Pelatihan Bahasa Inggris bagi bilingual teachers di SMP Al Azhar Bengkulu

Authors

  • Syafryadin Syafryadin (Scopus ID 57212212579, WoS ID: ABI-8120-2020) University of Bengkulu
  • safnil University of Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.22460/as.v7i3.25259

Abstract

Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh SMP AL Azhar yang menerapkan penggunaan bahasa Inggris bagi guru bidang studi terutama Matematika dan Science dalam penyampaian materi. Oleh karena itu perlu diberikan bekal pengetahuan tentang teknologi pembelajaran melalui pelatihan. Adapun tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk melatih para guru di SMP Al Azhar Bengkulu untuk mampu mengaplikasikan bahasa Inggris dalam bidang studi masing-masing. Dalam melaksanakan kegiatan ini, metode pengabdian dilakukan dalam bentuk sosialisasi dan pelatihan serta evaluasi. Kegiatan pengadian ini terkait dengan Dinas pendidikan di Provinsi Bengkulu dan instansi pendidikan di Kota Bengkulu khususnya Sekolah Menengah Pertama. Dinas pendidikan dan instansi terkait merupakan lembaga yang memiliki visi yang sama dengan tim pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat ini yakni mencerdaskan kehidupan Bangsa Indonesia. Kegiatan evaluasi pada pengabdian masyarakat ini terkait semua hal yang terjadi dalam proses pelaksanan kegiatan. Hal ini dimulai dari tahap awal berupa persiapan yang meliputi pengamatan lapangan (pada Sekolah Menengah Pertama AL Azhar Bengkulu, sosialisasi dan Pelatihan). Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa para peserta mengikuti dengan baik mulai dari pembukaan hingga evaluasi. Para guru sangat antusias dalam melakukan praktik mengajar dengan menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, para guru memberikan persepsi yang psositif terhadap pelaksanaan pelatihan ini.

References

Anggung, S.D., & Salija, M.K. (2022). Teachers’ bilingual use in an Indonesian Primary Education. Pinisi: Journal of Art, Humanity, & Social Studies. 2(2), 16-26.

Baker, C. (2001). Foundations of Bilingual Education and Bilingualism. Multilingual Matters.

Boadu, F et al. (2014). Training and development: a tool for employee performance in the district assemblies in Ghana. International Journal of Education and Research, 2 (5), 513-522.

Bulon, A., & Meunier, F. (2023) Comparing CLIL and non-CLIL learners’ phrasicon in L2 Dutch: the (expected) winner does not take it all. International Journal of Bilingual Education and Bilingualism, 26(5), 590 613, DOI: 10.1080/13670050.2020.1834502

Ellis, E. M. (2003). Bilingualism among Teachers of English as a Second Language. Griffith University Brisbane, Australia.

Fauziah, N., Mirizon, S., Silvianhy, S. (2022). Bilingual education program: teachers; and students’ perspective and challenges. Jurnal Pendidikan progresif. 11(2), 219-234. DOI: 10.23960/jpp.v11.i2.202107

Ganske, K. (2017). Lesson Closure: An Important Piece of the Student Learning Puzzle. The Reading Teacher. 71(1), 95-100. https://doi.org/10.1002/trtr.1587

Ghimire, N. B. (2019). Five facets for effective English language teaching. Journal of NELTA Gandaki (JoNG), II, 65-73.

Han, J. (2012). Emerging Technologies ROBOT Assisted Language Learning. Language Learning and Technology, 16 (3). 1-9.

Jehanzeb, K & Ahmed, N.B. (2013). Training and development program and its benefits to employee. European Journal of Business and Management, 5 (2), 243-252.

Kamil, M. (2003). Model-model Pelatihan. Bandung: UPI.

Lestari, A. E., & Lestari, S. (2022). Pre-service English teachers’ practices of designing and implementing lesson plans for teaching practicum. LingTera, 9(1), 25-36. https://doi.org/10.21831/lt.v9i1.52741

Mejía, A.-M. D.(2002). Power, Prestige, and Bilingualism: International Perspectives on Elite Bilingual Education. Multilingual Matters.

Nordrum, A. (2017). CES 2017: the year of voice recognition. http://spectrum.ieee.org/tech talk/consumerelectronics/gadgets/ces -2017-the-year-of-voice-recognition

Russell, S., & Norvig, P. (2010). Artificial Intelligence: A modern approach (3rd ed.). NJ: Pearson.

Scherzinger, L., & Brahm, T. (2023). A systematic review of bilingual education teachers’ competences. Educational research review. 39 (2023). 1-23. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2023.100531

Sudjana, D. (1993). Metoda danTteknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Nusantara Press.

Surayatika, D. (2019). Students’ Perception of Teachers’ Bilingual Language Use in EFL Classroom. Global Expert Jurnal Bahasa dan Sastra 8(2), 45-51. http://dx.doi.org/10.36982/jge.v8i2.963

Suyatmini, Sutama, Rohmah, W., & Asmawati, T. (2018). the Development of Contextual Accounting in Lesson Plan Based on Lesson Study in Senior High School. The 3rd Progressive and Fun Education International Seminar, August, 305–312.

Syahrial, S., & Syafryadin, S. (2020). Pelatihan menjadi guru bahasa Inggris kreatif dan milenial di sekolah menengah pertama bengkulu Tengah. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan. 1(1). 18-35.

Zamani, R. & Ahangari, S. (2016). Characteristics of an effective English language teacher (EELT) as perceived by learners of English. International Journal of Foreign Language Teaching & Research, 4 (14), 69-88.

Downloads

Published

2024-11-29