Upaya pendampingan kemampuan menulis siswa melalui implementasi mind mapping dalam teks eksposisi bahasa inggris

Authors

  • Tiara Widyaiswara Universitas Islam Lamongan
  • Riryn Fatmawaty Universitas Islam Lamongan
  • Fita Faridah Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v7i3.25048

Abstract

Salah satu permasalahan yang dialami oleh siswa kelas yakni metode pembelajaran yang disampaikan guru dengan metode ceramah dan dilanjutkan mengerjakan latihan soal.  Melalui upaya pendampingan kemampuan menulis  dengan menggunakan mind mapping diharapkan pembelajaran lebih menarik, efisien, dan efektif. Hasil observasi yang dilakukan oleh tim pengabdi di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Karangbinangun Lamongan menunjukkan belum pernah menggunakan mind mapping dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Pelatihan pendampingan ini bertujuan untuk memperkenal konsep mind mapping pada siswa, sehingga mendukung belajar siswa secara efekti dalam mempelajadi teks ekposisi dalam Bahasa Inggris. Metode yang dilaksanakan yakni melalui tahap survey, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil dalam pendampingan ini menunjukkan 85% siswa telah mampu membuat mind mapping sesuai petunjuk dan arahan pengabdi, dan 15% masih belum sepenuhnya memahami konsep dan langkah-langkah pembuatan mind mapping yang menarik.

Kata Kunci : Mind mapping, menulis, teks eksposisi

 

References

Buzan, T. and B. B. (1994). The Mind Map Book.

Fajri, A. K. (2011). IMPROVING STUDENTS’ WRITING SKILL BY USING MIND MAPS (A Classroom Action Research at the Tenth Grade of SMA Negeri 1 Boyolali in the Academic Year 2010/2011). Perpustakaan UNS, 156.

Hastomo, T. (2019). Schoology effects on students’ writing ability. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(01), 149–154.

Juliandi, A. (2014). Classroom Action Research: Penelitian Tindakan Kelas.

Khoiriyah, : (2014). Increasing the Students’ Writing Skill through Mind Mapping Technique. Nusantara of Research, 01(Increasing the students writing skill through Mind Mapping Technique), 178–185.

Megawati, M., Yuliwati, Y., & Harimurti, E. R. (2021). the Effect Mind Mapping Technique and Vocabulary Mastery on Student’S Writing Skill. Journal of English Educational Study (JEES), 4(1), 1–10. https://doi.org/10.31932/jees.v4i1.793

Nasution, S. S., Sukmawati, N. N., Lubis, A. A., Hastomo, T., & Sesriyani, L. (2020). Using critical discourse analysis to explore an authentic teaching material: A focus on language and power. Studies in English Language and Education, 7(2), 527–543. https://doi.org/10.24815/siele.v7i2.16636

Pratista, G. Y. (2016). Using a Mind Mapping Technique To Improve the Writing Skill of 8 Th Grade Students At Smp N 4 Sleman in the Academic Year of …. https://eprints.uny.ac.id/43969/1/USING A MIND MAPPING TECHNIQUE TO IMPROVE THE WRITING SKILL OF 8TH GRADE STUDENTS AT SMP N 4 SLEMAN.pdf

Subari, I., Wiratno, P., & Berminati, D. (2022). Using Mind Mapping to Develop Students’ Writing Skills. Ksatra : Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra, 4(2), 348–357.

Sulistyo, T., & Ningsih, M. G. S. (2015). Encouraging Students To Write a Paragraph By Using Semantic Mapping Strategy. Journal on English as a Foreign Language, 3(1), 41. https://doi.org/10.23971/jefl.v3i1.61

Surahmat, Sunismi, Abidin, Z., Sari Faradiba, S., & Widdah, H. (2023). Pelatihan Pembuatan Mind Mapping Materi Matriks bagi Siswa SMA Islam Almaarif Singosari. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 1(3), 110–117. https://doi.org/10.31004/jerkin.v1i3.26

Widyaiswara, T., & Affandy, A. N. (2022). Discourse analysis in sequence novels by Leila S. Chudori (2012, 2017). Journal of Applied Studies in Language, 6(1), 100–107. https://doi.org/10.31940/jasl.v6i1.347

Widyaiswara, T., Setyaningrum, R. R., Anam, M., Faridah, F., Fatmawati, R., & Luthfiyati, D. (2023). Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pengembangan Kemampuan Menulis Kreatif Fiksi Berwawasan Lingkungan bagi Remaja di Desa Deket Kulon Lamongan. Jurnal Dedication, 7(1), 53–58. https://doi.org/10.31537/dedication.v7i1.1025

Downloads

Published

2024-11-29