Integrasi teknologi dalam pendidikan: Peningkatan literasi siswa dengan media digital reading

Authors

  • Dian Luthfiyati Universitas Islam Lamongan
  • Fita Faridah Universitas Islam Lamongan
  • Riya Risqi Setyaningrum Universitas Islam Lamongan
  • Mukhtarul Anam Universitas Islam Lamongan
  • Zeppyca Almayda Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v7i3.25037

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi siswa melalui integrasi teknologi dalam pendidikan, dengan fokus pada penggunaan media digital reading. Berdasarkan data UNESCO yang menunjukkan rendahnya minat baca di Indonesia, program ini dilaksanakan di SMP Mambaul Ulum Mayong, Lamongan. Metode yang digunakan mencakup pelatihan interaktif menggunakan platform Kahoot, e-book, jurnal online, dan artikel digital. Selama pelatihan, siswa diberikan materi mengenai cara mengakses dan memahami teks digital, serta strategi membaca yang efektif. Hasil dari pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan sebesar 25% dalam kemampuan literasi siswa. Selain itu, guru-guru dilibatkan dalam pelatihan untuk mendukung siswa dalam menggunakan teknologi digital. Evaluasi melalui kuesioner menunjukkan bahwa siswa merasa lebih percaya diri dalam membaca teks digital dan guru-guru berkomitmen untuk mengintegrasikan media digital dalam proses pembelajaran. Pengabdian ini menyimpulkan bahwa penggunaan teknologi digital secara efektif dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa dan memberikan dampak positif bagi kualitas pendidikan..

References

Ardiansyah, M. (2020). Pemanfaatan Aplikasi KAHOOT! Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kreatif. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah, 6(2)

Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., & Putra, A. B. N. R. (2019). Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 98-104

Dwilestari And Yulianingsih—PENERAPAN MEDIA KUIS INTERAKTIF KAHOOT DALAM MENIN.Pdf. (N.D.).

Elpira, B. (2018). Pengaruh Penerapan Literasi Digital Terhadap Peningkatan Pembelajaran Siswa Di SMP Negeri 6 Banda Aceh (Doctoral Dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Fadilah Bakri, N., Simaremare, E. S., Lingga, I. S., Susilowaty, R. A., Farmasi, J., Matematika, F., Ilmu, D., Alam, P., Cenderawasih, U., Kamp Walker, J., & Kode Pos, J. (2021). Pelatihan Pembuatan Materi Presentasi Dan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Kepada Guru Di Kota Medan dan Jayapura Secara Online. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(1).

Fadilah, B., Simaremare, E. S., & Lingga, I. S. (2021). Pelatihan Pembuatan Materi Presentasi dan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(1).

Hermawati, M., & Solihin, A. K. (2023). Pemanfaatan Media Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Siswa. Jurnal PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 158. Https://Doi.Org/10.30998/Jurnalpkm.V6i2.10477

Hermawati, M., & Solihin, A. K. (2023). Pemanfaatan Media Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Siswa. Jurnal Pkm (Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 158.

Hutapea, B., & Kalsum, U. (N.D.). Pembuatan Media Interaktif Literasi Numerasi Berbasis Aplikasi Kahoot.

Ichsan Mahardika, A., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring (Vol. 4, Issue 3).

Inggriyani, F., Fazriyah, N., Hamdani, A. R., & Purbasari, A. (2020). Pendampingan Model Pembelajaran Inovatif Menggunakan Kahoot Sebagai Digital Game Based Learning Di KKG Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan, 10(1), 59. Https://Doi.Org/10.26858/Publikan.V10i1.11992

Inggriyani, F., Fazriyah, N., Hamdani, A. R., & Purbasari, A. (2020). Pendampingan Model Pembelajaran Inovatif Menggunakan Kahoot Sebagai Digital Game Based Learning. Publikasi Pendidikan, 10(1), 59.

Khasanah, U., Sukmawati, F., & Fatimah, M. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Game Bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(4), 605–612.

Khasanah, U., Sukmawati, F., & Fatimah, M. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Game Bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(4), 605–612.

Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah Dan Guru Di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 61-76.

Martikasari, K. (2018). Kahoot: Media Pembelajaran Interaktif Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional FKIP, 181–189. Https://Doi.Org/Doi.Org/10.24071/Snfkip.2018.19

Martikasari, K. (2018). Kahoot: Media Pembelajaran Interaktif Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional FKIP, 181–189. Https://Doi.Org/Doi.Org/10.24071/Snfkip.2018.19

Martikasari, K. (2018). Kahoot: Media Pembelajaran Interaktif Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional FKIP, 181–189.

Putri, Aprilia Riyana Dan Muzakki, Muhammad Alie. (2019). Implemetasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Digital Game Based Learning Dalam Mengahadapi Era Revolusi Industri 4.0. Kudus : Prosiding Seminar Nasional, Pgsd.Umk.Ac.Id

Setiyadi, R., Kuswendi, U., & Ristiana, M. G. (2019). Digital Literation Through Online Magazine In Learning Reading Comprehension In Elementary School. Primaryedu: Journal Of Primary Education, 3(2), 97-106.

Suryati, I., Permatasari, R., Rofiana, A. P., Miftah, R. N., & Musthofa, W. S. (2021). Game Based Assessment Untuk Pembelajaran Di Masa Pandemi: Kahoot! Jurnal Terapan Abdimas, 7(1), 60. Https://Doi.Org/10.25273/Jta.V7i1.10310

UNESCO. (2017). Data on Reading Habits in Indonesia.

Wahono, H.T.T., & Effrisanti, Y. (2018). Literasi Digital Di Era Millennial. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4 (1), Pp. 1

Wahono, H.T.T., & Effrisanti, Y. (2018). Literasi Digital Di Era Millennial. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 1.

Yustitia, V., Fanny, A. M., Kusmaharti, D., & Setiawan, B. (2021). Aplikasi Pembelajaran Tematik Berbasis TIK: PPM Bagi Guru SD Hang Tuah X Sedati. Manggali, 1(2), 137. Https://Doi.Org/10.31331/Manggali.V1i2.1692

Zaini, Z., Akbar, A., & Nugroho, A. (2023). Literasi Dan Numerasi Dengan Media Kreatif 3 Dimensi (3D) Di Yayasan Uswatun Hasanah Bontang. Abdimas Universal, 5(2), 270–277. Https://Doi.Org/10.36277/Abdimasuniversal.V5i2.343

Zaini, Z., Akbar, A., & Nugroho, A. (2023). Literasi Dan Numerasi Dengan Media Kreatif 3 Dimensi (3D). Abdimas Universal, 5(2), 270–277.

Downloads

Published

2024-11-29