celebration of Spirituality in the Community of Masjid Agung Banten Lama. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 12(2), 517–524. https://doi.org/10.24127/hj.v12i2.9683
Mahendra, Y., Mulyawan, G., Karina Putri, V., Bina Bangsa, U., & Banten, S. (2023). TRANSFORMASI PEMBELAJARAN SOSIOLOGI: PERAN KETERAMPILAN 4C DI ABAD 21. P2M STKIP Siliwangi, 10(2), 120–131. https://doi.org/10.22460/P2M.V10I2.4188
Mahendra, Y., Wulandari, G., & PGSD Universitas Bina Bangsa, P. (2023). Perubahan Sosial Budaya Suku Baduy Luar: Sebuah Analisis Interaksi Antara Tradisi Dan Modernitas. Jurnal Anak Bangsa, 2(2), 215–225. https://doi.org/10.46306/JAS.V2I2.41
Muhammad, A. R. (2023). Strategi Edukasi Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Terhadap Pencegahan Kekerasan Anak di Indonesia.
Nisrin, M., Surur, N., Thohirin, A., & Sundari, S. (2024). Pendidikan seksual: kebutuhan mendesak di tengah perkembangan teknologi dan informasi. PROGRESIF, 2(2), 44–53.
Sopyandi, S., & Sujarwo, S. (2023). Kekerasan Seksual Di Lingkungan Pendidikan Dan Pencegahannya. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 15(1), 19–25.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Alfabeta.
Sulistyo, R. B., & Kusumaningtyas, R. (2022). Keterbukaan Diri Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga Mengenai Trauma Yang Diderita Kepada Anggota Keluarga. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Suradipraja, V. S. A. C. (2024). Tinjauan Viktimologis terhadap Korban Revenge Porn Menurut Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual berdasarkan Tipologi Korban. Padjadjaran Law Review, 12(1), 20–31.
Susilowati, E. (2019). Penerapan Teknologi Pengembangan Masyarakat pada Program Desa Sabilulungan. Jurnal Ilmiah Perlindungan & Pemberdayaan Sosial, 1(1).
Yuniyanti, E. (2020). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Kekerasan Seksual terhadap Anak di Pusat Pelayanan Terpadu kota Semarang. Semarang: Program Studi Kesehatan Masyarakat Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).