Integrasi teknologi dalam pendidikan: Peningkatan literasi siswa dengan media digital reading
DOI:
https://doi.org/10.22460/as.v7i3.25037Abstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi siswa melalui integrasi teknologi dalam pendidikan, dengan fokus pada penggunaan media digital reading. Berdasarkan data UNESCO yang menunjukkan rendahnya minat baca di Indonesia, program ini dilaksanakan di SMP Mambaul Ulum Mayong, Lamongan. Metode yang digunakan mencakup pelatihan interaktif menggunakan platform Kahoot, e-book, jurnal online, dan artikel digital. Selama pelatihan, siswa diberikan materi mengenai cara mengakses dan memahami teks digital, serta strategi membaca yang efektif. Hasil dari pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan sebesar 25% dalam kemampuan literasi siswa. Selain itu, guru-guru dilibatkan dalam pelatihan untuk mendukung siswa dalam menggunakan teknologi digital. Evaluasi melalui kuesioner menunjukkan bahwa siswa merasa lebih percaya diri dalam membaca teks digital dan guru-guru berkomitmen untuk mengintegrasikan media digital dalam proses pembelajaran. Pengabdian ini menyimpulkan bahwa penggunaan teknologi digital secara efektif dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa dan memberikan dampak positif bagi kualitas pendidikan..
References
Ardiansyah, M. (2020). Pemanfaatan Aplikasi KAHOOT! Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kreatif. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah, 6(2)
Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., & Putra, A. B. N. R. (2019). Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 98-104
Dwilestari And Yulianingsih—PENERAPAN MEDIA KUIS INTERAKTIF KAHOOT DALAM MENIN.Pdf. (N.D.).
Elpira, B. (2018). Pengaruh Penerapan Literasi Digital Terhadap Peningkatan Pembelajaran Siswa Di SMP Negeri 6 Banda Aceh (Doctoral Dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Fadilah Bakri, N., Simaremare, E. S., Lingga, I. S., Susilowaty, R. A., Farmasi, J., Matematika, F., Ilmu, D., Alam, P., Cenderawasih, U., Kamp Walker, J., & Kode Pos, J. (2021). Pelatihan Pembuatan Materi Presentasi Dan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Kepada Guru Di Kota Medan dan Jayapura Secara Online. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(1).
Fadilah, B., Simaremare, E. S., & Lingga, I. S. (2021). Pelatihan Pembuatan Materi Presentasi dan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(1).
Hermawati, M., & Solihin, A. K. (2023). Pemanfaatan Media Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Siswa. Jurnal PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 158. Https://Doi.Org/10.30998/Jurnalpkm.V6i2.10477
Hermawati, M., & Solihin, A. K. (2023). Pemanfaatan Media Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Siswa. Jurnal Pkm (Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 158.
Hutapea, B., & Kalsum, U. (N.D.). Pembuatan Media Interaktif Literasi Numerasi Berbasis Aplikasi Kahoot.
Ichsan Mahardika, A., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring (Vol. 4, Issue 3).
Inggriyani, F., Fazriyah, N., Hamdani, A. R., & Purbasari, A. (2020). Pendampingan Model Pembelajaran Inovatif Menggunakan Kahoot Sebagai Digital Game Based Learning Di KKG Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan, 10(1), 59. Https://Doi.Org/10.26858/Publikan.V10i1.11992
Inggriyani, F., Fazriyah, N., Hamdani, A. R., & Purbasari, A. (2020). Pendampingan Model Pembelajaran Inovatif Menggunakan Kahoot Sebagai Digital Game Based Learning. Publikasi Pendidikan, 10(1), 59.
Khasanah, U., Sukmawati, F., & Fatimah, M. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Game Bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(4), 605–612.
Khasanah, U., Sukmawati, F., & Fatimah, M. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Game Bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(4), 605–612.
Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah Dan Guru Di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61-76.
Martikasari, K. (2018). Kahoot: Media Pembelajaran Interaktif Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional FKIP, 181–189. Https://Doi.Org/Doi.Org/10.24071/Snfkip.2018.19
Martikasari, K. (2018). Kahoot: Media Pembelajaran Interaktif Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional FKIP, 181–189. Https://Doi.Org/Doi.Org/10.24071/Snfkip.2018.19
Martikasari, K. (2018). Kahoot: Media Pembelajaran Interaktif Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional FKIP, 181–189.
Putri, Aprilia Riyana Dan Muzakki, Muhammad Alie. (2019). Implemetasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning Dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0. Kudus : Prosiding Seminar Nasional, Pgsd.Umk.Ac.Id
Setiyadi, R., Kuswendi, U., & Ristiana, M. G. (2019). Digital Literation Through Online Magazine In Learning Reading Comprehension In Elementary School. Primaryedu: Journal Of Primary Education, 3(2), 97-106.
Suryati, I., Permatasari, R., Rofiana, A. P., Miftah, R. N., & Musthofa, W. S. (2021). Game Based Assessment Untuk Pembelajaran Di Masa Pandemi: Kahoot! Jurnal Terapan Abdimas, 7(1), 60. Https://Doi.Org/10.25273/Jta.V7i1.10310
UNESCO. (2017). Data on Reading Habits in Indonesia.
Wahono, H.T.T., & Effrisanti, Y. (2018). Literasi Digital Di Era Millennial. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4 (1), Pp. 1
Wahono, H.T.T., & Effrisanti, Y. (2018). Literasi Digital Di Era Millennial. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 1.
Yustitia, V., Fanny, A. M., Kusmaharti, D., & Setiawan, B. (2021). Aplikasi Pembelajaran Tematik Berbasis TIK: PPM Bagi Guru SD Hang Tuah X Sedati. Manggali, 1(2), 137. Https://Doi.Org/10.31331/Manggali.V1i2.1692
Zaini, Z., Akbar, A., & Nugroho, A. (2023). Literasi Dan Numerasi Dengan Media Kreatif 3 Dimensi (3D) Di Yayasan Uswatun Hasanah Bontang. Abdimas Universal, 5(2), 270–277. Https://Doi.Org/10.36277/Abdimasuniversal.V5i2.343
Zaini, Z., Akbar, A., & Nugroho, A. (2023). Literasi Dan Numerasi Dengan Media Kreatif 3 Dimensi (3D). Abdimas Universal, 5(2), 270–277.
Downloads
Published
Issue
Section
License
1. Proposed Policy for Journals That Offer Open Access
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).